Tuesday, 25 September 2018

Menjelang Pilkada Minahasa, 7 Persen Wajib KTP Belum Melakukan Perekaman

Pelayanan di Disdukcapil

Minahasa, Klabatnewsok.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa, menghimbau agar masyarakat pro aktif dalam kepengurusan dokumen penting sebelum benar benar diperlukan, seperti Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP).

Kepala Dinas Dukcapil Minahasa Drs Riviva Maringka MSi, kamis 8/3/18. meminta hal tersebut untuk dapat diindahkan berhubung Pemerintah telah memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat, tinggal mau atau tidak maunya masyarakat dalam membuat dokumen tersebut.

Dokumen yang dimaksud Maringka termasuk kepengurusan E KTP, Kartu Keluarga maupun surat lainnya seperti Akta Nikah, Akta Kelahiran dan lain sebagainya.

Memasuki tahun Politik 2018, sesuai ketentuan setiap masyarakat yang punya hak memilih, harus memiliki E KTP atau minimal surat keterangan (Suket), hal inipun direspon baik oleh Disdukcapil Minahasa dengan memberikan pelayanan mobil keliling yang sudah berkunjung hingga kepelosok Kabupaten Minahasa secara berkesinambungan.

” Setiap hari mobil kami berkeliling untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, enam (6) petugas kami sengaja turun untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, maka untuk itu saya himbau masyarakat dapat mersepon dengan pro aktif mendatangi petugas kami,” ujarnya.

Diapun menjelaskan bahwa dengan adanya kepengurusan administrasi, dalam hal ini misalnya E KTP, maka akan banyak manfaat yang bisa didapat oleh masyarakat atau ada output yang baik saat ini dan kemudian hari.

” Misalnya masyarakat akan mengurus BPJS, Visa, Bantuan Pendidikan maupun Bantuan Sosial dan sebagainya, maka sangat akan memerlukan data yang benar, salah satunya adalah E KTP, untuk itu datanglah mengurus dokumen, apapun itu, sebelum benar benar nanti sudah diperlukan,” pintanya.

Diakui Maringka bahwa saat ini wajib KTP di Kabupaten Minahasa kurang lebih 260 ribu orang, dan terdapat kurang lebih 7 persen belum melakukan perekaman E KTP.

“Kami juga lewat Kantor Disdukcapil memberikan pelayanan semaksimal mungkin, bahkan hari senin biasanya sampai pukul 05:30 wita, dan hari lainnya terkadang sampai pukul 05:00 wita, untuk itu kami berharap hal ini tinggal kesadaran masyarakat untuk mengurus dokumen yang nantinya untuk kebaikan mereka,” pungkasnya.

Yovi

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *