Thursday, 5 December 2019

Archive for: November 14th, 2019

Bupati Minut Hadiri Rakornas Forkopimda se-Indonesia

Jakarta,KLABATNEWS-Bupati Vonnie A. Panambunan menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia Tahun 2019 dengan Pemerintah Pusat yang digelar di Sentul International Convention Centre (SICC) Bogor, Jawa Barat, yang dibuka Presiden Joko Widodo, Selasa 13 November 2019.

Rakornas tersebut dibuka dan dipimpin Presiden RI Ir Joko Widodo Mendagri Prof H. Acara Rakornas dihadiri Mendagri Prof. H. Muhammad Tito Karnavian Ph.D, Panglima TNI, Sejumlah Menteri, Jaksa Agun, Gubernur, Kapolda, Kajati, Ketua DPRD, Pangdam, Bupati, Wali Kota, Kajari, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim.

Dalam Rakornas itu, Kepala Daerah dan Forkopimda mendapat pembekalan dari Menteri Koordinator dan sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju.

Saat membuka rakornas Jokowi mengingatkan jajaran pimpinan daerah bisa bersinergi dan berkomunikasi dengan baik.

“Penting sekali hubungan harmonis Forkopimda di daerah. Penting sekali komunikasi Gubernur dengan Kapolda, Gubernur dengan Pangdam, Gubernur dengan Kajari, Gubernur dengan Kepala Pengadilan Tinggi, penting sekali dijalin,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan mengatakan, Rakornas itu sangat penting dalam melaksanakan tujuan pembangunan nasional, demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat. “Banyak hal telah disampaikan oleh pemerintah, untuk diteruskan pelaksanaannya di daerah. Rakornas ini sebagai forum untuk mensinkronkan program pembangunan nasional dengan pembangunan daerah,” kata bupati usai acara.(*)

Share

Wabup RD Ikut Sosialisasi Transfer Ke- Daerah dan Dana Desa

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi menghadiri kegiatan Sosialisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun anggaran 2020 di Kantor Pusat Ditjen Pajak Kemenkeu, Jakarta Selatan, pada kamis (14/11/2019)

Melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Maya Marina Kainde, SH, MAP, menyampaikan Kegiatan ini di buka langsung oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

Dalam kegiatan tersebut, Sri Mulyani memberikan pengarahan ke kepala daerah untuk mengelola anggaran yang disalurkan ke seluruh daerah di Indonesia.

Sosialisasi ini bertepatan dengan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada seluruh kementerian/lembaga dan juga pemerintah daerah di Istana Negara.

Dengan pemberian DIPA maka menandakan bahwa proses belanja barang hingga lelang proyek bisa dimulai.

“Mengingat DIPA merupakan dokumen APBN yang menjadi acuan bagi seluruh menteri, para pimpinan lembaga, dan Pemda dalam melaksanakan seluruh program pembangunan pemerintah, dalam rangka wujudkan visi misi Presiden Wapres, yakni Indonesia Maju,” kata Sri Mulyani

Sri Mulyani menjelaskan tahun depan merupakan awal kabinet Indonesia Maju melaksanakan program yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024. APBN 2020, kata Sri Mulyani memiliki peran strategis bagi Pemerintah dalam mencapai sasaran pembangunan nasional.

Yvi

Share