Sunday, 8 December 2019

KPU Minut Lantik 57 Relawan Demokrasi Pemilu 2019 Minahasa Utara

Spread the love

Minut,KLABATNEWSOK.com–Ketua Komisi Pemilihan umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) Stela Runtu melantik dan memberikan bimbingan teknis Relawan Demokrasi dalam pemilihan umum tahun 2019 di RM Tentoden Kolongan, Kecamatan Kalawat Minahasa utara, Selasa (22/01).

Ketua KPU Minut Stela Runtu dalam sambutannya mengatakan, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia mengadakan kegiatan pembentukan relawan demokrasi, salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar dapat menggunakan hak pilih, sehingga tingkat partisipasi masyarakat pada saat pemilihan umum dapat meningkat.

“Saya mewakili teman-teman mengucapkan kepada teman-teman semua selamat karena telah lulus dalam seleksi. Saudara-saudara yang terpilih kiranya dapat membuktikan bahwa saudara-saudara untuk layak terpilih sebagai relawan demokrasi. Bagaimana teman-teman akan turun ke masyarakat sesuai dengan bidang basis masing-masing, tapi juga jangan terpaku pada basis masing-masing. Karena di mana kita tinggal di situ juga ada basis masyarakat, jadi di mana yang orang boleh masuk dan bersosialisasi di tempat itu,” ucap Runtu.

Selain itu, Komisioner KPU Minut Robi Manopo Devisi Hukum juga menyampaikan, relawan demokrasi memiliki peran yang sangat besar sebagai Mitra komisi pemilihan umum dalam rangka melaksanakan seluruh tahapan Pemilu 2019. “Tahapan Pemilu 2019 yaitu meningkatkan kualitas demokrasi, partisipasi masyarakat dan meningkatkan masyarakat terhadap demokrasi di Indonesia,” kata Manopo.

Sementara itu, Hendra Lumanaw Komisioner KPU Minut Devisi Komisioner KPU Minut Sosialisasi, Parmas dan SDM menyampaikan, relawan demokrasi menjadi bagian dari pada penyelenggara pemilu, adalah bagian dari pada Komisi Pemilihan Umum khusus yang ada di Kabupaten Minahasa Utara. “Oleh sebab itu kami berharap sangat kita dapat mampu menjalankan semua tugas-tugas ini dengan memperhatikan apa yang menjadi tugas dan kewajibannya,” tutur Lumanauw.

Ketua KPU Stella Runtu melantik 57 relawan dari 11 basis yaitu, Basis keagamaan, Basis Komunitas, Basis Perempuan, Basis Keluarga, Basis Warga net, Basis Marginal, Basis Pemula, Basis Kebutuhan Kusus, Basis Bisabilitas, Basis Pemilih Muda, Basis Relawan Demokrasi.

Kegiatan pelantikan dihadiri, Charles Worotitjan (Sek KPU), Darul Halim ( Komisioner KPU Minut),Hendra Lumanaw ( Komisioner KPU Minut sosialisasi, Parmas dan SDM), Meidy (Hubmas KPU Minut ), Dikson Lahope (Ketua Divisi Perencanaan, Program dan data KPU Minut ), Roby Manopo (komisioner KPU), Salman Jaelani ( Pwk KPU Prov Sulut) dan para relawan demokrasi.(eby)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *