Saturday, 16 November 2019

Archive for: September 17th, 2019

Family Gathering dan Wisuda KPM Kota Tomohon

Tomohon, Pemerintah Kota Tomohon menggelar Family Gathering dan Wisuda Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Graduasi Mandiri Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2019, pada selasa 17 september, bertempat di GOR Babe Palar Tomohon.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw, Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Utara Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan, Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak., CA., Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Ketua Dharma Wanita Sulawesi Utara Ibu Ivone Silangen-Lombok, Kadis Sosial Sulawesi Utara Rinny Tamuntuan, Kadis Sosial Daerah Kota Tomohon dr. John Lumopa, M.Kes., General Manager Telkom Wilayah Sulut Malut Bapak Lonely Baringin dan Para Peserta Gathering dari Keluarga Penerima Manfaat.

Pada Kesempatan ini diserahkan bantuan kursi roda dan alat bantu berjalan kepada yang layak menerima

Dalam sambutannya Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, mengatakan, Program Keluarga Harapan adalah program pemberian uang non tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat berdasarkan ketentuan dan persyaratan yang telah ditetapkan.

“Tujuan Program Keluarga Harapan adalah untuk mengurangi angka dan memutuskan rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yg kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin.” Ujarnya.

Sementara itu dalam Sambutan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan bahwa Kegiatan Family Gathering yang terselenggara saat ini, merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk menyelaraskan dan menyamakan arah, serta menyamakan persepsi dalam mencapai sasaran program keluarga harapan dalam mendukung mencapai pembangunan di daerah.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berharap kegiatan ini dapat menghasilkan rumusan-rumusan cerdas, kreatif dan inovatif, terkait pelaksanaan program keluarga harapan ke depan.

Yvi

Share

Tim Verifikasi Kota Sehat Kunjungi Tomohon

Tomohon, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Tomohon Ir. H.V. Lolowang, M.Sc menerima kunjungan Tim Verifikasi Kota Sehat, pada selasa 17 september 2019 bertempat diruang rapat Kantor Walikota Tomohon.

Turut Hadir Anggota DPRD Tomohon Erens Kereh, AMKL, perwakilan dari Biro Kesra Prov. Sulut dr. Voldha A. Welan, perwakilan dari Dinas Kesehatan Prov. Sulut Jenne Mandu, SKM, perwakilan Bappeda Prov Sulut Dra. Yanny Palit, SE. Ketua Forum Kota Sehat Kota Tomohon Drs. Yohan Sambuaga, para Asisten Setda Kota Tomohon serta seluruh Kepada Perangkat Daerah Kota Tomohon.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman,SE.Ak, CA diwakili Sekretaris Daerah Ir. H.V. Lolowang, M.Sc dalam sambutannya memberikan dukungan sepenuhnya pada Program Kota Sehat, karena program ini memberikan manfaat langsung dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan melalui upaya pemberdayaan masyarakat, dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam keluarga serta di lingkungan masing masing.

“Program ini menjadi harapan pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan Kota Tomohon menuju Kota Sehat dan terus berupaya lebih banyak lagi mensosialisasikan bentuk hidup bersih dan sehat di tengah-tengah masyarakat.” Katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Ibu Dewi Marlina mengapresiasi upaya keseriusan pemerintah Kota Tomohon dalam menghadapi verifikasi kota sehat saat ini.

Harapan Konsep kota sehat ini tidak hanya memfokuskan pada pelayanan kesehatan yang lebih ditekankan pada suatu pendekatan kondisi sehat dan problem sakit saja, tetapi juga kepada aspek menyeluruh yang mempengaruhi kesehatan masyarakat, baik jasmani dan rohani.

Yvi

Share

Bupati ROR Terima Kunjungan Tim Verifikasi Kabupaten Sehat, Minahasa Target Swasti Saba Wiwerda

Tondano – Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, MSi (ROR) optimis Pemkab Minahasa tahun 2019 ini bisa meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda. Optimisme itu ditegaskan Bupati ROR saat menerima kunjungan dari Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan RI di Kabupaten Minahasa bertempat di Rudis Bupati, pada Senin 17 September 2019.

“2015 lalu, Minahasa telah mendapatkan penghargaan kabupaten/kota sehat tingkat pemantapan, berupa Swasti Saba Padapa. Diharapkan, tahun ini, bisa naik ke tingkat pembinaan, Swasti Saba Wiwerda,” kata ROR.

Bupati Minahasa mengatakan bahwa kabupaten/kota sehat merupakan program unggulan Kemendagri dan Kemenkes RI. Program ini bertujuan mewujudkan kondisi masyarakat hidup bersih, nyaman, aman dan sehat. “Program ini dibutuhkan peran aktif dan kontribusi langsung masyarakat,” katanya.

Sementara Kadis Kesehatan Minahasa dr. Maya Rambitan menyebutkan, pada tahun 2018 hingga saat ini, Pemkab Minahasa telah melakukan persiapan untuk diajukan verifikasi tingkat nasional pada 5 (lima) tatanan.

“Lima tatanan itu, pemukiman sarana dan prasarana umum sehat, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, dan kehidupan sosial yang sehat, ketahanan pangan dan gisi, pariwisata sehat dan lalulintas tertib dan pelayanan transportasi,” jelasnya.

Tim Verivikator Kabupaten Sehat dari Kementerian Kesehatan RI yang dipimpin Diana Nurhayati menjelaskan hingga saat ini sudah dalam proses verifikasi, sebelumnya proses administrasi Kabupaten Minahasa sudah dianggap baik dan lolos hingga tahap verifikasi.

“Dalam dua hari ini kami bersama tim akan lakukan pengecekan tentang bagaimana program-program kabupaten sehat di Kabupaten Minahasa. Semoga hasilnya adalah yang terbaik bagi Minahasa,”ungkapnya.

Bupati Minahasa didampingi Pj. Sekda Minahasa Frits Muntu, Ketua Tim pembina Kabupaten Sehat Kadis Bapelitbangda Philips Siwi, Sekretaris dr. Maya Rambitan M.kes Plt. Kadis kesehatan, Asisten I Denny Mangala, Asisten II Donald Wagey, Kadis Pendidikan Riviva Maringka, Kadis Lingkungan Hidup Wenny Talumewo, Kadis Pangan Shuban Torar, Kadis Perhubungan Hengky Kaunang, Kabag Humas dan Protokol Maya Kainde, Kabag TUP Lonna Wattie, Jeane Mandu , SKM ( Dinkes Prov), Dra. Feibe Rondonuwu MSi ( Kabid Pemerintahan sosial dan budaya Bappeda Prov Sulut).

Yvi

Share

Peringatan HUT Perhubungan Nasional di Kabupaten Minahasa

Tondano, Pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Perhubungan Nasional Ke-74 Sulawesi Utara, dilaksanakan dalam Upacara di Kabupaten Minahasa, yang dipimpin oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Pada selasa 17 September 2019.

Dalam Sambutan Menteri Perhubungan RI yang di sampaikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, mengatakan bahwa upacara bendera kali ini tentunya memiliki makna yang mendalam bagi kita untuk melakukan instrospeksi atas pelaksanaan tugas disektor perhubungan.

“Peringatan Harhubnas dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali terhadap kinerja kita, dan berbagai peristiwa yang terjadi disektor perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.”

“Oleh karena itu saya menyambut baik tema hari perhubungan nasional tahun 2019 ini yaitu “Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Nyata Insan Perhubungan Untuk Indonesia Unggul Indonesia Maju” untuk mempresentasikan bagaimana seluruh elemen pembangunan transportasi diseluruh pelosok tanah air.

“Saya berharap peringatan Harhubnas dapat menjadi wahana meningkatkan prestasi, memperkokoh rasa persatuan, persaudaraan, dan kekeluargaan segenap insan perhubungan dimanapun berada. Serta semoga semangat harhubnas ini dapat meningkatkan memberi semangat kerja bagi pembangunan transportasi diseluruh pelosok tanah air,” kata Gubernur Sulut

Turut di hadiri Bupati Kabupaten Minahasa Ir Royke O. Roring, Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Iskandar Kamaru, Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Robby Dondokambeu SSi MM, Wakil Bupati Minahasa Selatan Frangki Wongkar, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady Kandouw SE, Pj Sekretaris Kabupaten Minahasa Frist Muntu S.Sos, Kadis Perhubungan Provinsi Sulut Dr. Linda Watania MM MSi, Kadis Perhubungan Kabupaten Minahasa Ir Hendrik Kaunang, Para KadisHub Kabupaten Kota Se Sulut, Para Kepala UPT Kementrian Perhubungan Se Prov Sulut, Para KasatKer / KasatPel UPT Kementerian Perhubungan, para Kepala Cabang BUMN Perhubungan se-Prov Sulut, ASN Minahasa serta peserta upacara lainnya.

Yvi

Share