Sunday, 8 December 2019

122 Desa di Minut tak Miliki Situs Web Profil Desa

Spread the love

Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Bobby Nayoan SH.

Airmadidi,KLABATNEWS-Dari 125 desa yang ada di Minahasa Utara, 122 di antaranya hingga kini tak memiliki situs web tentang profil desa. Hal ini diungkapkan Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Bobby Nayoan SH.

“Website desa ini sangat penting. Di Minut sudah sangat ketinggalan karena hanya 3 desa yang memiliki profil desa dan 122 desa lainnya sama sekali tidak memiliki website. Karena Website ini berisi seluruh informasi tentang desa, mulai dari demografi, data luas wilayah, lahan pertanian sampai dengan semua data kependudukan di setiap desa,” terang Nayoan.

Menurut Nayoan, penilaian Kementrian Desa terhadap wesite yang berisi profil desa ini sangat tinggi karena akan menjadikan desa yang unggul diantara desa-desa di Indonesia.

“Seluruh desa di Minut wajib punya website berisi profil desa. Jika tidak, maka akan mempengaruhi pengelolaan program-program pembangunan di desa. Ada anggaran Website per bulannya. Tapi jika dibuat secara kolektif bisa saja ada pemotongan harga,” kata Nayoan di sela-sela Bimbingan Teknik Penyusunan Profil Desa berbasis web yang digelar di Hotel Eden Kartika Plaza Bali Senin (29/7) sampai Kamis (01/08).

Bimtek ini dibuka Sekda Ir. Jimmy Kuhu MA, Selasa (30/07) dan diikuti 186 orang dari Minut. Mereka terdiri dari 74 kumtua, 77 sekdes, kaur Keuangan 27 orang, Kaur Pemerintahan 2 orang, Sekcam 1 orang dan BPD 5 orang yang berasal dari 97 desa.

“Ketersediaan data yang valid dan akuntabel adalah elemen penting dalam perencanaan dan program-program profil desa. Namun fenomena selama ini menunjukan bahwa profil desa selama ini belum dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mengingat tahun ini diperhadapkan dengan restrukturisasi perangkat desa dan pemilihan hukum tua 2019 secara serentak,” kata sekda.

Sebagai nata sumber dalam Bimtek ini adalah M Syuri Syaful SE dari Balai Besar Pemdes, Kemendagri di Malang, Sabam P Silaen, SE Ak Auditor Ahli Madya Lembaga Bahana Mulya Dharma(BMD), Bambang Haryadi IT BMD.(*)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *