Tuesday, 13 November 2018

Minahasa Utara Siap Menuju Kabupaten Industri Berwawasan Lingkungan

HARI LINGKUNGAN HIDUP02Airmadidi,KLABATNEWS.com-Kabupaten Minahasa Utara siap menuju Kabupaten industri berwawasNan lingkungan. Tekad Minahasa Utara tersebut , telah dicanangkan dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jumat 5 Juli 2013 tingkat Provinsi Sulawesi Utara di Lapangan Kantor Bupati Minahasa Utara oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara DR Djouhari Kansil bersama Bupati Minahasa Utara Drs Sompie SF Singal MBA.Pencanangan Kabupaten Minahasa Utara menuju Kabupaten Berwawasan Lingkungan tak lain penjabaran dari misi Kabupaten Minahasa Utara. Yakni, menjadikan Kabupaten Minahasa Utara sebagai  pusat industri  dengan melaksanakan Pembangunan Yang Berkelanjutan.

Menurut Bupati Drs Sompie SF Singal MBA, Minahasa Utara adalah daerah yang banyak potensi yang akan dikembangkan. Oleh karena itu, pencanangan Minahasa Utara menuju kabupaten industri berwawasan lingkungan harus didukung secara bersama-sama. Industri itu baik untuk menopang pembangunan, tetapi harus berwawasan lingkungan. Artinya, keselamatan lingkungan adalah mutlak dan prioritas yang harus dilakukan.  “Minahasa Utara harus menjadi daerah industri dan industri apa saja bisa dikembangkan di Mianahasa Utara, asalkan harus mengutamakan dan memperhatikan  keselamatan lingkungan hidup,” tambah bupati.

Bupati menambahkan, menuju daerah industri, sumber daya manusia (SDM) perlu dikembangkan. Jika  SDM tidak ada, apalah artinya itu. Itu sama saja dengan sia-sia. Oleh sebab itu, pengembangan SDM dan pembangunan infrastruktur harus sejalan.  “Revitalisasi pertanian, kelautan dan perikanan berbasis industri dengan pengembangan ekonomi kerakyatan mutlak harus dikembangkan,” kata Singal.

IMG_8885Bupati melanjutkan, lingkungan adalah tempat manusia hidup. Sebab itu, harus dijaga kelestariannya. Manusia tidak bisa hidup tanpa lingkungan hidup yang sehat. Artinya, manusia sangat membutuhkan akan lingkungan sehingga perlu dijaga seperti menjaga diri manusia itu sendiri. “Marilah kita semua bersatu padu menjaga lingkungan dan jadikan Minahasa Utara sebagai daerah industri yang berwawasan lingkungan,” ujar Bupati.

Industri yang dimaksud bersifat luas. Minahasa Utara bertekad menjadi daerah teladan, sejahtera, adil dan makmur. Industri rumah tangga perlu dikembangkan, industri pariwasata dikembangkan dan indsutri lainnya yang borpetensi dikembangkan di Minahasa utara. “Totalitas kinerja dari semua warga Minahasa Utara harus ditunjukan untuk menuju Minahasa Utara sebagai kabupaten industri berbasis lingkungan,” kata Singal lagi.(bagian humas dan protokol pemkab minut)

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *