Tuesday, 19 November 2019

Archive for: October 1st, 2019

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Minahasa, Kembali Diingatkan Sejarah

Tondano, Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, bertempat di Lapangan Kantor Bupati Minahasa, pada selasa 1 Oktober 2019.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, bertindak selaku Inspektur Upacara, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST. Iko Sudjatmiko, SH MH.

Ketua Pengadilan Negeri Tondano membacakan sambutan Bupati Minahasa, mengucap syukur dapat menggelar Upacara ini,” Dua bulan sebelum kemerdekaan, tepatnya pada 1 juni 1945, gedung tyuuoo sangi-in di pejambon terasa lebih ramai dari biasanya, semua anggota badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan indonesia (BPUPKI) sedang melakukan sidang untuk menemukan gagasan dasar negara.” Katanya mengenang.

Lanjutnya, Semua tokoh penting nasional hadir, yakni Soekarno, Hatta, Yamin, Supomo, dan banyak tokoh lainnya. Tepat pukul 9 pagi, Soekarno naik ke atas panggung, waktu yang ia butuhkan untuk naik ke panggung hanya beberapa menit, tapi persiapan gagasan yang hendak ia kemukakan hasil pergulatan puluhan tahun.

“Enam belas tahun lamanya aku telah mempersiapkan apa yang hendak aku sampaikan. Dalam kuburanku yang gelap di banceuij, maka landasan tempat republik di suatu waktu akan berpijak sudah mulai tampak dalam pikiranku” kata bung karno dalam otobiografinya yang disusun cindy adams.

Apa yang terjadi kemudian setelah pidato tersebut adalah sejarah. Pidato 1 juni tersebut dinobatkan sebagai hari lahir pancasila.” Tujuh puluh tahun setelah pidato tersebut, hari hari ini kita patut mengenang kembali apa yang bung karno katakan. Bukan, bukan untuk sekedar mencatatnya sebagai sebuah catatan yang sudah lalu. Tapi memberikan makna pada sejarah tersebut untuk konteks masa kini dan masa depan.” Katanya

Pada hari lahir pancasila tersebut, pesan bung karno tegas : Semua Buat Semua! Pesan itu bukan berdiri di ruang hampa. Ia berpijak pada pengalaman nyata republik ini. Republik ini hadir atas iuran kolosal semua orang : ada yang iuran materi, tenaga, bahkan nyawanya untuk tinggi tegaknya republik.

Hari hari ini kita harus mengingat kembali semangat tersebut, mengembalikan lagi semangat gotong royong kita. Kini adalah tugas kita, tugas setiap kaum terdidik untuk membayar balik apa yang telah negara berikan pada kita.

Semua bergerak untuk pendidikan semua ambil bagian, semua untuk semua! Kini adalah tugas kita bersama untuk kelak bisa mengatakan kepada para pendiri republik ini dengan bangga, mengatakan bahwa kita telah merawat pancasila bersama.

Bukan lagi sekedar untuk mengusir penjajah. Kita merawat pancasila untuk mendorong peningkatan kualitas manusia indonesia. Peningkatan kualitas manusia melalui pendidikan. Semua ikut bergerak, semua ikut terlibat.

Kita akan bergerak, semua ikut terlibat. Kita akan bisa mengatakan dengan bangga “semua elemen republik bergerak untuk semua. Untuk semua generasi masa depan republik ini. Untuk melukis wajah masa depan negeri ini”. Di hari ini mari kita serukan : Pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangga menuju indonesia maju dan bahagia! Sebagaimana tema hari kesaktian pancasila di tahun 2019 ini,” pungkasnya.

Turut hadir ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady Kandouw SE, Wakapolres Minahasa kompol Farly Rewur SH MM, Plh Kajari Minahasa Fien Ering SH MH, mewakili Dandim 1302 pasi ops, Penjabat Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Frits Muntu S.Sos, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa dan seluruh peserta upacara ASN, TNI, POLRI dan THL.

Yvi

Share

Allan Mingkid Mewakil Pemkab Minut Ikuti Rakor RPP

Airmadidi,KLABATNEWS-Pembahasan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang terus berlanjut. Kali ini digelar rapat koordinasi (rakor) pembahasan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) KEK Likupang Minahasa Utara dan Kendal Kabupaten Kendal Jawa Tengah, yang digelar di Ruang Rapat Mahakam Gedung Ali Wardhana Lantai III  Jalan Lapangan Banteng Timur  2-4 Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019 dan dipimpin Sekretaris Menteri Koordinator Perekonomian.

Hadir dalam rapat tersebut dari Kemenko Perekonomian yakni, Deputi Bidang Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Staf ahli Bidang Hubungan Ekonomi Politik dan keamanan l, wakil ketua  II Tim pelaksana KEK, Karo Hukum dan Humas, Sekretaris Dewan nasional KEK. Dari Kementerian Hukum dabln HAM yakni, Dirjen Perundang-undangan,  Staf Deputy Bid Perundang-undangan. Dari Setneg deputi bidang perundang-undangan.  Kementerian Keuangan terdiiri dariDirjen Pajak, Dirjen Bea dan Cuka, Kepala Badan Kebijakan Fiskal,  dan Kepala Biro Hukum.

Dari Kementerian Pariwisata yakni Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Karo Hukum Setjen. Dari Kementerian Perindustrian yakni Dirjen Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional, dan Karo Hukum Setjen. Sekretariat Kabinet yakni Deputi Bidang Perekonomian, Gubernur Sulut dan Jateng, Asisten Pembangunan Minut Allan Mingkid dan Bupati Kendal.

Selanjutnya dari Dirut PT. Minahasa Permai Resort dan Dirut PT. Kawasan Industri Kendal.(*)

Share

Pemkab Minut Terima Piagam Penghargaan dari BKN RI

Airmadidi,KLABATNEWS-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, mendapat piagam penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia, sebagai instansi yang menggunakan metode Computer Asisted Test seleksi CPNS Tahun 2018.

Penyerahan piagam dan plakat BKN diserahkan oleh Asisten Administrasi Umum Drs Rivino Dondokambey kepada Sekretaris Daerah Ir Jemmy Kuhu MA, di upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019 di lapangan kantor bupati dan disaksikan ASN Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.(*)

Share

Pemkab Minut Gelar Upacara Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Airmadidi,KLABATNEWS-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober dengan melaksanakan upacara bendera di lapangan kantor bupati, Selasa 1 Oktober 2019, dengan inspektur upacara Sekretaris Daerah Ir Jemmy H Kuhu dan komandan upacara Linda Pangow S.Sos MAP, Sekretaris Dinas Perhubungan Minahasa Utara.

Upacara diikuti para asisten, para staf ahli bupati, kepala perangkat daerah dan ASN staf pelaksana. Tahun ini, peringatan hari kesaktian Pancasila mengambil tema Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia.

Dalam upacara, dirangkaikan dengan penyerahan SK Bupati Pensiun 5 PNS dan SK CPNS PTT Kementerian Kesehatan yang diserahkan Sekretaris Daerah Ir Jemmy H Kuhu MA.(*)

Share

APBD Perubahan 2019 Minut Disahkan

Airmadidi,KLABATNEWS-Kecemasan dan kekhawatiran berbagai pihak, terhadap APBD Perubahan Tahun 2019 tidak akan disahkan di paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Utara, akhirnya terbantahkan.

Buktinya, APBD Perubahan 2019 dengan belanja berbandrol Rp.1.1 triliun, disahkan di Paripurna DPRD Senin 30 September 2019 malam yang dipimpin Ketua DPRD Denny Lolong.

Sidang dimulai pukul 22:10 WITA yang dipimpin Ketua DPRD Denny Lolong dan selanjutnya mempersilakan Denny Sompie membacakan laporan Panitia Anggaran APBD Perubahan 2019. Usai membacakan laporan anggaran, Sompie mempersilakan fraksi-fraksi menyampaikan pendapat akhir terhadap Ranperda APBD Perubahan 2019.

5 fraksi DPRD Minahasa Utara sepakat menerima dan menyetujui Rancangan Perda APBD Perubahan menjadi Perda APBD Perubahan Tahun 2019.
Fraksi PDIP didaulat membaca sikap fraksi, kemudian Fraksi Nasdem, selanjutnya Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Demokrat dan ditutup pendapat akhir Fraksi Klabat.

Kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara pengesahan Ranperda APBD Perubahan 2019 menjadi Perda APBD Perubahan 2019 oleh Bupati Vonnie A. Panambunan, Ketua DPRD Denny Lolong, Wakil Ketua Shintia Rumumpe dan Wakil Ketua Olivia Mantiri.

Hadir Bupati Vonnie Anneke Panambunan, Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong, Kapolres AKBP Jefry Siagian SIK, Sekretaris Daerah Ir Jemmy Kuhu, MSi, kepala perangkat daerah dan staf ASN.

Bupati Vonnie Anneke Panambunan dalam sambutan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menyampaikan terima kasih kepada DPRD yang telah membahas dan menerima Ranperda APBD Perubahan Tahun 2019. Biarlah kebersamaan dan sinergitas ini tetap terjalin untuk kemajuan pembangunan di Minahasa Utara.

Pukul 23.25 WITA Ketua DPRD Denny Lolong, mengetuk palu menutup sidang paripurna DPRD Minahasa Utara.(*)

Share