Wednesday, 1 April 2020

Pemkab Minahasa Peroleh 1,5 Milyar Dak Pariwisata

Spread the love

Kendari, Klabatnewsok.com – Pemerintah Minahasa mengikuti Rakornas Persiapan Pelaksanaan dan Penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pariwisata Tahun 2018 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata RI pada Kamis dan Jumat, 22 s/d 23 Februari 2018 di Hotel Horison Plaza Inn Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata RI yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Prof Dr HM Ahman Sya pada Kamis 22/2 pagi ini, turut dihadiri oleh Asisten II Sekdaprov Sultra La Ode Andi Pili SE, Kadis Pariwisata Provinsi Sultra Syahruddin Nurdin SE dan para Kadis Pariwisata dan Kaban BPKAD dari Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Dalam Rakornas yang diawali dengan pembekalan materi oleh para Nara Sumber, yaitu Dr Nanang Garendra Timur dari Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, Indra Ni Tua ST MCom dari Bappenas RI dan Kepala Bagian Perencanaan Program dan Anggaran Kementerian Pariwisata RI Bayu Aji SE, kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan di masing-masing Desk yang dibagi menjadi 5 (lima) kelompok Desk.

Kadis Budpar Agustivo Tumundo dan Kaban BPKAD Rianny Suwarno yang didampingi oleh Kasubag Program, Keuangan dan Pelaporan Dinas Budpar Lidya Claudya Mamahit ST MAP dan Kasie Pengendalian dan Otorisasi Keuangan BPKAD Grace Sumakul SE MAP tampak aktif dalam pembahasan pelaksanaan dan penyaluran DAK Fisik Bidang Pariwisata di Kabupaten Minahasa di Tahun Anggaran 2018, di Desk-nya.

“Puji Tuhan, dalam Rakornas ini Pemerintah Kabupaten Minahasa dipastikan akan memperoleh bantuan Dana Alokasi Khusus Bidang Pariwisata dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 1.503.848.000,” ungkap Tumundo.

Dikatakan Tumundo bahwa sesuai dengan juklak yang diterima, alokasi bantuan ini akan diperuntukkan untuk menata objek wisata di kawasan Benteng Moraya dan di Taman God Bless Minahasa, Tondano City.

Diakui Tumundo walaupun alokasi dana bantuan ini terjadi penurunan dibandingkan dangan anggaran tahun-tahun sebelumnya, sehingga belum mencapai target pembangunan bidang Pariwisata umumnya di Kabupaten Minahasa, namun pihaknya turut mensyukuri atas bantuan Pemerintah Pusat ini.

Diharapkan Tumundo agar bantuan tersebut akan bermanfaat dalam pembangunan Pariwisata di Kabupaten Minahasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *