Saturday, 23 June 2018

Dinas Pendidikan Minut Gelar Lomba Kreatifitas dan Baca Tulis Hitung tingkat SD se-Minut

Kalawat,KLABATNEWSOK.com-Lomba Kreatifitas dan Baca Tulis Hitung (BTH) tingkat Sekolah Dasar (SD) se-kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang dilaksanakan di SD Negeri Watutumou Kecamatan Kalawat, Selasa (6/3) minim anggaran. Pasalnya setiap peserta lomba yang terdiri 14 sekolah rujukan dibebani panitia dengan biaya pendaftaran sebesar 1 juta.

Hal yang sama diberlakukan untuk 10 perwakilan kecamatan. Sedangkan untuk sekolah non rujukan dipungut Rp 70 sampai Rp 100 ribu. Hal ini tentunya mencoreng semangat pemerintah pusat untuk penyelenggaraan pendidikan gratis di Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Informasi ini dibenarkan oleh sejumlah Kepsek dan guru yang mendampingi peserta kelas I, II dan III. “Untuk sekolah rujukan yang berjumlah 14 sekolah ditetapkan oleh panitia sebesar Rp 1 juta, sementara untuk 10 perwakilan kecamatan juga dipungut Rp 1 juta. Sementara untuk 10 sekolah non rujukan lainnya dimintai Rp 70 sampai 100 ribu oleh panitia yang terdiri dari panitia tingkat kabupaten dan panitia lokal,” beber salah satu Kepsek yang enggan menyebut namanya. Hal ini dikuatkan oleh beberapa Kepsek yang diwawancarai terpisah di lokasi lomba.

Lomba ini sendiri dibuka oleh Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan (VAP) yang didampingi oleh Asisten I Drs Rivino Dondokambey dan Camat Kalawat Herman Mengko SIP M.Si. Bupati VAP dalam pembukaan menyematkan tanda peserta kepada anak-anak peserta lomba.
Kadis Diknas Sofitje Wolajan SE MM mewakili Bupati saat acara penutupan mengatakan bagi anak-anak yang belum meraih juara agar tidak kecewa karena harus ada yang menang dan yang kalah.

“Saya meminta Kepsek dan guru untuk terus mendorong anak-anak agar lebih berusaha karena masih ada kesempatan pada tahun berikutnya untuk berprestasi,” imbau Wolajan yang didampingi Sekretais Diknas Olfie Kalengkongan S.Pd M.MPd serta Kepala Seksi Kurikulum Jefry Talumepa.

Wolajan menambahkan untuk lomba mata pelajaran (mapel) yang akan diikuti oleh kelas IV, V dan VI akan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret nanti di Desa Treman, Kecamatan Kauditan.

Terpisah Kepsek SD Negeri Watutumou Anna Alow S.Pd berterima kasih atas kepercayaan dari Diknas Minut yang menunjuk sekolahnya sebagai tuan rumah.

“Hal ini tentunya harus disyukuri, karena acara boleh berjalan dengan lancar dan sukses,” tukas Allow.
Para pemenang lomba juara I umum Kecamatan Dimembe,  juara II Kecamatan Talawaan dan juara III Kecamatan Kalawat.(sem)

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *