Tuesday, 23 October 2018

Nama Marga Orang Minahasa Akan Tertera Ditempat ini

IMG_20170201_202844Tondano, KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) mengatakan akan hal tersebut agar kita dapat melihat Marga Asli orang Minahasa dilokasi Benteng Moraya Tondano, hal inipun akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Menurut orang nomor satu di Minahasa ini bahwa Budaya dan Sejarah merupakan fondasi yang ditinggalkan oleh leluhur untuk dijaga, termasuk Benteng Moraya yang punya cerita sejarah Perjuangan Tou (orang) Minahasa pada masa Penjajahan dulu kala.

IMG_20170201_203204Saat ini Benteng Moraya sudah ditata kembali oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa dan sudah menjadi Situs bersejarah dan Tempat Wisata baru didaerah ini, namun dalam pengelolaannya ternyata hal yang tak terduga terjadi, yakni penemuan Tuur (Dasar) Kayu yang dijadikan sebagai Benteng dikala itu, bukan hanya itu juga ternyata ditempat ini terdapat Waruga atau kuburan tua dari leluhur Tou Minahasa.

Saat ini Benteng Moraya telah disulap dan akan menjadi tempat Wisata Kuliner dalam waktu dekat, untuk melengkapi Wisata Kuliner ditempat ini, rencananya nama-nama Marga orang Minahasa akan dipampang ditempat ini.

IMG_20170201_203305“Kami akan pampang Marga orang Minahasa dilokasi Benteng Moraya, kami akan buat tidak sesuai Alfabet agar supaya Masyarakat Minahasa yang datang disitu mencari nama Marga dan artinya, siapa tahu dia kelelahan lalu makan ditempat kuliner,” kelakar Bupati JWS

Diketahui ditempat ini menjadi tempat andalan orang Minahasa untuk datang bersama keluarga, sanak saudara, maupun bersama teman. Dihari libur maupun sabtu dan minggu, tempat ini banyak dikunjungi masyarakat yang datang berfotoria menghilangkan kepenatan sekaligus bersantai.

Yovi

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *