Saturday, 24 August 2019

ROR Instruksikan Dinas Lingkungan Hidup Buat Toga Program Atasi Eceng Gondok

Spread the love

Tondano, Klabatnewsok.com – Perhatian yang ditunjukan Bupati dan Wakil Bupati Ir. Royke Octavian Roring M.Si – Robby Dondokambey S.Si (ROR-RD) untuk mengembangkan Danau Tondano, patut diberikan apresiasi. Pekan ini, Pemkab Minahasa, bersama sembilan instansi dari Pemprov Sulut serta Pemerintah Pusat, akan menindaklanjuti hasil pertemuan Bupati ROR dengan Presiden RI Ir. Joko Widodo beberapa waktu lalu.

“Masalah enceng gondok adalah salah satu masalah yang perlu di bahas bersama dalam rapat nanti. Karena belum lama ini sungai tondano menjadi viral di pemberitaan dan media sosail karena tertutup eceng gondok, sehingga para nelayan tidak bisa melakukan aktifitasnya,” kata Bupati ROR melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Minahasa, Dr. Wilford Siagian MA saat memimpin rapat kegiatan bersih-bersih sungai, menuju Danau Tondano, didampingi Kadis LH Ir. Wenny Talumewo dan Kabid Persampahan Marthen Weku S.Sos, bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, pada Selasa 16 Juli 2019.

Siagian mengatakan bahwa Bupati telah menginstruksikan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH), untuk mencari solusi jangka pendek, menengah dan panjang dalam penanganan eceng gondok.

“Jangka pendeknya, cepat membersihkan melalui kerja bakti di beberapa spot yang harus dibersihkan. Untuk jangka menengah yakni mana yang sudah terkumpul, dan jangka panjang yaitu dipelihara supaya tetap bersih,” ungkap Siagian.

Selain itu, dimintakan bagi Camat, Hukum Tua, Lurah yang berdomisili di seputar Danau Tondano, agar menjaga wilayahnya masing-masing untuk tetap bersih. “Disamping ada upaya-upaya dari Bupati dan Wakil Bupati, untuk pengembangan Danau,” tutur Siagian.

Dikatakan juga, terkait Danau Tondano, sudah ada perhatian khusus dari Presiden. Dimana Gubernur Sulut telah di undang Presiden dalam rapat terbatas, salah satunya membahas terkait pengembangan danau tondano. “Karna itu pemerintah dan masyarakat harus bersama menjaga, melestarikan dan membersihkan sungai dan danau tondano,” kata Siagian.

YVI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *