Sunday, 16 December 2018

Eksekutif-Legislatif Minut Tandatangani APBD-Perubahan 2018

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Pihak eksekutif dalam hal ini Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan bersama pihak legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Utara tandatangani atau mensahkan ranperda Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2018 dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menjadi perda lewat rapat paripurna yang dilaksanakan di ruang paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Utara, Jumat 28 September 2018.

Dalam rapat paripurna itu dipimpin ketua dewan Minut Berty Kapojos SSos didampingi wakil ketua dewan Denni Wowiling MSi. Pengesahan kedua Perda tersebut ditandai dengan penandatangan dokumen keputusan dewan oleh pihak eksekutif Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan dan ketua dewan Minut Berty Kapojos dan disaksikan oleh Forkopimda Minut, kepala-kepala SKPD, para anggota dewan Minut, LSM dan tamu undangan.

Bupati Vonnie Panambunan saat memberikan sambutan dalam rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Utara terhadap penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi untuk rancangan peraturan daerah tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (Ranperda) tahun anggaran 2018 dan Ranperda tentang Badan Permusyawaratan Desa mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dan anggota dewan Minahada Utara atas berbagai usaha dan kerja kerasnya dalam pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Perubahan anggaran dan belanja daerah tahun anggaran 2018 dan ini harus dilaksanakan tanpa mengabaikan aturan yang berlaku agar dapat terserap dengan baik sampai dengan tahun anggaran 2018 nanti.

“Sungguh saya dapat memahami bahwa kita semua memiliki komitmen yang kuat dalam merespon berbagai penuntutan masyarakat dengan meletakkan pada tataran prosedur sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku. Harus diakui tidak semua dari tuntutan masyarakat ini harus terpenuhi semuanya karena terbatasnya dana. Oleh karena itu dengan mengedepankan skala prioritas dan strategis kita berusah dan tetap memperhatikan kebutuhan prioritas yang menjadi tuntutan publik. Semoga komitmen ini tetap konsisten dalam melaksanakan perubahan anggaran dan pendapatan belanja daerah tahun anggaran 2018. "Harapan saya yang telah terbina selama ini akan terus kita tingkatkan sehingga selalu positif antara eksekutif dan legislatif sebagai wujud nyata komitmen kita dalam menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat Minahasa Utara,” kata bupati

Bupati pun mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan dan anggota dewan Minut yang telah membahas ranperda BPD dukungan legislatif terhadap pembentukan daerah tentang BPD ini menunjukkan kepekaan pimpinan anggota DPRD Kabupaten Minut dalam peraturan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai amanat undang-undang nomor enam tahun 2014 tentang Desa serta peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 tahun 2016 tentang Badan Permusyaratan Desa.

“Ranperda tentang BPD yang telah melewati pembahasan konsultasi bersama anggota dewan Minut di Biro hukum sekretariat daerah Propinsi Sulut telah dikoreksi dan diperbaiki demi penyempurnaan pembasahan dan paripurna dalam melaksanakan nanti di desa, semoga karya legilasi dari DPRD Minut sebagai amanat dari konstitusi dan akan menjadi produk hukum di Minut untuk menjadi BPD sebagai lembaga di desa yang baik guna menunjang proses pembangunan di desa,” ucap bupati seraya menambahkan bahwa tentang penyampian tentang hukumtua dan lain-lain dari fraksi-fraksi nanti akan disampaikan secara tertulis dan terperinci.(*)

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *