Thursday, 19 September 2019

Manado Sabet Indeks Kota Cerdas Indonesia 2018

Spread the love

MANADO-Tangan dingin Walikota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) dalam memimpin kota, teruji. Terbukti, sejumlah penghargaan tingkat nasional, sukses dia boyong ke Kota Manado. Teranyar, Kota Manado menyabet penghargaan, sebagai terbaik pertama, Kategori Kota Sedang Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) Tahun 2018.

Penghargaan bergengsi ini diterima langsung Walikota Manado, Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, di gedung Kompas Gramedia, Jakarta Pusat, Rabu (9/1/2019). Pada penilaian akhir, Kota Manado menempati posisi teratas, dengan perolehan nilai, 59,04. Manado mengalahkan Kota Salatiga yang menduduki posisi kedua dengan nilai 58,99. Sementara peringkat ketiga disabet Kota Yogyakarta dengan nilai 58,96.

Usai menerima penghargaan, Lumentut bersama Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, diajak dalam diskusi soal langkah-langkah yang diambil pemerintah masing-masing dalam mewujudkan Kota Cerdas.

Lumentut pada kesempatan itu mengatakan, dalam membangun Kota Manado, dia tidak pernah berharap mendapatkan penghargaan. Menurutnya, penghargaan merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja pemerintah, masyarakat dan stakeholder di Kota Manado. “Saya atas nama pemerintah dan masyatakat Kota Manado tentunya menyampaikan terima kasih kepada pihak Kompas yang telah menetapkan Manado peringkat pertama Indeks Kota Cerdas Indonesia kategori kota sedang. Kami tidak tahu jika kerja kami dinilai dan diapresiasi dalam bentuk penghargaan. Bagi saya, bekerja untuk kepentingan masyarakat adalah pekerjaan yang harus kami lakukan tanpa mengejar penghargaan,” tukas Lumentut.

Ditambahkannya juga, Manado Kota Cerdas merupakan target yang hendak dicapai pada periode kedua jabatannya sebagai Walikota Manado. Salah satunya dengan membangun Cerdas Command Center. “Saya banyak belajar dari Surabaya kotanya Ibu Risma, juga Jakarta, Yogyakarta dan Bandung. Dari apa yang ada di kota-kota itu seperti qlue, cctv dan sebagainya kami gabungkan itu di Manado dan jadilah Cerdas Command Center,” tandas Walikota pilihan rakyat Manado itu.

Dikatakan Walikota Manado dua periode ini, secara umum IKCI tersebut sejalan dengan visi Kota Manado sebagai Kota Cerdas 2021. “Penghargaan IKCI ini melengkapi 21 penghargaan yang Kota Manado terima tahun 2018 lalu. Namun saya tekankan, penghargaan bukanlah tujuan kita karena penghargaan hanyalah bonus. Tujuan utama kita adalah kesejahteraan rakyat,” ujar Lumentut.

Penghargaan IKCI diberikan kepada kota-kota yang dinilai mampu dengan indikator penilaian meliputi lingkungan, mobilitas, ekonomi, masyarakat, pemerintahan dan kualitas hidup. Pemberian penghargaan dibagi dalam empat kategori yakni Kota Metropolitan dengan jumlah penduduk diatas 1 juta jiwa, Kota Besar 500 ribu sampai 1 juta jiwa, Kota Sedang dengan penduduk 100 ribu sampai 500 ribu penduduk dan Kota Kecil di bawah 100 ribu penduduk.

Saat menerima penghargaan, Lumentut didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado Prof Dr Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Erwin Kontu SH, Kepala Bagian Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat Steven Runtuwene SSos serta Staf Khusus Walikota Manado JJ Mantje Nelwan.(jurnal6.com)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *