Wednesday, 14 November 2018

Pembabatan Hutan Marak Terjadi di Gunung Mahawu, Bupati JWS Keluarkan Peringatan Keras

gunung mahawuTondano,KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi memberikan peringatan keras bagi oknum pembabat hutan di lereng Gunung Mahawu yang sedang beraksi saat ini.

Bupati JWS yang melakukan hiking di lereng Gunung Mahawu, dengan tujuan ingin mengetahui kondisi jalan dan hutan. Didapati laporan bahwa sering terjadi pembabatan hutan di lereng gunung tersebut.

Penegasan Bupati JWS ini disampaikan saat menemukan langsung adanya pohon-pohon yang ditebang oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, ketika Bupati terbaik pilihan rakyat Minahasa ini melakukan hiking ke Gunung Mahawu bersama pengusaha kondang Ronald Korompis dengan rute Kumelembuai ke Kembes, melewati jalan terjal dan tanjakan dan menaklukkan hutan belantara dengan jalan yang licin akibat hujan yang melanda Sulut pada Sabtu (6 /12).

Dikatakan Bupati, jika benar laporan itu maka akan mencari tempat strategis untuk dibuatkan Pos Pengamanan Hutan, dan akan ditempatkan petugas Kehutanan untuk menjaga hutan ini.

Bupati juga menerima informasi bahwa ada masyarakat yang sudah mengkapling hutan ini untuk diolah jadi perkebunan.

Ketika Bupati JWS dan rombongan tiba, ternyata laporan dan informasi masyarakat itu benar adanya. Bupati menemukan kayu yang sedang ditebang dan ada yang sudah dibongkar untuk ditanami cengkih dan lain lain.

“Gunung Mahawu ini memiliki keindahan alam yang tiada duanya. Jika dijaga dan dilestarikan akan memberi keuntungan bagi masyarakat, karena bisa jadi lokasi wisata hutan. Sebaliknya jika dibiarkan dan hutan ini dibongkar pasti akan membawa bencana alam seperti yang terjadi pada 15 januari 2014 yang lalu,” urai JWS seraya menambahkan kita tidak ingin hal itu terulang lagi, karena itu hutan ini akan diawasi ketat. Yang kedapatan membongkar hutan akan diberi sanksi tegas.
“Sekali lagi saya peringatkan, hentikan pembabatan hutan ini, kalau tidak mau dipenjara,” tegas bupati.(morray pasulatan)

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *