Friday, 21 February 2020

KPU Minahasa Serahkan Hasil Verifikasi Faktual Partai Peserta Pemilu 2019

Spread the love

Minahasa, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, setelah Verifikasi Partai Politik, akhirnya menyerahkan hasil akhir Verifikasi administrasi dan faktual bagi 16 Parpol peserta pemilu 2019, pada kamis 8/2/18 bertempat Mercure Hotel Tateli Beach.

Hasil ini diberikan langsung oleh KPU Minahasa, Ketua Meidy Yafet Tinangon SSi MSi bersama Komisioner, Dicky Paseki SH MH, Kristoforus Ngantung SFils, Dra Wiesje Wilar MSi, Lord A Malonda SPd.

Menurut Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafet Tinangon, SSi MSi, penyerahan hasil verifikasi administrasi dan faktual dilakukan setelah KPU merampungkan proses tahapan pemeriksaan struktur pengurus partai politik, sekretariat, dan 30 persen keterwakilan perempuan.

“ Beberapa waktu lalu telah dilakukan verifikasi, dan saat ini, hasilnya diserahkan ke masing-masing parpol. Tentunya dalam pelaksanaan verifikasi administrasi dan Verifikasi faktual, KPU Minahasa melibatkan Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Minahasa dan Pers,” ucap Tinangon.

Dijelaskannya pula bahwa dalam penyerahan hasil, KPU harus mengikuti jalannya tahapan Pemilu. “Jadi jika ada yang Belum Memenuhi Syarat (BMS), itu bukan lagi rananya KPU Minahasa. Yang menentukan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan Memenuhi Syarat(MS) adalah KPU RI,” katanya.

” Memang ada beberapa Parpol yang BMS dan meminta keringanan, namun KPU Minahasa tidak dapat melanggar tahapan Pemilu yang telah berjalan. Karena hal tersebut telah diatur dalam PKPU,” jelas Tinangon

Dari 16 Parpol. 14 telah memenuhi syarat, sementara 2 Parpol Belum Memenuhi Syarat (BMS) yaitu PAN dan Partai Beringin Karya (Berkarya). Dalam Verifikasi ini terdapat 4 Parpol baru yaitu PSI, Perindo, Garuda, Berkarya, sedangkan 12 Parpol lainnya merupakan peserta Pemilu 2014.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *