Thursday, 23 May 2019

VAP Ikuti Musrenbangnas 2019, Jokowi: Lembaga yang Tidak Beri Kontribusi Dihapus dan Pemerintah Fokus Genjot Kualitas SDM

Spread the love


Jakarta,KLABATNEWS-Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Nasional tahun 2019, di Hotel Shangrila Jakarta, pada Kamis (9/5/2019) dibuka Presiden Ir Joko Widodo ikut dihadiri Bupati Minut Vonnie A. Panambunan (VAP) serta gubernur, wali kota dan bupati se-Indonesia.

Kementerian PPN/Bappenas sebagai penyelenggara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas), dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 Sebagai bentuk koordinasi penyelarasan rencana pembangunan nasional dengan rencana pembangunan daerah, dan dihadiri para pimpinan Lembaga Tinggi Negara, para Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, para Gubernur, Bupati/Walikota, serta para pemangku kepentingan pembangunan lainnya.

Musrenbangnas 2019 bertujuan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020 yang mengambil tema RKP 2020, yaitu Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas.

Presiden Jokowi menyampaikan peluang Indonesia menjadi negara terkuat dalam bidang ekonomi, dengan didukung kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai Visi Indonesia 2045 oleh Bappenas, gagasan Presiden Jokowi dikenal dengan nama Impian Indonesia 2045. “Indonesia punya peluang besar menjadi negara ke-4 atau ke-5 terkuat ekonomi dunia di tahun 2045,” kata Jokowi saat membuka Musrenbangnas.

Dalam rangka mewujudkan visi indonesia maju, fokus utama pembangunan bangsa adalah pembangunan manusia dengan pengentasan kemiskinan, penguatan infrastruktur, pengembangan nilai tambah industri, ketahanan pangan, energi, air dan lingkungan hidup, serta stabilitas dan ketahanan politik maupun sosial dan lembaga yang tidak berikan kontribusi akan dihapus.

Untuk menuju Indonesia maju perlu menyelesaikan berbagai pembangunan seperti Infrastruktur, konektivitas dengan pusat-pusat produksi, kawasan industri, sentra ekonomi, reformasi birokrasi, deregulasi dan debirokrasi, pemangkasan, organisasi semakin sederhana. Penyederhanaan perizinan, peningkatan investasi serta berorientasi pada ekspor dan substitusi barang-barang impor.

“Sumber daya manusia  berkualitas dan berdaya saing tinggi, sehat dan produktif. Serta inovasi dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tambah Jokowi.

Bupati Vonnie A. Panambunan sepakat dengan konsep pembangunan presiden dengan berharap tetap ada pemerataan pembangunan infrastruktur di daerah,  serta tetap ada sinergitas dan koneksitas pembangunan pusat dengan daerah. Usulan pembangunan Minahasa Utara tahun 2020 nantinya akan diusulkan dan dibahas dengan pemerintah pusat, mengingat Minut merupakan daerah yang memiliki pulau terluar sehingga ada perhatian khusus pemerintah pusat untuk menjadikan pulau-pulau terluar terdepan dan termaju.

Asisten Administrasi Pembangunan Drs Allan Mingkid, Kepala Bappelitbang Arnolus Wolajan SSTP MSi dan Kabag Humas dan Protokol Chresto F Palandi SSTP MSi ikut mendampingi bupati dalam Musrenbangnas.(*)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *