Sunday, 15 September 2019

Bupati Sompie Singal Tinjau Lokasi Bencana, Instruksikan Aparat Desa-Kelurahan-Kecamatan dan Pejabat Pemkab Siaga 1×24 Jam

Spread the love

1560678_10201004617787296_1800240184_nAirmadidi,KLABATNEWS-Hujan dan badai yang menghantam Kabupaten Minahasa Utara, sejak Selasa (14/01) malam, mengakibatkan terjadi bencana banjir dan tanah longsor di Minahasa Utara dan menyebabkan beberapa desa terisolir seperti di Desa Kaleosan dan Desa Kuwil di Kecamatan Kalawat dan Desa Sampiri di Kecamatan Airmadidi. Hal ini disebabkan tanah longsor di Desa Sampiri dan ambruknya jembatan Kuwil.

Jembatan Kuwil Ambruk

Jembatan Kuwil Ambruk

Kaur Pemerintahan Desa Sampiri Joseph Nangko kepada wartawan mengatakan ada enam titik longsor di Desa Sampiri, di mana titik terparah berada di antara Desa Sampiri dan Desa Sawangan yang merupakan jalan penghubung kedua desa tersebut. “Jalan penghubung kedua desa ada timbunan tanah sepanjang 50 meter dan tak jauh dari situ juga ada sebuah titik dengan timbunan tanah serta tanah pohon sepanjang 7 meter,” jelas Joseph.

Bupati Sompie Singal, Rabu (15/01) saat mendengar musibah bencana banjir, tanah longsor dan jembatan ambruk. Beliau bersama dengan Forkopimda dan pejabat Pemkab Minut langsung meninjau lokasi bencana yang terjadi di daerahnya dan menginstruksikan instansi terkait untuk memberi bantuan di titik-titik bencana.

“Bupati Sompie Singal telah menginstruksikan instansi terkait untuk memberi bantuan kepada korban bencana dan kepada seluruh aparat desa, kelurahan dan kecamatan serta pejabat Pemkab Minut untuk siaga 1×24 jam,” ujar Asisten 1 Ir Ronny Siwi.

Sementara itu Kepala BPBD Minut Rosa Tidajoh mengatakan instansinya sudah mendapat informasi lokasi bencana dan telah turun ke lapangan, selanjutnya akan segera menyalurkan bantuan. “Korban bencana di Minut berjumlah 1 orang sedangkan banjir terjadi di tujuh desa yakni Kema, Likupang, Naen, Mantehage, Kima Bajo. Longsor terjadei dei Sampiri dan Sawangan,” ungkap Tidajoh.(sem)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *