Saturday, 16 November 2019

Pemerintah Minahasa Gelar Rapat Pembahasan Revisi RTRW

Spread the love

Tondano, Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Daerah menggelar rapat pembahasan laporan Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Minahasa, pada Kamis 3 oktober 2019, bertempat di Wale Immanuel Koya Tondano Selatan.

Kepala Dinas PUPR Minahasa Nofry Lontaan menyampaikan maksud dari revisi RTRW Kabupaten Minahasa yaitu untuk melihat kesesuaian pembangunan dalam 5 tahun berjalan.

“Dalam rangka mewujudkan keterpaduan pembangunan antar daerah, maka revisi RTRW diperlukan sebagai arahan zonasi dalam investasi pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, masyarakat atau dunia usaha,” paparnya.

Lontaan menambahkan bahwa revisi RTRW ini juga dimaksudkan sebagai upaya perlindungan hukum bagi hak-hak masyarakat berkaitan dengan pengelolaan suatu wilayah dalam pemanfaatan ruang berdasarkan aturam zonasi.

“Penataan ruang merupakan salah satu inatrumen yang dianggap strategis untuk mewadahi proses pembangunan, karena didalamnya tersirat upaya-upaya dalam aspek penanganan kelestarian lingkungan hidup, pembangunam ekonomi, pendidikan, keagamaan dan budaya serta pengembangan potensi kepariwisataan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Lontaan.

Lanjutnya, bahwa adanya perubahan zonasi pada kawasan lindung pada seperti hutan lindung, sempadan pantai, sungai dan danau, kawasan sekitar mata air, cagar alam dan suaka margasatwa, cagar budaya dan kawasan rawan bencana. Kemudian pada kawasan budidaya seperti hutan produksi terbatas, pertanian lahan basah dan kering, perukanan, pertambangan, pemukiman, industri dan pariwisata.

“Kami mengharapkan adanya masukan dalam hal perubahan zonasi pada kawasan-kawasan tersebut, sehingga dapat disesuaikan dalam revisi RTRW, termasuk adanya perencanaan pemekaran kabupaten/kota di wilayah langowan dan minahasa bagian barat,” pungkasnya.

Hadir dalam rapat ini mewakili kapolres Minahasa, Dandim Minahasa, BUMN serta instansi terkait lainnya.

Yvi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *