Monday, 27 January 2020

Archive for: December 2019

Kapolres Minut Rahakbau Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 6 Perwira dan 35 Bintara

Airmadidi,KLABATNEWS-Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau SIK MSi Pimpin Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Personel Polres Minahasa Utara (Minut) periode 1 Januari 2020, yang dilaksanakan Mapolres Minut, Selasa 31 Desember 2019 pada pukul 09.00 wita pagi hari.

Upacara kenaikan pangkat 41 personil yang terdiri dari 35 personel Bintara dan
6 Perwira yakni AKP Poltje Moningkey, SH, AKP Stanley Ramly Rambing, SE, AKP Sumarjono Rivai, Iptu Zaldi Tanjung, Iptu Hasbullah dan Ipda Sumedi.

Pada kesempatan itu pada Penyematan tanda pangkat baru kepada dilakukan oleh keluarga masing-masing.

Sementara itu Kapolres AKBP Grace Rahakbau SIK MSi dalam amanatnya mengatakan bahwa kenaikan pangkat ini merupakan penghargaan yang diberikan negara kepada anggota Polri yang memang melaksanakan tugas dengan disiplin, berdedikasi yang baik, loyalitas dan berprestasi.

“Ketika kita mendapat kenaikan pangkat, yang kita ingat adalah tanggung jawab kita bertambah. Bagi yang Bintara dari Bripda ke Bripka dia akan jadi senior bagi rekan-rekan yang lain. Apalagi Perwira, tanggung jawab itu bertambah besar,” ujar Kapolres Rahakbau.

Tugas yang diberikan kepada rekan-rekan lanjutnya akan semakin berat. Dan yang harus dipersiapkan adalah mental. Jangan kita menikmati pangkat itu hanya untuk menambah gaji kita. Tapi kita harus lebih meningkatkan disiplin dan kinerja. Kerena kita bekerja untuk negara dan masyarakat. Maka gaji yang diberikan dengan pangkat yang disandang saat ini, tunjangannya akan bertambah dan tentunya harus lebih bertanggung jawab.

”Saya melibatkan keluarga, orang tua, suami/istri dalam acara kenaikan pangkat ini, dikarenakan keluargalah yang mendoakan kita di saat bertugas dan dalam situasi apapun. Tanpa keluarga kita tidak akan bisa seperti ini. Maka keluargalah yang berhak menyematkan tanda di pundak rekan-rekan saat ini,” kata Rahakbau.

Kapolres mengingatkan bahwa dalam menghadapi malam tahun baru nanti para personelnya kembali kepada tugas dan tanggung jawab dalam pengamanan gereja-gereja dan pos-pos penjagaan.

“Saya berharap kalian bisa menjalankan tugas dengan baik dan maksimal. Jangan mementingkan kepentingan pribadi,” harap Rahakbau seraya menambahkan setelah Natal dan tahun baru nanti, rekan-rekan diperbolehkan mengajukan izin. Kapolres akan berikan izin selama 3 hari secara bergantian agar kalian bisa punya waktu bersama keluarga.

Usai upacara dilanjutkan dengan acara tradisi penyiraman air kepada yang naik pangkat dan dilakukan oleh kapolres dan wakapolres.(sem)

Share

Bupati ROR Apresiasi Pelaksanaan Tondano Fair

Bupati Minahasa Royke Octavian Roring bersama istri Fenny Roring-Lumanauw SIP menghadiri pembukaan Tondano Fair 2019, pada Minggu 29 Desember 2019 di Lapangan Dr. Sam Ratulangi Tondano.

Kegiatan dengan tema Mareng Um Banua
Diselenggarakan oleh Alumni SMA Negeri Tondano.

Tarian Kabasaran yang dibawakan oleh Grup Kabasaran Makatana, tarian Maengket dan tarian Uka-uka yang dibawakan Ikatan Wulan – Waraney Minahasa yang dipimpin oleh Karlina Brodowsky-Roring ikut memeriahkan kegiatan ini.

Hadir Ketua Alumni Smanto 170, Irjen Pol Carlo Brix Tewu, jajaran pemerintah kabupaten Minahasa, alumni smanto, serta tamu dan undangan.

Tujuan dari acara ini untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan pariwisata dan UMKM di Kabupaten Minahasa. Almuni smanto 170 juga berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam pemberantasan Eceng Gondok di Danau Tondano.

Bupati Minahasa Royke Octavian Roring atas nama Pemerintah mengapresiasi “Syarila Family” dibawah pimpinan Liliana Tewu-Albert dan alumni Smanto 170 karena telah menggelar Mareng um Banua Tondano Fair 2019.

“Ini adalah bukti di mana anak daerah pulang untuk membangun daerahnya,”

Bupati juga berterimakasih kepada Ketua dan Anggota Alumni Smanto 170, beserta seluruh elemen masyarakat yang sudah mau membantu pemerintah dalam pemberantasan eceng gondok dan revitalisasi DanauTondano.

Bupati juga mengatakan bahwa tahun depan pemerintah akan mencanangkan program pelestarian budaya di mana semua sekolah SD dan SMP akan ada mata pelajaran muatan lokal, di mana didalamnya akan diajarkan bahasa daerah Minahasa, serta semua sekolah akan diharuskan memiliki tarian maengket dan kolintang.

“Selamat Hari Natal dan Selamat menyongsong Tahun baru 2020 bagi seluruh masyarakat Minahasa.” Ujarnya.

Pemukulan tetengkoren acara Mareng Um Banua Tondano Fair secara resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili oleh Plt Kadis Kebudayaan Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Jeffry Sualang dan Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si.

Dalam acara tersebut juga diadakan pencanangan pemberantasan eceng gondok, dengan ditandai pengguntingan eceng gondok oleh Bupati Minahasa dan Plt. Kadis Kebudayaan Drs. Jefry Sualang serta Ketua alumni Smanto 170 Irjen Pol . Carlo B Tewu. Kemudian Bupati melepas peserta Fun Bike Tondano Fair 2019. Acara ini akan berlangsung dari tanggal 29 sd 31 desember 2019.

Yvi

Share

VAP-SGR Berbagi Berkat untuk Lansia di Ibadah Sambut Natal

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Minut DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP) dan Shintia Gelly Rumumpe (SGR) berbagi berkat untuk lansia di ibadah sambut Natal Yesus Kristus, yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Sabtu 21 Desember 2019 di Airmadidi.

Ibadah dan khotbah dipimpin Pdt Stevanus Kalesaran dengan bacaan diambil dari 1 Timotius 3:16.
“Ada rahasia dalam ibadah, Ia selalu menyatakan diri-Nya dalam setiap ibadah kita, dan saat ini dalam menyambut Natal kita harus bersyukur Tuhan lahir untuk menyelamatkan kita. Untuk itu kita pergunakan kesempatan selama hidup di dunia ini untuk selalu beribadah dan melayani Tuhan,” kata Kalesaran.

Sementara itu pada kesempatan itu bupati Vonnie Panambunan memberikan kesaksian tentang kehidupannya dalam melayani Tuhan dalam tugas dan pelayanan. Bupati juga berharap agar di hari Natal ini, masyarakat selalu persiapkan hati dan pikiran yang bersih dan selalu dekat dengan Tuhan agar damai sejahtera selalu menyertai kita semua.

“Semoga di hari Natal ini kita semua selalu dekat dengan Tuhan agar damai dan kasih-Nya selalu beserta kita semua. Jauhilah pesta pora, mabuk-mabukan dan jauhi itu paku-paku marah,” kata bupati.

Usai ibadah VAP dan SGR berbagi berkat kepada seluruh lansia yang mengikuti ibadah sambut Natal Yesus Kristus.

Ibadah ini dihadiri oleh Sekda Minut Ir. Jemmy Hengky Kuhu MA, Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau SIK, para Asisten, kepala-kepala Dinas, Badan, camat-camat, ASN, THL dan seluruh masyarakat Minut serta lansia.(sem)

Share

ROR Berikan Bantuan dan Awasi Makanan Kadaluarsa

Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi IPU turun langsung ke sejumlah ritel swalayan Alfamart dan Indomaret di Kecamatan Pineleng, pada sabtu 21 Desember 2019.

Kedatangan Bupati ROR dalam rangka Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, serta pengawasan peredaran produk barang yang dijual di pasar modern.

“Monitoring dan pengawasan ini tujuannya untuk memastikan produk yang diperjualbelikan di swalayan tidak kadaluarsa dan benar-benar layak dijual ke masyarakat,” kata Bupati ROR.

Bupati didampingi Penjabat Sekda Minahasa Ir Ronald Sorongan, M.Si.

Sebelum melakukan peninjauan, Bupati ROR dan Sekda Ronald Sorongan terlebih dahulu membawa bantuan kepada keluarga Bawihu Supit, korban kebakaran di Desa Pineleng Dua Kecamatan Pineleng.

Ada pula beberapa agenda lainnya yang dilakukan Bupati usai peninjauan di sejumlah mini market.

Bupati melakukan peninjauan lokasi Puskesmas Pembantu di Desa Tateli yang terbakar pada bulan September lalu, kemudian membawa bantuan kepada korban kebakaran dan angin puting beliung di desa Eris dan desa Tandengan. Setelah itu memberikan bantuan korban kebakaran di kelurahan Wulawan kecamatan Tondano Timur.

Yvi

Share

Ibadah Natal PKB Jemaat Moria Sasaran, Bupati ROR Mengimbau

Bupati Minahasa Pnt Ir. Royke Octavian Roring, M.Si menghadiri Ibadah perayaan menyambut natal Yesus Kristus Pria Kaum Bapa (P/KB), di Jemaat GMIM Moria Sasaran Wilayah Tondano Lima, pada Senin 20 Desember 2019.

Ibadah dipimpin oleh Pdt.Lendy Singkoh S.Th. yang turut dihadiri Ketua Wilayah Tondano lima Sinode GMIM Pdt. Raymond Rende, Ketua PKB Wilayah Tondano lima Pnt. Drs. Jantje Wowiling Sajow, MSi dan jemaat GMIM Moria Sasaran.

Dalam Sambutanya Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, Pribadi beserta Keluarga Roring – Lumanauw dan wakil bupati Robby Dondokambey, S.Si serta Keluarga Dondokambey – Lengkong mengucapkan selamat menyongsong hari natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020.

Bupati ROR menghimbau kepada seluruh rakyat minahasa yang merayakan Natal Yesus Kristus dan Tahun Baru. “Saya himbau kepada seluruh rakyat Minahasa yang merayakan Natal Yesus Kristus dan Tahun Baru untuk, Menjaga kebersihan lingkungan masing – masing.” Ujarnya.

Lanjutnya, diimbau juga untuk Memasang ornamen Natal, baik di kantor, gereja, sekolah maupun rumah tinggal masing – masing. Tidak menyiapkan minuman keras ataupun mengkonsumsi minuman keras selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Juga untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah dan mengantisipasi gangguan yang dapat menimbulkan konflik ditengah – tengah masyarakat. Mewaspadai adanya oknum – oknum tidak bertanggung jawab yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Mari Merayakan Natal sesuai kemampuan masing – masing dan menghindarkan pemborosan, dan hal – hal yang bersifat konsumtif. Mari kita rayakan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan penuh sukacita dan kedamaian,” tegas Bupati.

Ibadah perayaan menyambut natal Yesus Kristus Pria Kaum Bapa Jemaat GMIM Moria Sasaran diakhiri dengan ucapan terima kasih dari Ketua PKB Moria Sasaran, juga Bupati Minahasa periode 2013-2018, Pnt. Drs Jantje Wowiling Sajow, MSi.

Yvi

Share

KNPI Minahasa Baksos di Desa Warembungan.

PDPD KNPI Minahasa melaksanakan Bakti Sosial dan Seminar Workshop, pada kamis 19 Desember 2019, bertempat di Desa Warembungan

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka program akhir tahun DPD KNPI Kabupaten Minahasa dibawah pimpinan Ketua DPD KNPI Minahasa Rifky Roring.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan adalah Bakti Sosial di Desa Warembungan Kecamatan Pineleng sekaligus seminar Workshop Kepemudaan tentang Revitalisasi peran dan kapasitas pemuda Minahasa di era digitalisasi, workshop desain grafis dan content creator

Rifky Roring mengatakan bahwa kegiatan Bakti sosial yang dilakukan ini, merupakan satu diantara sekian banyak program KNPI Minahasa di tengah masyarakat.

“Masalah kesejahteraan dan kemakmuran rakyat juga menjadi tanggung jawab KNPI. Karena itu, program sosial seperti ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan demi kepentingan masyarakat.” Katanya.

“Jangan dilihat dari nilai atau seberapa besar bantuan yang diberikan, tapi komitmen dan ketulusan dari seluruh jajaran KNPI Minahasa untuk membantu, dan kiranya bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat penerima.” Jelasnya.

Ditambahkannya bahwa KNPI Minahasa akan terus bersinergi dengan pemerintah, serta seluruh stake holder terkait untuk mengisi pembangunan daerah untuk peningkatan Kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Minahasa.

Turut Hadir Koordinator Bidang Pemberdayaan Perempuan DPD KNPI Minahasa Desiree Roring, Ketua Umum Panitia Pelaksana Christian Legi, Ketua Harian Panitia Farly Teneh, Jajaran KNPI Minahasa dan Masyarakat Desa Warembungan.

Yvi

Share

Bupati ROR Paparkan Hasil Disertasi Program Doktor Teknik Sipil

Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring M.Si IPU Memaparkan Seminar Hasil Disertasi Pada Program Doktor Teknik Sipil Minat Transportasi di hadapan Tim penguji, Kamis (19/ 12/2019). Di Kampus Universitas Brawijaya Malang, Kota Malang Jawa Timur.

Seminar Hasil Disertasi Tentang Pengaruh Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Dan Pembangunan Pelabuhan Hub Internasional Bitung Terhadap Penyediaan Infrastruktur Transportasi Menggunakan Metode Structural Equation Modeling.

Dalam Seminar Hasil Tersebut juga dilakukan tanya jawab dari para audiens yang hadir. Tentang Distribusi Frekuensi Indikator Pada Laten Pengguna Transportasi Logistik (Y1) dan Pengguna Arus Lalulintas barang.

Dan Sebagai Komisi Pembimbing, Promotor Prof. Ir. Ludfi Djakfar MSCE, Ph.D, Ko-Promotor Ir Achmad Woeakosono M.Eng, Ph.D dan Juga Tiga Tim Penguji salah satunya Direktur Pasca Sarjana Prof Dr Marjono M.Phil.

Turut Hadir Kadis Lingkungan Hidup Kab Minahasa Ir Wenny Talumewo M.Si, Kadis Perhubungan Ir Hendrik Kunang, Ka Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Philip F.S.H Siwi SE, Kabag TUP Lona O. K. Wattie, SSTP. Kaban BKD Drs Moudy L. Pangerapan, Kadis PU Nofry W lontaan ST, Dr Audi Rumayar.

Yvi

Share