Thursday, 19 September 2019

Bupati VAP: Guru ASN di Sekolah Swasta akan Dipindahkan ke Sekolah Negeri

Spread the love

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Minahasa Utara (Minut) Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP) memimpin Rapat koordinasi kepala-kepala sekolah SD dan SMP serta pemimpin TK se-Kabupaten Minahasa Utara di SMPN 1 Airmadidi, Kamis (17/1/2019).

Bupati VAP didampingi Sekertaris Daerah (Sekda) Ir. Jimmy Kuhu MA, membahas tentang kepala sekolah dan guru-guru ASN yang ada di sekolah swasta dan akan dipindahkan ke sekolah negeri, karena sekolah negeri masih kurang kuota guru ASN.
”Guru ASN yang ada di sekolah swasta segera mengurus berkas dan siap di pindahkan ke sekolah Negeri,” sebut Bupati.
Dirinya juga mengatakan, bagi ASN guru tidak mengurus surat atau berkas akan dikenakan sanksi.
“Pemerintah kabupaten tidak ada hak kebijakan, akan tetapi ini kebijakan dari pemerintah pusat, karena ada aturan dan kita akan dikenakan TGR,” tandas bupati.

Secara terpisah, Kepala Badan BKPP Minut Styvi Watupongoh menjelaskan, pendataan dari pusat terkaitan dengan pegawai yang ada di Minut.
Pemerintah pusat telah mengkalkulasi dan menganalisa pendataan guru di Minut, ternyata sangat mencukupi kebutuhan. “Setelah dianalisa bahwa guru-guru ASN yang ada di Minut kebanyakan terdapat di sekolah swasta,” beber mantan Camat Likupang Timur itu.

Jika guru ASN kebanyakan di swasta, lanjut Watupongoh, itu sudah melanggar aturan, sebab guru ASN harusnya berada di sekolah negeri.“Kebijakan yang lalu, atas permintaan dari yayasan kita penuhi itu semua, tanpa kita sadari bahwa sekolah negeri sendiri kekurangan guru. Untuk itu pemkab Minut ambil kebijakan akan menarik semua guru-guru ASN yang ada di sekolah swasta.

“Kemudian kita akan sebarkan para guru di sekolah negeri yang ada. Apabila ada kelebihan di sekolah negeri, tinggal kebikan dari Bupati mau kasih atau tidak,” tandas Watupongoh.(*)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *