Monday, 27 January 2020

KPU Minahasa Verifikasi Faktual Partai Peserta Pemilu 2019

Spread the love

Tondano, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melakukan verifikasi faktual bagi partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 di tingkat Kabupaten Minahasa. Dari jumlah 14 parpol yang terdata, 7 diantaranya yaitu PDIP, Demokrat, Gerindra, Nasdem, PKP Indonesia, PPP dan PBB dilakukan verifikasi faktual Rabu (31/1) kemarin.

Sementara 7 parpol lain sesuai jadwal akan di verifikasi Kamis (1/2) hari ini, yaitu Partai Golkar, Hanura, Berkarya, Garuda, PKS, PKB dan PAN.

Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi mengatakan, verifikasi parpol ini sebagaimana amanat aturan perundang-undangan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Sementara untuk teknis dan tahapan verifikasi diatur melalui Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2018 tentang verifikasi dan penetapan parpol dan Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Verifikasi faktual ini sesuai jadwal akan berlangsung selama dua hari, di mulai pada hari ini (kemarin, red) yang meliputi 7 parpol dan besok (hari ini, red) 7 parpol,” urai Tinangon.

Pada tahap verifikasi faktual ini, KPU akan mengecek sejumlah aspek, seperti kesesuaian lokasi kantor sekretariat parpol apakah sesuai dengan alamat yang diserahkan kepada KPU saat pemberkasan, pencocokkan kondisi fisik anggota parpol dengan dokumen identitas yang diberikan kepada KPU, serta pengecekan identitas kepengurusan yang meliputi KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA).

“Ada juga aspek memperhatikan keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan parpol di tingkat kabupaten dan kota,” imbuh Tinangon.

Untuk kepengurusan hanya memverifikasi
Tahapan verifikasi ini, lanjut dia, merupakan kelanjutan dari verifikasi faktual tingkat pusat yang telah dilakukan KPU RI. Namun untuk penetapan parpol menurut Tinangon, sifatnya terpusat.

“Artinya yang akan menetapkan parpol peserta Pemilu 2019 nanti bukan KPU di tingkat kabupaten kota atau provinsi, melainkan oleh KPU RI,” tandasnya.

Sementara disentil soal hasil pelaksanaan verifikasi faktual, Tinangon menyebut bahwa masih akan dibahas dalam rapat pleno bersama seluruh Komisioner KPU Minahasa. “Besok masih ada 7 parpol yang akan di verifikasi. Jadi soal memenuhi syarat atau tidak akan kita bahas dalam rapat pleno,” pungkasnya.

Terpantau, proses verifikasi parpol ini diawasi langsung pelaksanaannya oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Minahasa.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *