Sunday, 27 May 2018

KPU Minahasa Tetapkan Dana Maksimal Kampanye Dari Parpol Pengusung Pilkada

Minahasa, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, tetapkan jumlah maksimal dana kampanye partai politik pengusung Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa periode 2018.

Berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, dana kampanye bersumber dari Partai politik (Parpol) maksimal Rp 750 juta,

Sumbangan yang sah menurut hukum dari pihak lain atau perseorangan Rp 75 juta, kelompok maksimal Rp 750 juta,  dan badan hukum swasta Rp 750 juta.

Hal inipun telah dinahas lewat rapat koordinasi (Rakor) KPU bersama Panitia Pengawas (Panwas), Partai politik (Parpol) pengusung calon, LO, kepolisian, pers dan utusan PPK di Hotel Mercure Tateli Beach, pada sabtu 10/2/83.

Menurut Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafet Tinangon SSi MSi, pihaknya tentu tidak keberatan dengan besaran sumber dana. Namun, pasangan calon dan parpol/gabungan parpol dilarang menerima sumbangan dari negara asing, lembaga swasta asing, LSM asing dan warga negara asing, penyumbang yang tidak jelas identitasnya, pemerintah dan pemda, BUMN, BUMD, BUM Desa atau sebutan lain.

“Dana kampanye dapat berupa uang, barang, jasa, termasuk diskon yang melebihi kewajaran, dianggap sebagai sumbangan,” katanya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, apabila sumbangan yang melebihi ketentuan, maka pasangan calon dan parpol/gabungan parpol dilarang menggunakan dana kelebihan dan wajib melaporkannya ke KPU.

“Kelebihan dana harus diserahkan ke kas negara, paling lambat 14 hari setelah masa kampanye berakhir.” Pasangan calon yang melanggar ketentuan pembatasan dana kampanye, dikenai sanksi pembatalan sebagai pasangan calon,” jelasnya.

Ditegaskannya, pasangan calon yang terlambat menyampaikan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK), dikenai sanksi pembatalan sebagai pasangan calon. Demikian pula Parpol/gabungan parpol dan pasangan yang menerima sumbangan dari sumber yang dilarang, dikenai sanksi pembatalan sebagai pasangan calon.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *