Wednesday, 1 April 2020

Ketua KPU Stella Runtu Lantik Sekretariat PPK se-Minut

Spread the love

Kalawat,KLABATNEWS-Ketua KPU Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Stella Martina Runtu melantik dan mengambil sumpah janji Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020. Sutanraja Hotel, Kalawat, Senin, 16 Maret 2020.

Saat pelantikan, Runtu didampingi Komisioner KPU Robby Manoppo SH M.Kn Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Darul Halim SH Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, Hendra Lumanauw STh MA Ketua Divisi Sosialisasi, Parmas, SDM dan Hubungan Antar Lembaga, Drs Dikson Lahope Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Sekretaris KPU Minut Winda Ch. D. Tulangouw SH MSi. Kegiatan ini dihadiri Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu dan para camat atau yang mewakili.

Pada kesempatan itu dilaksanakan pembacaan dan penandatanganan pakta integritas oleh Sekretariat PPK yang baru dilantik.

Ketua KPU Minut Stella Martina Runtu
pada kesempatan itu dalam sambutannya mengucapkan banyak selamat kepada Sekretariat PPK yang telah dilantik sesuai dengan SK Bupati. “Kami sangat berharap bahwa setelah bapak ibu dilantik tentunya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai sekretariat. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan regulasi yang berlaku dalam lingkup Komisi Pemilihan Umum RI bahwa Sekretariat PPK yang dibentuk dari pada ASN yang ada di tiap kecamatan kemudian diusulkan dan di-SK-kan oleh pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yaitu bupati Minahasa Utara dan kemudian dilantik oleh KPU Minut untuk melaksanakan tugas-tugas dalam kepemiluan atau dalam hal ini Pilkada,” kata Runtu.

Jadi nanti akan juga disampaikan kepada bapak ibu saudara sekalian yang baru dilantik apa yang menjadi tugas Sekretariat. Intinya di sekretariat baik sekretaris atau staf, tugas utama yakni memfasilitasi tahapan pilkada yang dilaksanakan KPU dalam hal ini kecamatan yakni PPK, jadi setiap tahapan yang dilaksanakan KPU Kabupaten melalui PPK itu wajib difasilitasi seluruh administrasi, logistik dan lain-lain oleh sekretariat PPK, misalnya dalam kegiatan-kegiatan rapat, pleno, penyusunan data itu menjadi tanggung jawab dari bapak/ibu sekalian yang memfasilitasi semua pekerjaan.

“Karena nanti yang akan menentukan, memutuskan semua tahapan ini adalah PPK dan bapak ibu dengan penuh kasih kami mengharapkan dengan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya memfasilitasi, membantu secara administrasi setiap tahapan yang akan dilaksanakan oleh PPK, kami sungguh berharap, kami juga sebelumnya ini melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten, bahwa sesuai dengan UU kiranya dapat di-SK-kan dan diusulkan bapak/ibu yang benar-benar berkompoten dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, khususnya dalam setiap 3 orang sekretariat ini, misalnya minimal ada yang satu dua orang yang harus mahir komputer, karena sistem yang dikerjakan itu berbasis aplikasi, agar kita juga dengan muda menggunakannya,” tutur Ketua KPU Minut.

Dan selanjutnya disampaikan bahwa saudara/i ASN yang sudah ditunjuk dan dipercayakan, biasanya ASN kerja jam 8 pulang 4 sore. Tapi ketika memberi diri sebagai penyelenggara pemilu, KPU memegang prinsip dan aturan kerja sepenuh waktu dengan hari kalender, jadi setiap waktu diperlukan akan dihubungi baik tengah malam bahkan subu, jadi hp harus selalu on, kemudian tidak mengenal hari libur, Sabtu, Minggu hari raya, jika ada tahapan wajib dilaksanakan, karena itu sesuai ketentuan perundang-undangan, bukan berarti meminta tujuh hari dalam seminggu atau 1 hari itu 24 jam bapak/ibu harus melaksanakan tugas sebagai penyelenggara tetapi sesuai tahapan, jadi kapan, di mana dan hari apa saja ketika diminta harus melaksanakan tahapan itu harus dilaksanakan.

“Dan kami sungguh yakin ketika bapak/ibu telah terpilih telah diusulkan menjadi pendamping bagi teman-teman PPK di kecamatan, maka kami percaya SK yang sudah dikeluarkan ini menunjuk orang-orang yang tepat untuk melaksanakan ini semua, untuk itu kami ucapkan selamat bergabung dalam penyelenggaraan pemilu 2020 ini, selamat bekerja, kiranya dapat berkoordinasi dan bersinergi dengan baik dengan teman-teman PPK yang ada di kecamatan masing-masing. Sama-sama kita sukseskan Pilkada 23 September 2020,” jelas Runtu.

Sementara itu Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu mewakili Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan menyampaikan ucapan selamat bekerja bagi Sekretariat PPK yang dilantik, bekerjalah dengan baik dan mengikuti setiap tahapan yang ada. “Sekali lagi mewakili bupati saya ucapkan selamat bekerja bagi para ASN yang telah dipilih dan dilantik,” kata Kuhu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *