Tuesday, 19 November 2019

Archive for: October 2019

Archipelagic and Island State Dihadiri RR-RD

Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MM menghadiri acara Archipelagic and Island State (AIS) forum 2019, bertempat di pohon kasih kawasan megamas manado, Kamis 31/10/2019

Sambutan Gubernur Provinsi Sulut Olly Dondokambey mengucapkan banyak terima kasih kepada kementerian yang boleh memilih tempat pelaksanaan kegiatan AIS di provinsi Sulut.

Archipelagic and Island State (AIS) Forum 2019 di buka oleh Menteri koordinator bidang kemaritiman investasi republik indonesia Jenderal TNI (purn) Luhut Binsar Pandjaitan, ditandai dengan pemukulan tetengkoren.
Dilanjutkan penandatangan nota kesepahaman dari pihak grab dengan pemerintah provinsi sulut.

Kegiatan ini membuka peluang investasi bagi sulawesi utara terlebih kusus di pemerintah kabupaten/kota yang ada di provinsi sulut.

Dihadiri oleh 21 negara kepulauan,ketua TP PKK Prov Sulut, Bupati/Walikota se Provinsi Sulut dan seluruh OPD terkait.

Yvi

Share

Bupati ROR Uji Kompetensi Insinyur Profesional Utama

Ir Royke Octavian Roring MSi, salah satu dari lima anggota Persatuan Insinyur Indonesia Sulawesi Utara, yang mendapat kepercayaan untuk ikut uji kompetensi, dalam memperoleh gelar Insinyur Profesional Utama di Jakarta, Rabu 30/10/19.

Uji kompetensi yang dilaksanakan di Sekretariat Persatuan Insinyur Indonesia Pusat di jalan Percetakan Negara, diikuti juga oleh anggota dari DKI dan Aceh.

Lembaga Sertifikasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat, Rully Ardianto, mengatakan, setiap calon Insinyur Profesional baik itu pratama, madya dan utama akan mengikuti uji kompetensi.

Dikatakan pula gelar ini tidak mudah untuk disandang. Karena materi wawancara oleh tim cukup mendalam. Baik itu teori, pengalaman, dan perkembangan teknologi saat ini.

“Kalau calon itu gugur masih diberikan kesempatan untuk ikut dalam tahun-tahun akan datang. Untuk Sulawesi Utara dalam kesempatan ini ada lima calon yang dipanggil untuk ikut uji kompetensi.

Yang terpanggil Ir Royke Octavian Roring, Ir James Tondabala, Dr Ir Elisabeth Lintong MSi, Ir Lingkan Kawet, MSi, Ir Sartje Monintja MSi.

Sedangkan yang menjadi Tim penguji terdiri dari Ketua Badan Kejuruan Sipil (BKS) Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Bambang Goeritno MSc MPA IPU, Wakil Sekretaris BKS PII Ir Tulus Sukaryanto IPU, dan Wakil Ketua BKS PII Ir Samuel Sibarani MM IPU.

Dalam wawancara Bupati Royke Roring menjelaskan soal keberadaan danau Tondano. Didepan tim penguji dengan sistimatis Bupati juga memaparkan upaya-upaya pemerintah Kabupaten Minahasa menyelamatkan danau Tondano. Sekitar 47 menit Bupati Royke diwawancara oleh tim penguji.

Yvi

Share

Wabup RD Terima dan Saksikan Talent Show Waraney Wulan

Tondano, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, menerima dan menyaksikan Talent Show Waraney dan Wulan, pada selasa 29 Oktober 2019, bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tondano.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Robby Dondokambey bersukacita dalam menyambut HUT Minahasa Ke 591, sekaligus bangga dapat mengikuti Talent Show dan Penerimaan Finalis Waraney Wulan Minahasa dalam rangka HUT Minahasa ini.

Wabup RD Berharap kegiatan ini dijadikan media dalam rangka menemukan para generasi muda Minahasa yang memiliki kompetensi dan kualitas khususnya pada budaya dan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Minahasa.

Diapun berharap berharap ajang pemilihan waraney Wulan Minahasa ini menghasilkan duta-duta yang juga bersedia dan mampu terjun langsung dalam bidang sosial serta pendidikan

Bagi yang nanti tidak terpilih sebagai Wulan dan Waraney Wabup RD Mengutip Pesan Presiden Soekarno yakni Hidup bukanlah tentang aku bisa namun tentang aku mencoba. Jangan pikirkan tentang kegagalan itu, tapi ambil pelajaran. Jadilah pelopor dan teladan dalam segala hal agar hidupmu dapat memberi dampak dan berkat bagi banyak orang,” pesannya.

Wabup RD juga berpesan untuk menghindari narkoba, seks bebas, minuman beralkohol, menggunakan media sosial dengan bijaksana

Hadir Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady Kandouw SE, Ketua TP PKK Minahasa Dra Fenny Roring-Lumanauw SIP, Wakil Ketua TP PKK Minahasa Martina Dondokambey -Lengkong, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten minahasa Drs Teddy Sumual MAP, Jajaran Pemerintah Minahasa, 58 Peserta Waraney dan Wulan 2019, Keluarga Peserta dan Penonton.

Yvi

Share

Pemkab Minut Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

Airmadidi,KLABATNEWS-Sekretaris Daerah Minahasa Utara Ir Jemmy Kuhu, Senin (28/10) bertindak sebagai inspektur upacara dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, di lapangan kantor bupati Minut.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan Kuhu generasi muda diingatkan untuk mampu membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maximilian Tapada menyatakan peringatan Sumpah Pemuda mengingatkan perjuangan generasi muda terdahulu untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Upacara diikuti oleh Kepala-kepala SKPD, ASN, Mahasiswa, pelajar, KNPI Minut dan masyarakat. (*)

Share

Pemerintah Minahasa Gelar Sosialisasi Ketaspenan dan Pembekalan Wirausaha

Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar Sosialisasi Ketaspenan dan Pembekalan Kewirausahaan bagi ASN yang akan memasuki Purna Tugas di Kabupaten Minahasa, Selasa, 29 Oktober 2019, bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tondano

Dihadiri dan dibuka Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya manusia (BKPSDM) kabupaten Minahasa Drs. Moudy Pangerapan MAP,
Kepala PT. Taspen Kantor Cabang Manado Puspo Rini, dan sebagai narasumber Direktur Utama Bank Dana Raya Dave Pinontoan, Wirausahawan Ir. Amos F. Kenda MSi, Kepala Bidang Layanan dan Manfaat Taspen Manado Sunarto Hutagaol, serta ASN yang akan memasuki masa Purna Tugas.

Sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan Kepala BKPSDM Kabupaten Minahasa Moudy Pangerapan, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada PT. Taspen kantor cabang Manado, telah mengagendakan pelaksanaan kegiatan ini untuk peningkatan pengetahuan bagi ASN yang akan memasuki purna tugas di Kabupaten Minahasa.

Pemerintah telah berupaya meningkatkan kesejahteraan ASN, sebagaimana yang diamanatkan dalam undang undang nomor 5 tahun 2014, tentang aparatur sipil negara khususnya pada pasal 7. Disebutkan Bahwa pemerintah berkewajiban untuk memberikan perlindungan dan kesejahteraan pada PNS.

Salah satu bentuk dari kewajiban tersebut adalah memberikan jaminan pensiun dan jaminan hari tua. Dalam hal ini PT. Taspen merupakan BUMN Yang khusus ditugaskan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan dua jenis program jaminan tersebut.

“Sangat diharapkan PT Taspen dapat memberikan kemudahan layanan kepada pensiunan, khususnya di bidang Ketaspenan dengan program program unggulannya untuk pensiunan, sehingga pensiunan ASN Minahasa dapat mengembangkan diri dengan program program yang telah disusun lewat Kewirausahaan.” Katanya.

“Kegiatan sosialisasi ini ditujukan juga untuk mencegah adanya ketakutan setelah Purna tugas. Mungkin bagi yang memiliki waktu Luang, dapat dimanfaatkan dengan berwirausaha.” Kata Pangerapan.

“Kami berharap agar para ASN yang memasuki Purna tugas mengetahui hak hak apa saja yang diterima setelah memasuki masa pensiun, dan kewajiban apa yang masih harus dipenuhi setelah purna tugas, karena seringkali banyak informasi yang tidak benar terkait pengurusan tabungan pensiun.” Lanjutnya.

“Untuk Pengurusan Administrasi Pensiun harus 1 tahun sebelum masa pensiun/batas usia pensiun, dan dalam kepengurusan Administrasi Pensiun di BKPSDM Kabupaten Minahasa tidak di pungut biaya atau gratis.” Pungkasnya.

Yvi

Share

Launching Sistem Informasi Desa, Wabup RD Harapkan Pelayanan Prima

Minahasa, Pemerintah Kabupaten Minahasa Launching Sistem Informasi Desa, selasa 29 Oktober 2019, bertempat di Desa Leilem Kecamatan Sonder Minahasa.

Hadir Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MM, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Agustifo Tumundo SE MSi, Sekretaris Dinas PMD Jefri Tangkulung SH MAP, Staf Khusus, Camat, Hukum Tua Se-kabupaten Minahasa, Pdt. Meilani Kumaat Pengemanan STh, juga Peserta.

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, mengatakan, Perubahan sosial dan ekonomi yang begitu pesat menuntut penyelenggara pemerintahan melakukan berbagai penyesuaian. Mengantisipasi perubahan zaman, revolusi industri 4.0 ( Four Point Zero ), untuk pelayanan lebih baik.

“Aplikasi sistem informasi desa digunakan membantu kinerja pemerintah desa, agar lebih efisien dalam pengelola administrasi dan data desa.”

Sistem informasi desa merupakan langkah awal mengembangkan desa digital. Teknologi dimanfaatkan untuk melayani masyarakat.

Sistem ini diharapkan membantu pelayanan masyarakat, melalui keterbukaan informasi secara digital di seluruh kabupaten minahasa.

Sistem informasi ini pertama kali di Provinsi Sulawesi Utara, dan diharapkan dapat memberikan pelayanan prima dan menjadi tolak ukur, dan rencananya sistem ini akan dikoneksikan kejaringan sistem-sistem informasi manajemen daerah lainnya.

“saya berpesan untuk meningkatkan kualitas kerja, terus berinovasi, manfaatkan secara bijak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk menciptakan tatakelola pemerintah yang baik di kabupaten minahasa,” pungkasnya.

Yvi

Share

Fenny Berharap Ada Utusan Wulan Untuk Putri Indonesia

Minahasa, Ketua TIM Pengegerak PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny Ch M. Lumanau SIP menjadi pembicara dalam karantina Pemilihan Waraney Wulan Tahun 2019, bertempat di Mercure Manado Tateli Resort, Senin (28/10/19) kemarin.

Fenny membawakan materiĀ  tentangĀ  Etika Kepribadian dan Syarat Seorang Duta. Dihadapan 58 Peserta finalis Waraney dan Wulan.

Menurut Fenny Etika Kepribadian sangat penting dan sangat berkaitan dengan syarat seorang duta.
Dalam kehidupan kita memiliki nilai dan norma yang harus kita taati sebagai makluk sosial.

“Dimana sebagai makhluk sosial kita akan melakukan interaksi. Dalam interaksi tersebut terdapat hubungan suatu pandangan tentang baik buruk perilaku, sifat, atau watak manusia.” Ujarnya.

“Oleh karena itu, manusia harus beretika agar mempunyai pandangan dan tidak terjerumus dalam pandangan yang tidak seharusnya kita ikuti.”

Lanjut Fenny, Etika juga berperan penting dalam kehidupan sosial, yaitu apabila kita menghormati dan menghargai orang lain, maka orang lainpun melakukan yang sama terhadap kita. Serta menjadi manusia yang bermoral.

“Dari ajang Pemilihan Wulan dan Waraney ini saya juga berharap ada yang bisa di utus sebagai Putri Indonesia,” pungkasnya.

Yvi

Share