Tuesday, 25 September 2018

Gubernur Sulut Didampingi Bupati Minut Sosialisasi Rencana Pembangunan TPS di Wori 

Wori,KLABATNEWSOK.com-Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE didampingi Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan dan Kapolda Sulut Irjen (Pol) Bambang Waskito, mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai Tempat Pemrosesan Sampah (TPS) regional pada warga masyarakat di halaman gereja GMIM Bukit Hermon Ilo-Ilo
Desa Wori, Kecamatan Wori, Selasa 03 April 2018.

Pada kesempatan itu Gubernur Olly Dondokambey di hadapan warga masyarakat menjelaskan mengenai cara kerja TPS dengan menggunakan teknologi yang canggih.

“Saya mengajak kepada warga masyarakat Ilo-Ilo Kecamatan Wori untuk mendukung pembuatan tempat pemrosesan sampah industri yang akan dibangun di wilayah Kecamatan Wori,” kata Dondokambey.

Provinsi Sulut lanjut gubernur seharusnya bersyukur karena dari 34 provinsi dan 540 kabupaten di Indonesia hanya 10 daerah yang mendapat bantuan pengelolaan sampah yang telah terintegrasi.

“Bantuan ini salah satunya adalah Sulut yang menjadi perhatian dari pemerintah pusat sehingga lokasinya kami tempatkan di Kabupaten Minut tepatnya di Ilo-Ili Desa Wori. TPS regional yang akan dibangun menggunakan teknologi canggih di mana sampah yang masuk ke TPS langsung diolah sampai habis menjadi listrik. Jadi ini lebih tepat disebut industri pengolahan sampah bukan tempat pembuangan akhir sampah. Dan teknologi pengolahan sampah ini sudah dipakai di Prancis dan Jepang,” kata Dondokambey.

Ditambahkan gubernur industri pengolahan sampah baru akan berjalan pada tahun 2021. Pemrosesan sampah tersebut takkan beroperasi sebelum mesin pemroses sampah tiba di tempat. "Selama industri pengolahan sampah berdiri takkan ada truk-truk sampah datang ke tempat ini membawa sampah,” jelas gubernur.

Gubernur pun meminta masyarakat Ilo-Ilo untuk mendukung pembangunan industri pengolahan sampah dan tak terpengaruh oleh pihak-pihak luar yang mencoba memengaruhi masyarakat Ilo-Ilo agar menentang pembangunan.

Sementara itu Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan sangat mendukung program pemerintah pusat dan pemerintah propinsi dalam rangka pembuatan industri pengolahan sampah.

“Saya mengajak warga masyarakat untuk cerdas dalam menerima informasi terkait tempat industri pengolahan sampah ini dan terima kasih kepada gubernur karena proyek industri pengolahan sampah diadakan di Kabupaten Minahasa Utara,” tutur bupati.

Kegiatan sosialisasi dihadiri Kapolresta Manado dan Kapolres Minut, Forkopimda Minut dan kepala-kepala SKPD dan Forkopimda Sulut dan para pejabat propinsi Sulut.(*)

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *