Friday, 15 November 2019

Walikota Manado Turun Tangan Berantas Nyamuk Pembawa DBD

Spread the love

Jurnal6.com

MANADO-Serangan virus Demam Berdarah Dengue semakin mengkhawatirkan. Sejumlah warga Kota Manado ikut terserang virus berbahaya itu. Pemerintah Kota Manado pun ambill langkah taktis.

Untuk mengantisipasi penyebaran DBD akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti, Pemkot Manado melakukan fogging. Penyemprotan asap pembunuh serangga ini dipimpin langsung Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA. Fogging yang dilakukan di lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) dan sekolah, digelar sejak 3 Januari 2019. Menurut GSVL, sapaan akrab Walikota Manado, fogging di lokasi pekuburan dan sekolah, dilakukan untuk melindungi warga dari serangan DBD. Sebab, menurut orang Nomor Satu di Manado itu, selama Natal dan Tahun Baru, menjadi kebiasaan warga untuk berziarah dengan membawa bunga dalam wadah.

Dikhawatirkan, wadah berisi air menjadi sarang nyamuk penyebab DBD. “Sekarang ini, kita fokuskan penyemprotan atau fogging di lokasi pekuburan. Mengingat, baru saja kita merayakan Natal dimana sudah menjadi kebiasaan warga untuk membawa bunga ke kubur. Nah, wadah yang berisi air tempat bunga ini, bisa menjadi sarang nyamuk yang menyebabkan demam berdarah,” jelas GSVL di sela-sela kegiatan fogging.

Dikatakan GSVL, seluruh TPU di Manado tidak luput dari aksi fogging yang dilakukan Pemkot Manado. Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkot jadi ujing tombak. Di hari pertama kerja di tahun 2019, Vicky Lumentut memimpin kegiatan fogging bersama Sekretaris Daerah Micler CS Lakat SH MH dan para Asisten.

Tidak hanya memantau, namun GSVL ikut menjadi operator mesin fogging. Dengan sangat serius, GSVL mengarahkan moncong mesin ke sudut-sudut pekuburan di TPU Teling Atas. Aksi Walikota dua periode tersebut, memantik respon positif warga.

“Kegiatan fogging ini akan kita lakukan terus, sesudah di pekuburan saya sudah perintahkan untuk masuk ke sekolah-sekolah. Karena, sekarang ini anak-anak lagi libur jadi tepat bagi kita untuk melakukan fogging di sekolah. Supaya, ketika anak-anak masuk sekolah pada hari Senin (07/01), sekolah sudah aman dari nyamuk demam berdarah,” tandas GSVL.

Sejumlah lokasi TPU menjadi fokus kegiatan fogging, di antaranya TPU Teling dan TPU Kampung Jawa di Kecamatan Wanea, TPU Borgo dan TPU Islam di Kecamatan Wenang, TPU Titiwungen di Kecamatan Sario, TPU Bantik, TPU Batu Kota dan TPU Winangun di Kecamatan Malalayang, TPU Paal Empat di Kecamatan Tikala. Dan mulai Jumat besok, di sejumlah sekolah di Kota Manado.(jurnal6.com)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *