Saturday, 16 November 2019

Archive for: September 18th, 2019

Forkopimda Minut Gelar Rakor Bahas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Vonnie Anneke Panambunan bersama Kapores Minahasa Utara AKBP Jefri Siagian SIK, Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat serta Kepala BPBD Ir Jovita Supit, Rabu 18 September 2019 melakukan rapat koordinasi (Rakor) di salah satu tempat di Airmadidi.

Rakor tersebut membahas pencegahan dan progress penanganan kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Klabat
Pada pertemuan itu, bupati menyampaikan terima kasih kepada Kapolres, Dandim serta seluruh personil TNI Polri, Dinas Sat Pol PP dan Damkar, ASN, serta masyarakat yang sudah masih terlibat dalam memadamkan api di kawasan gunung Klabat yang terbakar. “Terima kasih kepada semua yang pihak yang terlibat memadamkan api,” kata bupati.

Bupati menghimbau agar siapapun jangan sembarang membakar lahan di kawasan gunung Klabat karena resiko kebakaran hutan merugikan semua pihak. Pemerintah Kabupaten mengajak semua elemen untuk peduli gunung Klabat untuk tidak membakar lahan di kawasan Gunung Klabat. “Darurat kebakaran hutan harus dicegah dan diantisipasi bersama,” kata Panambunan. (🙏)

Share

Bupati Vonnie Panambunan Terima Kunjungan Tim Media Informasi Kemendes PDTT

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Vonnie A Panambunan, Rabu 18 September 2019 menerima kunjungan tim media informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI .

Dalam pertemuan tersebut membahas soal pengembangan Desa Wisata Budo, Kecamatan Wori. Bupati menyatakan mendukung penuh giat Inovasi Desa Budo, Kecamatan Wori sebagai Desa Wisata dalam bingkai program kegiatan Inovasi Desa Kemendes PDTT.

“Salut dengan program Kemendes PDTT dengan giat inovasi desa, dalam rangka menggali dan mengembangkan desa dengan berbagai inovasi masing-masing. Pemerintah kabupaten tetap mendukung inovasi Desa Budo sebagai desa wisata, beserta Desa Bahoi Likupang Barat yang sudah duluan sebagai wisata. Pemda mendukung penuh Inovasi Desa Budo sebagai Desa Wisata. Pemda juga sangat mendukung inovasi desa, yang merupakan progaram kegiatan Kementerian desa,” kata bupati.

Bupati juga mengajak desa-desa yang lain di Minahasa Utara, untuk melahirkan spot atau objek wista baru, sebagai daya tarik wisatawan. Hal ini tentunya bersinergis dengan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Pulisan Likupang yang sementara dikembangkan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Pusat.

“Marilah desa-desa seputaran Wori dan Likupang berinovasi dan buatlah objek-objek wisata baru sehingga menjadi menarik untuk dikunjungi,” kata Panambunan.(*)

Share

Forkopimda Minut Gelar Rakor Bahas Pencegehan dan Penanggulangan Kebakaran

Airmadidi,Bupati Vonnie Anneke Panambunan bersama Kapores Minahasa Utara AKBP Jefri Siagian SIK, Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat serta Kepala BPBD Ir Jovita Supit, Rabu 18 September 2019 melakukan rapat koordinasi (Rakor) di salah satu tempat di Airmadidi.

Rakor tersebut membahas pencegahan dan progress penanganan kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Klabat
Pada pertemuan itu, bupati menyampaikan terima kasih kepada Kapolres, Dandim serta seluruh personil TNI Polri, Dinas Sat Pol PP dan Damkar, ASN, serta masyarakat yang sudah masih terlibat dalam memadamkan api di kawasan gunung Klabat yang terbakar.

“Terima kasih kepada semua yang pihak yang terlibat memadamkan api,” kata bupati.

Bupati menghimbau agar siapapun jangan sembarang membakar lahan di kawasan gunung Klabat karena resiko kebakaran hutan merugikan semua pihak. Pemerintah Kabupaten mengajak semua elemen untuk peduli gunung Klabat untuk tidak membakar lahan di kawasan Gunung Klabat. “Darurat kebakaran hutan harus dicegah dan diantisipasi bersama,” kata Panambunan. (🙏)

Share

Pembukaan Pelangi Nusantara Dihadiri Bupati ROR

Manado, Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring M.Si menghadiri pembukaan Pelangi Nusantara 2019, pada Rabu 18 September 2019, bertempat di kawasan pohon kasih mega mas.

Turut Hadir Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, Asisten Potensi Dirgantara Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Muda Nasirsyah, Wakil Aspotdirga Marsekal Pertama TNI Timbang Sembiring Miliala, Forkopimda Prov Sulut, Sekda Prov Sulut, Walikota Manado, dan Para Atlet.

Dalam Sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, menyampaikan sulawesi utara merupakan salah satu propinsi kepulauan di indonesia yang terletak diujung utara Negara Kesatuan Republik Indonesia tentunya lokasi yang sangat strategis, dimana kegiatan Pelangi Nusantara di laksanakan di sulawesi utara sekaligus juga kegiatan PraPon 2020 yang nantinya akan diselenggarakan di sulut khususnya untuk cabang olahraga terjun payung.

“Hal ini sangat membanggakan kami semua khususnya masyarakat nyiur melambai, semoga kegiatan ini berjalan lancar sampai dengan tanggal 27 september. Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat sulawesi utara kami ucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan pelangi nusantara di sulawesi utara.” Ujarnya.

Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi atas nama pemerintah kabupaten minahasa menyampaikan terimakasih, dimana kegiatan pelangi nusantara bisa dilaksanakan di sulawesi utara dan nantinya pada hari jumat mereka akan tampil diminahasa dengan memilih tempat pelaksanaan pelangi nusantara ke 55.” kegiatan ini bisa membantu para pelajar dan atlet atlet terjun payung, paralayang agar supaya mereka bisa termotifasi.” Pungkasnya.

Yvi

Share

Paula Runtuwene Diharapkan Pimpin Unima Dua Periode

Unima, Semenjak Terpilih dan Dilantik Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) oleh Prof. H, Mhamad Nasir PhD. Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) Prof. Dr. Paulina JA Runtuwene MSi DEA, Memasuki tahun ketiga (3) memimpin.

Rektor Unima Prof. Dr. Paulina JA Runtuwene, MSi, DEA, dilantik pada 02 September 2016, untuk masa periode 2016 – 2020.

Prof Runtuwene yang juga adalah Istri Walikota Manado Dr. Ir. GS Vicky Lumentut, MSi. DEA, telah berhasil menorehkan sejumlah keberhasilan dan mengembalikan kepercayaan Masyarakat yang dahulunya sempat Anjlok.

”Memang kita akui tahun 2016 minat Mahasiswa masuk UNIMA mengalami keanjlokan, bukan saja karena masa transisi namun persoalan lalu yang sempat memudarkan kepercayaan masyarakat terkait UNIMA ,namun setelahnya 2017 sampai saat ini ada peningkatan secara signifikan. Animo tamatan SMA masuk ke UNIMA lebih baik dan mungkin lebih banyak dari Universitas lain di Sulut,” Ujar Pembantu Rektor 4 Ronny Tuna.

Sementara Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Jemmy Tombokan (JT) menjelaskan perencanaan dalam memajukan UNIMA ini tidak cukup, jika kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Paulina JA Runtuwene, MSi, DEA, hanya satu periode.

” Sangat mustahil satu periode bisa tuntas segala perencanaan yang dibuat, Kalau ingin tuntas segala perencanaan untuk kemajuan UNIMA ini bisa tercapai maka Rektor harus memimpin dua periode,” Jelas Tombokan.

Menurutnya, jika hanya sampai di satu Periode kepemimpinan Rektor ini maka segala perencanaan pasti akan terbengkalai dan dimulai dari awal lagi.

“Kita tahu bersama, kalau diganti pimpinan maka setiap perencanaan dimasa lalu akan terabaikan dan kita tidak mengiginkan hal itu terjadi, Saya sebagai Dosen FIP Jemmy Tombokan mendukung sepenuhnya akan kepemimpinan Bu Rektor Dua Periode,” katanya.

Dukungan dua periode atas kepemimpinan Rektor Runtuwene memimpin Unima menurut JT sangat beralasan, disamping meningkatnya sarana prasarana belajar, Kebebasan berpendapat Mahasiswa diutamakan, sementara mutu pendidikan di Universitas ini bukan saja diincar warga Sulawesi Utara namun Daerah luar Sulawesi Utara pun menaruh kepercayaan kepadanya.

” Adapun alasan lain terkait dukungan saya ke Ibu Rektor, karena setiap program ada peningkatan. Sarana prasarana dan mutu pendidikan sangat nampak terlihat begitupun kedisiplinan dalam perkuliahan, jalan. Dari segi pembangun Infrastruktur juga ada peningkatan sampai pada jumlah mahasiswanya, dan yang paling membanggakan pula Program Profesi Guru (PPG) di Unima bisa terbuka kembali, bahkan minat Daerah luar untuk PPG kini semakin meningkat, itu tandanya kualitas kita sudah tidak bisa diragukan lagi,” jelasnya.

Data terakhir yang sempat dihimpun, Unima sendiri pada bulan september kedatangan 553 Guru asal Papua yang melanjutkan Studi Sarjana Kependidikan Guru atau Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan (PSKGJ) yang masing-masing berasal Kabupaten Dogia sebanyak 120 orang, Kabupaten Yapen sebanyak 263 orang, Paniai 113 orang serta Dari Tamberau sebanyak 37 orang yang telah selesai study dan tinggal menunggu wisuda

Yvi

Share

Kegiatan International Training Program di Tomohon

Tomohon, Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak., CA menghadiri kegiatan International Training Program yang dilaksanakan di Hotel Villa Emitta Tomohon, pada selasa 17 September 2019.

Kegiatan ini mengambil tema “The Strengthening of Child Health Handbook Implementation in Collaboration with Professional Organization”

Dalam Laporan Panitia Penyelenggara International Training Program dr. Ni Made Niah, MKM, mengatakan, bahwa International training program on MCH Handbook diselenggarakan setiap tahun, sejak tahun 2008, hingga tahun ini telah 11 kali menjadi tuan rumah dengan peserta dari 15 negara.

ITP diselenggarakan atas dukungan JICA kepada Pemerintah Indonesia, yang ditunjuk menjadi tuan rumah karena telah berhasil mengintegrasikan Buku KIA ke dalam program nasional.

Sementara itu dalam sambutannya Walikota Jimmy Eman mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yang telah memilih Kota Tomohon sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini sekaligus tempat lokasi kunjungan lapangan bagi peserta untuk melihat dan belajar bagaimana implementasi penggunaan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), di fasilitasi kesehatan yaitu di puskesmas dan rumah sakit serta di posyandu.

Tujuan kegiatan ini yaitu para Peserta mendapatkan pembelajaran tentang penerapan Buku KIA di Indonesia, penerapan di tingkat masyarakat, fasilitas kesehatan dasar dan rujukan. Peserta mendapatkan pembelajaran menjalin kolaborasi dengan organisasi profesi atau stakeholder terkait Buku KIA.

Kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan acuan dan metode pembelajaran bersama sebagaimana untuk memperkuat pelayanan kesehatan ibu dan anak melalui pemanfaatan buku KIA.

Dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, M.Sc. Perwakilan Kementerian Kesehatan RI Ibu dr. Ni Made Diah, MKM., Perwakilan Kementerian Sekretariat Negara RI Bapak Egi Dilianda, Perwakilan JICA Headquarter Japan Ms. Keiko Osaki, JICA MHC Project Indonesia Ms. Aya Hasegawa, Perwakilan negara Afghanistan, Kamboja, Laos dan Tajikistan, Perwakilan Provinsi Banten, Jawa Tengah dan Sulawesi Utara.

Yvi

Share