Tuesday, 19 November 2019

Archive for: October 17th, 2019

KASN Adakan Sosialisasi Tata Cara Pengisian Jabatan JPT Pratama, SIJAPTI dan Disiplin ASN di Aula Bapelitbang Minut

Airmadidi,KLABATNEWS-Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengadakan sosialisasi tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama, penggunaan aplikasi SIJAPTI, dan penegakan disiplin PNS di aula kantor Bapelitbang Kabupaten Minahasa Utara, Kamis 17 Oktober 2019, dan dibuka Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu.

Kuhu usai membuka kegiatan itu kepada wartawan mengatakan Pemkab Minut mengapresiasi kegiatan ini. KASN secara terbuka menyosialisasikan tata cara pengisian jabatan ini di Pemkab Minu. Sosialisasi ini sangat penting dan berguna untuk organisasi dan jenjang karir.

“Kami mengingatkan kepada semua bawahan untuk tetap patuh dan loyal pada perintah dan keputusan pimpinan. Sosialisasi tersebut dibawakan oleh anggota KASN Hadi Yusuf dan Pandu Wibowo serta diikuti seluruh perangkat daerah dan pejabat Pemkab Minut,” kata Kuhu.(*)

Share

Pimpin Rakor Pemkab Minahasa, Bupati ROR Sampaikan Hal Penting

Tondano, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi Pimpin Rapat Koodinasi Pemerintah Kabupaten Minahasa Tahun 2019, pada Kamis 17 Oktober 2019, bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tondano.

Dalam Sambutan/Arahan Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring M.Si. membahas substansi rapat evaluasi di tahun 2019, dan finalisasi kegiatan tahun 2020 serta kinerja dari seluruh OPD, Kecamatan serta para hukum tua dan lurah.

Dalam rapat inipun membahas agenda-agenda dan program kedepan di tahun 2020 termasuk didalamnya penanganan enceng gondok dan sampah. Sampah akan di olah dari desa dikumpul di desa dan akan diangkut oleh kendaraan pengangkut sampah.

Mulai tahun depan pemerintah akan membuat segera Perda sampah plastik, yang didalamnya pemerintah melarang penggunaan air mineral dalam kemasan plastik kecil dan sedang.

Bupati juga menginstruksikan kepada seluruh hukum tua dan lurah, agar harus membudayakan alat musik dan tarian tradisional, yaitu kolintang, musik bambu, cakalele, katrili dan maengket, agar supaya jati diri minahasa tetap melekat di diri warga Minahasa lewat kebudayaan.

Bupati juga instruksikan untuk dinas pendidikan agar pelajaran muatan lokal, didalamnya bahasa daerah wajib diterapkan diseluruh sekolah-sekolah, agar bahasa daerah dapat terus dilestarikan kepada anak dan cucu orang Minahasa.

Dalam rapat ini juga ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh bupati minahasa, Kepada camat, lurah dan hukum tua untuk mengaktifkan poskamling dan operasi justisia. Kebersihan wilayah menghadapi musin hujan.

Pencapaian dan realisasi pajak bumi dan bangunan. Keikutsertaan dalam mensukseskan agenda-agenda dalam rangka hari jadi minahasa ke-591. Efektifitas pelaksanaan dana desa dan dana kelurahan. Sinergitas perencanaan pembangunan di tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan.

Verifikasi kepesertaan bpjs kesehatan. Respon cepat dan proaktif kepada seluruh jajaran untuk melihat keluhan dan kondisi masyarakat yang disampaikan melalui R3D Center.

Turut hadir Penjabat Sekda Kabupaten Minahasa Frits Muntu SSos. Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala MSi. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs Hanes D. Wagey MBA. Inspektur Alfa Montong. Kadis PMD Djeffry Sajow SH, Jajaran Pemkab Minahasa, Camat, Lurah dan Hukum Tua.

Yvi

Share

Lima Terduga Pelaku Pelemparan Kendaraan, Diringkus Petugas Polres Minahasa

Tondano, Pelaku Pelemparan Kendaraan Roda Empat menggunakan batu diruas jalan Kiniar dan Touliang Oki Rabu Malam, diringkus oleh Petugas Polres Minahasa dibawah Pimpinan Kanit Resmob Aiptu Rony Wentuk, pada kamis 17 Oktober 2019.

Setelah mendapat laporan dari tiga korban pelemparan, Tim Buser Polres Minahasa langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku, alhasil petugas meringkus 5 terduga pelaku yang masih dibawah umur asal Kota Tondano.

Kejadian inipun bermula saat lima terduga pesta Miras disalah satu daerah di Kota Tondano, lalu kelimanya menuju Desa Touliang Oki, Kecamatan Eris untuk mengunjungi rumah pacar salah satu pelaku.

Karna dipengaruhi Miras maka kedatangan para pelaku dengan mengendarai roda dua teriak-teriak di desa Touliang Oki, namun para pelaku kembali lagi karna ada warga yang menghadang.

Para pelaku pun kembali di Kota Tondano. Tak puas para pelaku kembali lagi diruas jalan Touliang Oki dan melakukan pelemparan kendaraan roda empat yang lewat, menurut keterangan pelaku, ada sekitar enam kendaraan roda empat yang menjadi sasaran mereka. Tujuan mereka hanya ingin sekedar beraksi.

Kasat Reskrim Polres Minahasa AKP Sugeng Wahyudi Santoso, saat dikonfirmasi terkait dengan penangkapan ini, mengatakan, pihaknya akan melakukan oleh TKP dan melihat peran dari masing-masing pelaku.

Karna pelaku dibawah umur, maka pelaku akan di proses diversi, yaitu pengalihan penyelesaian perkara anak tersebut dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana.

“Kita lihat dulu bagaimana perkembangan olah TKP, bagaimana kejadian awalnya terjadi pelemparan, karna data pelapor kami ada tiga, sedangkan menurut pengakuan ada enam kendaraan yang jadi Korban, apabila yang tiga lainnya melapor kami sudah tahu persis kejadiannya,” kata Kasat Reskrim.

Yvi

Share