Thursday, 23 May 2019

BKPP Minut Gelar Diklat PIM III

Spread the love

Kepala Badan Pengembangan SDM Provinsi Sulawesi Utara Jefry Senduk, Sekda Minut Ir Jemmy Hengky Kuhu MA, Kepala BKPP Minut Styvi Watupgonoh SIP foto bersama dengan 28 peserta Diklat PIM III.

Kalawat,KLABATNEWS-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar latihan Pendidikan Ilmu Kepemimpinan (PIM) 3 Selasa (5/3) di Aula Integritas Kantor BPSDM Sulut Desa Watutumou, Kecamatan Kalawat Minut.

Diklat ini dibuka langsung oleh Kepala BPSDM Provinsi Sulut Ir Jefry Senduk yang sekaligus juga menjadi pemateri bagi peserta selain widyaswara. Senduk dalam arahannya mengatakan saat ini Badan Diklat telah berubah nomenklaturnya sejak 1 Januari 2019 menjadi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia di mana juga akan diikuti oleh penyesuaian-penyesuaian kediklatan yang akan diputuskan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Lembaga Administrasi Negara sebagai Pembina kediklatan. Diklat PIM ini akan berubah namanya menjadi Pelatihan Kepemimpinan Administrator bagi pejabat administrator, Pelatihan Kepemimpinan Pengawas bagi pejabat pengawas dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional untuk pejabat pimpinan tinggi.
“Pim III ini merupakan tingkatan medium yang menggunakan pola kemitraan, dimana ini merupakan diklat yang pertama di tahun 2019,” ujar Senduk.

Senduk mengajak para peserta yang berjumlah 28 orang yang merupakan pejabat eselon III di Minut untuk mengikuti diklat dengan serius. Dirinya tidak ingin mengambil keputusan yang tidak populer oleh karena tidak disiplinnya peserta dalam mengikuti diklat.

“Anda telah menjadi peserta, dengan demikian telah menjadi tanggung jawab kami agar peserta mendapatkan hasil yang terbaik. Karena menurut standart kami 9 jam tidak hadir dalam mengikuti diklat maka kami terpaksa mengembalikan saudara ke instansi masing-masing,” tandas Senduk.

Sementara itu, Sekda Minut Ir Jemmy Hengky Kuhu mewakili Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan STh mengingatkan para peserta dalam mengikuti diklat agar menghasilkan proyek perubahan yang dapat diandalkan untuk diterapkan di instansi masing-masing.

“Peserta diharapkan untuk dapat selalu terbuka terhadap inovasi, amat terlebih inovasi yang mengandung teknologi yang semakin mendominasi setiap aspek. Amat terlebih peserta diklat harus membuat proyek perubahan yang di dalamnya harus mengandung inovasi yang bermanfaat bagi sistim kerja yang ada,” tukas Sekda Kuhu.

Lanjut Kuhu, Diklat ini hanya sekadar pemenuhan syarat suatu jabatan melainkan yang dibutuhkan adalah kualitas dan kompetensi dari pejabat yang memiliki perilaku yang taat, bermoral dan sadar akan tanggung jawab terhadap pekerjaan sebagai pelayan publik.

Terpisah, Kaban BKPP Minut Styvi Watupongoh mengatakan tujuan dilaksanakannya Diklat PIM III ini adalah untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan secara struktural yang akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan tugas di instansi masing-masing.

“Diklat ini mengandung kompetensi visioner yakni kemampuan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan strategis untuk menangani isu nasional strategis dan untuk meningkatkan kinerja instansi melalui ketetapan visi atau arahan,” tukas Watupongoh didampingi Sekretaris BKPP Donald Tintingon.

Menurut informasi yang diterima dari BKPP Minut, Diklat ini akan berlangsung selama 3 bulan dengan sistim on-off.
“Lamanya Diklat berlangsung hingga awal Juni dengan sistim on-off, yakni dua minggu masuk dan satu minggu keluar atau kembali ke instansi masing-masing,” tukas Sekretaris BKPP Donald Tintingon.

Penyematan tanda peserta diwakili oleh dua orang peserta, yang masing-masing disematkan oleh Kepala BPSDM Ir Jefry Senduk dan Sekda Minut Ir Jemmy H Kuhu MA.

Hadir juga dalam pembukaan Diklat PIM III ini, Widyaswara (pengajar), Kabid Pembinaan dan Disiplin Asryadi Lalompoh SSTP MSi, Kabid Mutasi dan Kepangkatan Henry A SH serta jajaran staf BKPP.(*)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *