Thursday, 5 December 2019

Archive for: November 2019

Sekda Minut Pimpin Upacara HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional serta HUT ke-48 Korpri

Airmadidi,KLABATNEWS-Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara Ir Jemmy Kuhu mewakili Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan
memimpin upacara peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional serta HUT ke-48 KORPRI. Upacara digelar di halaman kantor bupati Minut, Jumat 29 November 2019.

Upacara diikuti oleh Guru-guru PNS, pengawas sekolah, para Pejabat Pemkab Minut, Asisten, Kepala-kepala Dinas/Badan, camat dan Staf.

Sekda Kuhu saat membaca sambutan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan meminta maaf lantaran pidatonya sedikit berbeda dengan pidato menteri-menteri sebelumnya.

“Biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan,” ujar Sekda.

Lanjut Kuhu, guru ingin agar anak didiknya belajar di dunia sekitar, namun kurikulum yang padat menutup pintu peluang.

“Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak,” tandas Kuhu saat membaca sambutan Mendikbud Nadiem Makarim.

Sementara itu Sekda Minut saat sampaikan sambutan
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, sebagai pembina Aparatur Sipil Negara (ASN) seluruh Indonesia di
HUT ke-48 KORPRI, Jokowi mengingatkan adanya persaingan antarnegara di revolusi industri 4. Persaingan itulah yang sedang dihadapi oleh Indonesia.

“Persaingan antarnegara semakin sengit. Berebut teknologi dan rebut talenta hebat yang digunakan memajukan negaranya,” ucap Kuhu.

Adanya persaingan tidak harus ditakuti. Namun, Korpri harus menghadapinya dengan mengedepankan kreativitas dan kecepatan.

“Kita tidak boleh takut. Kita hadapi persaingan dengan cara terobosan baru. Kreativitas kecepatan dan inovasi adalah kunci,” ucap Kuhu.

Usai upacara digelar pelepasan balon udara dalam memperingati HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional serta HUT ke-48 KORPRI 2019.(adv)

Share

Kapolres Minut AKBP Grace K.D Rahakbau Pantau Pilhut Serentak

Kauditan,KLABATNEWS-Kapolres Minut AKBP Grace. K. D. Rahakbau, SIK, M.Si bersama para PJU memantau pelaksanaan pemilihan hukumtua (pilhut) serentak di sejumlah desa di Kabupaten Minahasa Utara, Kamis 28 November 2019.

Kapolres bersama rombongan mengadakan kunjungan di gedung Karya Bakti Desa Kauditan I Kecamatan Kauditan yang menyelenggarakan pemilihan hukumtua dan sesuai dengan pantauan Kapolres, situasi ramai aman dan para pemilih sedang memberikan hak pilih mereka.

Kapolres juga memantau pelaksanaan pemilihan hukumtua di Desa Kolongan dan Desa Watutumou 1 Kecamatan Kalawat, Desa Matungkas, Desa Klabat dan Desa Tatelu Rondor Kecamatan Dimembe.

Pantauan di lapangan di sejumlah desa pemilihan hukumtua berjalan ramai, aman dan lancar. (sem)

Share

Sekda dan Kapolres Minut Pantau Pelaksanaan Pemilihan Hukumtua Serentak

Airmadidi,KLABATNEWS-Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara Ir Jemmy Kuhu MA, bersama Kapolres Minut AKBP Grace K.D Rahakbau SIK MSi memantau pelaksanaan pemilihan hukumtua (Pilhut) di sejumlah desa yang menggelar pilhut, Kamis 28 November 2019.

Sekda memantau Pilhut di Desa Matungkas didampingi Asisten 1 Bagian Pemerintahan dan Kesra dr Jane Symons MKes, Kadis Sosial dan PMD Bobby Najoan SH.

Terlihat juga sejumlah anggota DPRD Minahasa Utara ikut memantau jalannya Pilhut.

Sekda mengatakan, bahwa pemilihan hukumtua berjalan dengan baik dan masyarakat wajib pilih dengan antusias memberikan hak suara dan Pemilihan hukumtua berlangsung baik dan aman.

“Sesuai dengan pantauan kami di lapangan bersama dengan Kapolres, Asisten 1, Kadis Sosial serta PMD dan camat Pemilihan hukumtua di sejumlah desa di Kabupaten Minahasa Utara telah berjalan dengan baik, dan masyarakat telah menggunakan hak pilihnya,” kata Kuhu.(*)

Share

Kainde: RR-RD Komitmen Atasi Gulma Eceng Gondok

Komitmen Bupati Ir Royke Octavian Roring MSi, IPU dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, MM (RR-RD) dalam menanggulangi penyebaran populasi eceng gondok terus ditunjukkan.

Tak hanya di Danau Tondano, penanggulangan tanaman gulma air di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano juga jadi prioritas Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Saat ini alat-alat berat excavator telah disiagakan di outlet sungai Tondano untuk mengangkat eceng gondok. Bahkan Pemkab Minahasa telah bekerjasama dengan pihak PLN dengan membuat penghalang di outlet sungai di Tolour untuk membendung perluasan eceng gondok yang terbawa arus sungai.

“Pak Bupati dan Wakil Bupati sangat serius untuk mengatasi persoalan eceng gondok ini. Ada berbagai upaya yang saat ini dilakukan mengingat penyebarannya sudah sampai di sungai Tondano. Alat-alat berat baik dari Pemkab Minahasa maupun PLN sudah disiagakan untuk mengangkat dan membersihkan eceng gondok dari sungai,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdakab Minahasa, Maya Marina Kainde SH, MAP, Rabu 27/11.

Juru bicara Pemkab Minahasa ini mengatakan, penyebaran eceng gondok di sungai Tondano diakibatkan faktor alam. “Waktu lalu angin selatan yang bertiup kencang membawa masuk eceng gondok ke sungai. Dan karena tanaman ini perkembangannya memang sangat cepat maka membuat jalur sungai tertutup. Tapi Pak Bupati dan Wakil Bupati sudah menginstruksikan untuk melakukan upaya pembersihan,” katanya.

Ada berbagai cara yang dilakukan Pemkab Minahasa untuk menanggulangi eceng gondok di Sungai Tondano. Selain pengangkatan dengan alat berat, pada Sabtu pekan ini juga akan diadakan lomba pengangkatan eceng gondok di Sungai Tondano.

“Memang penanganan eceng gondok harus dilakukan secara berkesinambungan. Rencananya tahun 2020 mendatang Pemkab Minahasa juga akan bekerjasama dengan pihak TNI Polri dan pihak lembaga sosial gereja serta seluruh masyarakat untuk mengendalikan eceng gondok di Danau Tondano. Untuk itu mohon dukungan dari seluruh masyarakat sehingga persoalan ini bisa segera terselesaikan,” pungkas Kainde.

Yvi

Share

Kapolres Minut Pimpin Apel Kesiapan dan Pergeseran Pasukan Pam Pilhut Serentak

Airmadidi,KLABATNEWS-Sehubungan dengan pelaksanaan Pemilihan Hukumtua Pilhut yang akan dilaksanakan serentak di Kabupaten Minahasa Utara, untuk itu Kapolres Minut AKBP Grace K.D Rahakbau SIK MSi memimpin Apel Kesiapan dan Pergeseran Pasukan Pam Pemilihan Hukumtua yang dilaksanakan di lapangan apel Polres Minut, Rabu 27 November 2019.

Pada kesempatan itu saat memberikan amanah Kapolres Minut AKBP Grace K.D Rahakbau SIK MSi menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Pemilihan Hukumtua besok 28 November 2019, agar anggota yang melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Laksanakan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan layani masyarakat pemilih dengan humanis dan jadilah Polri yang promoter,” kata Rahakbau.(*)

Share

Wabup RD Hadiri Musda Ke XIV Pemuda/KNPI Sulawesi Utara

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi Menghadiri Musyawarah Daerah Ke- XIV Pemuda/KNPI Sulawesi Utara “Satu Nafas, Pemuda Hebat” (26-27 November 2019) di Hotel Mercure Kecamatan Mandolang Minahasa.

Turut Hadir Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw, Sekretaris Prov. Sulut Edwin Silangen, Ketua Umum DPP KNPI Noer Fahjriyansyah, Sekjen DPP KNPI Addin Djauharudin, bendahara umum DPP KNPI Twedy Ginting, ketua caretaker DPD KNPI Sulut Almanzo Bonara, Sekretaris caretaker DPD KNPI Sulut Rio Dondokambey, bendahara caretaker DPD KNPI Sulut Erlan Silangen, ketua panitia Musda Lexi Mantiri, ketua KNPI Minahasa Rifky Roring

Dalam Sambutannya Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw meng-challenge agar pemuda harus mampu berdiri menjadi voluntir dalam melawan radikalisme, jadi orang bijak yang bisa melihat arah arus air.

“Ketika ada masalah besar di bikin simple. Saya Meng-apresiasi seluruh pemuda sulut. Mari bersama-sama membangun sulut dengan mengembangkan potensi pemuda,” ujar Wagub

Usai membawakan sambutan, Wakil Gubernur Sulut didampingi Ketua dpd KNPI, Sekprov sulut dan wakil Bupati Minahasa membuka Musyawarah ini secara resmi dengan memukul tetengkoren.

“Semoga KNPI Semakin maju dan yang terbaik untuk pemuda sulut” ungkap Wabup RD

Yvi

Share

PUPR Bahas Revisi RTRW Minahasa

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Minahasa gelar revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang dilaksanakan lima (5) tahun sekali. Bertempat di restoran MOY, Selasa 26/11.

Dalam bentuk Forum Group Discussion, revisi RTRW ini tertuang dalam Perda no 1 tahun 2014 huruf a,b,c dan d serta mengacu pasal 4 ayat 1 yang menyebutkan peninjauan kembali RTRW di lakukan paling sedikit 5 tahun sekali. ayat 2 sebagaimana di maksud pada ayat 1, di lakukan pada tahun kelima RTRW ini di undangkan.

Kadis PUPR Minahasa, Nofry Lontaan ST, mengatakan bahwa Perda no 1 tentang RTRW kabupaten Minahasa tahun 2014-2034, menyebutkan jangka waktu RTRW Minahasa adalah 20 tahun, sejak tanggal di tetapkan dan di tinjau kembali pada 1 kali dalam lima tahun.

“Wilayah perencanaan RTRW ini meliputi wilayah administrasi daerah 1.169.96 km2 dan mencakup 25 kecamatan dan 270 desa/kelurahan,” katanya.

“RTRW ini mengatur dan memanfaatkan ruang yang meliputi darat, laut dan udara sehingga menjadi satu kesatuan berbentuk wilayah kabupaten Minahasa. Juga mengatur kawasan lindung, untuk kelestarian lingkungan hidup dan kawasan pertambangan,” Tambah Lontaan.

“Sebagaimana tujuan dan maksud RTRW seperti melihat kesesuaian pembangunan lima tahun dan dalam rangka mewujudkan keterpaduan pembangunan antar daerah, maka revisi RTRW di perlukan sebagai arahan zonasi dalam investasi pembangunan yang di laksanakan pemerintah, masyarakat atau dunia usaha,” jelasnya.

Pelaksanaan revisi RTRW ini di percepat disusul instruksi Bupati karena Perda akan menyesuaikan dengan 17 Ranperda dari Pemkab yang telah di masukan di dewan.

“Kegiatan revisi RTRW kami helat, supaya boleh di masukan ke dewan agar Perdanya bisa di berlakukan tahun depan,”kuncinya.

Pembahasan laporan akhir PUPR Minahasa terkait revisi RTRW di hadiri perwakilan Kapolres, perwakilan Kodim, ATR/BPN, OPD terkait dan tim konsultan penyusun revisi.

Yvi

Share