Monday, 22 October 2018

13 Desa di Minut Bakal Terima Bantuan Penyertaan Modal bagi Bumdes

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Sebanyak 13 Desa di Minahasa Utara akan menerima bantuan penyertaan modal bagi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebesar Rp 50 juta dari Kementerian Desa. Sedangkan 9 desa di antaranya juga akan menerima bantuan masing-masing 30 juta untuk usaha ekonomi masyarakat (UEM) untuk usaha kelompok.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bobby Nayoan SH Melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Diana Rumambi. Menurut Rumambi pemerintah membuka peluang seluas-luasnya bagi pemberdayaan masyarakat. Selain penyertaan modal Bumdes yang didapat dari dana desa Kementrian juga memberikan bantuan khusus bagi Bumdes yang mulai berkembang.

“Bantuan Rp 50 juta ini ditujukan bagi Bumdes yang mulai berkembang, selain itu diberikan juga bantuan bagi usaha kelompok melalui bantuan UEM sebesar Rp 30 juta. Bantuan ini tinggal menunggu proses pencairan karena telah diajukan pekan yang lalu,” terang Kabid Diana, Selasa (21/8) di kantor Desa Koltem.

Lanjutnya, sebagai persyaratan desa penerima adalah, Bumdes benar-benar ada memiliki kegiatan dan mulai berkembang, memiliki SK pendirian, ADRT dan Perdes.

“Sementara menurut data penerima bantuan di antaranya, adalah Desa Kolongan Tetempangan, Kolongan Kecamatan Kalawat, Darunu, Talawaan Atas, Kauditan 1, Kauditan 2, Kema 2, Kokoleh 2, Termal, Patokaan,” tutur Rumambi.(*)

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *