Tuesday, 19 November 2019

Tahun 2020 BPJS Kesehatan Gratis Program Pemerintah Minahasa Diselektif, Juga Dana Duka

Spread the love

Program Pemerintah Kabupaten Minahasa memberikan BPJS Gratis untuk Peserta BPJS Kelas III, rencananya akan di selektif untuk tahun 2020. Hal ini diambil kebijakannyaa setelah adanya kenaikan pembayaran kepesertaan BPJS yang akan diberlakukan tahun depan.

Hal tersebut sudah disampaikan oleh Bupati Royke O Roring saat menghadiri acara Gereja di Amongena Langowan 3/11/19 Kemarin.

“Tahun ini pemerintah telah memprogramkan BPJS kesehatan 100 persen , namun saat ini biaya BPJS mengalami kenaikan hampir 100 persen untuk itu  pemerintah memiliki kebijakan baru yaitu dengan memberikan BPJS selektif, yang nantinya akan diberikan kepada yang memang membutuhkan demikian juga dengan pemberian dana duka.” Kata Bupati Royke dalam sambutannya.

Pemerintah Minahasa sendiri mengganggarkan untuk BPJS Kesehatan sebesar 36 Milyar, dibantu 7,5 milyar oleh Pemerintah Provinsi Sulut, dan karna BPJS Kesehatan ini, Pemerintah Kabupaten Minahasa menjadi tempat tujuan Kabupaten Blitar dan Ternate.

Untuk BPJS Kesehatan dan Dana Duka, Pemerintah Minahasa menghabiskan Anggaran sebesar kurang lebih Rp 50 Milyar rupiah.

Keanggotaan BPJS, sudah bisa dikatakan 100 persen, sebanyak 130 ribu 8 ratusan telah terdaftar, dari 336 ribuan masyarakat Minahasa, disamping yang sudah diprogramkan, ada yang mandiri kelas 1,2 dan 3.

Presiden Joko Widodo resmi menaikan iuran BPJS Kesehatan sebesar 100 persen yang akan berlaku mulai 1 Januari 2020 bagi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan peserta bukan pekerja menjadi sebesar Rp42 ribu per bulan untuk kelas III, Rp110 ribu per bulan untuk kelas II dan Rp160 ribu per bulan untuk kelas I.

Yvi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *