Tuesday, 19 November 2019

Tingkatkan Minat Baca, Perpusnas RI Gelar Safari Nasional Gerakan Membaca di Minut

Spread the love

Airmadidi,KLABATNEWS- Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bersama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Minahasa Utara menggelar Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca Di Provinsi Dan Kabupaten/Kota Tahun 2019 di tingkat Kabupaten Minahasa Utara, dengan Tema “Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” berlangsung di Aula Unklab, Kecamatan Airmadidi, Jumat (26/10). Kegiatan ini selain untuk lebih mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat, juga sebagai upaya untuk meningkatkan gerakan membaca di tengah masyarakat Minahasa Utara.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat baca Perpustakaan Nasional RI Denny Kurniadi mewakili Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando saat menghadiri kegiatan dalam sambutannya mengatakan gerakan ini sudah dilaksanakan di beberapa daerah salah satu yang terpilih tahun ini di Minut. “Kegiatan ini untuk mendorong masyarakat gemar membaca untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Tugas kantor perpustakaan melaksanakan pembinaan dalam keperpustakaan. Perkembangan perpustakaan dari tingkat nasional sampai ke desa-desa merupakan bentuk perhatian dari pemerintah,” tuturnya.

Menurut Kurniadi gerakan nasional membudayakan gerakan membaca merupakan program perpustakaan nasional di 60 daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota dan tahun ini termasuk Minut.

“Program ini bukan hanya semata-mata penyampaian membudayakan gemar membaca melalui keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat tetapi juga program perpustakaan nasional sebagai lembaga pembina semua perpustakaan. Tetapi kita bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mencerdaskan bangsa. Sinergitas ini diharapkan mewujudkan visi-misi bersama yang akhirnya perpustakaan tempat bukan saja untuk mencari informasi tetapi tempat berdiskusi, berbagai pengalaman dan melatih keterampilan,” jelasnya seraya menambahkan bahwa undang-undang semua perpustakaan wajib mengadopsi teknologi komunikasi dan informasi.

Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan diwakili Asisten Allan Mingkid saat membuka kegiatan ini dalam sambutannya mengapresiasi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menggelar Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca dilaksanakan di Minut karena kegiatan ini merupakan bagian dari promosi perpustakaan dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar sepanjang masa. "Eksistensi perpustakaan diharapkan dapat menumbuh kembangkan minat baca masyarakat Minahasa Utara," kata Mingkid saat membaca sambutan bupati.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat baca Perpustakaan Nasional RI Denny Kurniadi mengukuhkan Estrella Tacoh SE Dirut PD Pasar Minahasa Utara sebagai Bunda Baca Kabupaten Minut. Beliau menitipkan harapan agar Bunda Baca Kabupaten Minut menjadi figur yang dapat memberikan inspirasi serta membangkitkan motivasi masyarakat dalam peningkatan minat baca.

Setelah pengukuhan Bunda Baca, dilakukan pertukaran cindera mata dan kegiatan ditutup dengan talk show yang menghadirkan sejumlah nara sumber. Usai safari tersebut dilanjutkan dengan peninjauan perpustakaan UNKLAB. Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Propinsi Sulut Jani Lukas, Asisten II Pemkab Minut Drs Allan Mingkid, Kadis Pendidika Minut Bernadeth Longdong SPd MPd para Staf Ahli, tokoh-tokoh masyarakat, para camat, TP-PKK, mahasiswa, perangkat desa.(*)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *