Thursday, 19 September 2019

Festival Klabat Dibuka dengan Lagu Opo Wana Natas, “Kenali Negerimu, Cintai Negerimu” Tonsea

Spread the love

_MG_7306Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Drs Sompie S.F Singal MBA membuka pagelaran Festival Klabat 2013 yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren oleh bupati, lagu Opo Wana Natas pun bergema saat acara pembukaan dan Perlombaan Tari Tumetenden mengawali seluruh kegiatan Festival Klabat yang bertempat di Pendopo Pemkab Minut, Selasa (12/11).

Latar belakang pelaksanaan kegiatan Festival Klabat dengan tema “Dengan Semangat HUT ke-10 Minahasa Utara Kita Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pelayanan Publik” dan menunjang program Pemkab Minut, sentuh tanah, tanah air dan sentuh budaya. Kabupaten Minahasa Utara terletak di Provinsi Sulawesi Utara memiliki potensi alam yang luas serta kekayaan sejarah dan budaya daerah, memiliki daya tarik tersendiri sebagai daerah tujuan Wisata di Propinsi Sulut. Hal ini dikatakan ketua panitia Festival Klabat Alexander Mopeng yang juga Kepala Cabang Bank Sulut Airmadidi, Selasa (12/11).    festival Klabat01

Ia menjelaskan Visi-misi yaitu Kabupaten Tujuan Wisata Tahun 2015 serta semangat otonomi daerah mulai mengangkat pembangunan kepariwisataan melalui berbagai agenda kegiatan dan promosi yang mengarah pada kegiatan yang bersifat seni, olahraga dan sebagainya, sehingga Minahasa Utara dikenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Sebagaimana slogan “Kenali Negerimu, Cintai Negerimu Tonsea” menjadi dorongan pelaksanaan Festival Klabat 2013, sebagai iven pariwisata dalam rangka juga visit Indonesia 2013.

Tujuan pelaksanaan Festival Klabat 2013 yakni untuk mengangkat kembali keunikan kebudayaan daerah Minahasa Utara untuk dipromosikan ke luar daerah, meningkatkan kecintaan terhadap budaya dan nilai budaya sebagai bagian dari budaya masyarakat, bangsa Indonesia. Juga meningkatkan kemampuan dan keterampilan Sumber Daya Manusia di bidang kepariwisataan serta menjadikan kabupaten Minahasa Utara sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Propinsi Sulut.

Rangkaian agenda kegiatan 12 – 16 November 2013 di Minuttari tumetenden

Perlombaan seni dan budaya:

1. Musik Kolintang tingkat SD/SMA/SMK dan Umum

2. Tari Maengket tingkat SD/SMA/SMK dan Umum

3. Tari Tumetenden SD/SMA/SMK

4. Tari Kabasaran Tingkat Umum

5. Lomba Pidato Bahasa Tonsea tingkat pelajar

Acara puncak pada 16 November sekaligus akan diadakan pagelaran budaya dan lomba kue tradisional Tonsea. Sebagai implementasi kebijakan bupati Minahasa Utara dalam rangka pengembangan nilai seni budaya daerah dan pembangunan kepariwisataan, maka kegiatan Festival Klabat 2013 ini diadakan, dalam mendukung kegiatan kebudayaan dan pariwisata Minut, sebagai implementasi dari slogan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI “Kenali Negerimu Cintai Negerimu”.  Pakatuan wo Pakalewiden.(sem/advertorail)

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *