Tuesday, 19 November 2019

Archive for: October 15th, 2019

Pelaksanaan UKW di Kabupaten Minahasa Sukses

Tondano, Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Kabupaten Minahasa sukses digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Utara, pada selasa 15/10/19, bertempat di Aula Inspektorat.

Sebanyak 12 Wartawan yang kesehariannya meliput di Kabupaten Minahasa, akhirnya dinyatakan lulus atau berkompeten oleh Penguji dari PWI Pusat Refa Riana dan Suherlan.

Kesuksesan kegiatan inipun tidak lepas atas bantuan dari Pemerintah Kabupaten Minahasa, dalam hal ini Bupati Minahasa Royke Roring, Wakil Bupati Robby Dondokambey, Sekda Minahasa dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, terlebih khusus Kabag Humas dan Protokol Maya Kainde.

Untuk itu, atas nama para peserta yang telah mengikuti UKW ini, Ketua Panitia Penyelenggara di Kabupaten Minahasa Fernando Lumanauw, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah Minahasa, termasuk bantuan dari pihak lainnya.

Uji Kompetensi Wartawan yang digelar oleh PWI ini, untuk ke-19 kalinya di Sulawesi Utara dan pertama kali di Kabupaten Minahasa, dan Ke-415 di seluruh Indonesia, yang telah menghasilkan 11 ribu wartawan kompeten seluruh Indonesia.

Kegiatan UKW ini dibuka mewakili Bupati Minahasa Sekda Frits Muntu. Hadir Kabag Humas dan Protokol Maya Kainde, dan selaku Pelaksana UKW di Minahasa Ketua PWI Sulut Vocke Lontaan, Wakil Ketua Merson Simbolon.

Yvi

Share

Sebanyak 12 Wartawan Minahasa Ikut UKW

Tondano, Sebanyak 12 Wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara, bertempat di Aula Inspektorat Kabupaten Minahasa, pada selasa 15/10/2019.

Wartawan yang mengikuti uji kompetensi ini kesehariannya melakukan liputan di Kabupaten Minahasa, dengan tujuan meningkatkan profesionalisme dan kompeten dalam bidang jurnalistik.

Refa Riana salah satu Penguji dalam Uji Kompetensi ini, mengatakan, bahwa sejak dilakukan UKW pada tahun 2010, saat ini sudah ada 11 ribu wartawan yang dinyatakan kompeten.

Menurutnya UKW perlu dilaksanakan, dan menjadi standarisasi dalam menentukan apakah wartawan tersebut kompeten dalam melaksanakan tugas peliputan dan punya etika yang baik dalam menggali informasi sesuai Kode Etik Jurnalis.

Sementara, Ketua PWI Sulut Vocke Lontaan, mengapresiasi kepada wartawan yang begitu antusias meminta PWI untuk penyelenggaraan kegiatan ini di Minahasa, dengan tujuan menjadikan wartawan kompeten, agar wartawan bisa profesional, dalam melaksanakan tugas.

Bupati Minahasa yang diwakili oleh Pelaksana Tugas Sekda Minahasa Frits Muntu, mendukung kegiatan UKW ini, dengan harapan dapat menghasilkan wartawan yang memiliki etika dalam melaksanakan tugasnya.

“Selamat jika berkompeten, dan terus belajar bagi yang belum,” katanya.

Sekda Muntu juga, mengatakan, wartawan berkualitas dan memiliki ilmu, pasti bisa berkerja dengan baik. Selanjutnya Sekda membuka kegiatan ini secara resmi.

Hadir juga Penguji dari PWI Pusat Suherlan, Wakil Ketua PWI Sulut Merson Simbolon, Nanang Suprianto Admin PWI Pusat, Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Minahasa Maya Kainde, dan 12 Wartawan Peserta UKW.

Yvi

Share