Saturday, 16 November 2019

Archive for: September 12th, 2019

Terjadi Kebakaran Beberapa Lokasi, Pemerintah Minahasa Himbau Agar Waspada

Minahasa, Pemerintah Kabupaten Minahasa, Melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Maya Marina Kainde SH MAP, menyampaikan kembali terjadi kebakaran di empat titik di Kabupaten Minahasa, pada kamis 12 september 2019.

Terjadi di Perbatasan Manado-Sawangan (ringroad), Kelurahan Tolour Kecamatan Tondano Timur,
Puncak Gunung Batu Desa Sea, Perkebunan Patar Wilayah Warembungan (dibawah bukit Makatete sebelah barat).

Menurut Kainde, Pemerintah Kabupaten Minahasa bersama Dandim 1309, Perwakilan Dandim 1302, Perwakilan Polri, Kasat PolPP dan anggota, Kadis Damkar dan Anggota, BPBD, Camat dan Jajaran Setempat, Kapolsek dan Danramil setempat memantau langsung dan menangani kebakaran-kebakaran yang terjadi.

Kebakaran di Perkebunan Patar Wilayah Warembungan (dibawah bukit Makatete sebelah barat) Kecamatan Pineleng tepatnya dilahan perkebunan kelapa , dimana jarak titik api ke perumahan terdekat kurang lebih 200 Meter. dan Kebakaran di Puncak Gunung Batu Desa Sea, api berjarak kurang lebih 2 KM dari permukiman desa Sea. Api cepat berpindah-pindah mengelilingi bukit karena angin yang begitu kencang.

“Berbagai upaya dilakukan agar api tidak melebar dan mendekati permukiman dan perkebunan warga. Damkar Minahasa terus berupaya memadamkan api, Camat Pineleng juga menugaskan perangkat desa Warembungan dan beberapa masyarakat untuk turut mencegah meluasnya api.” Kata Kainde.

Pemerintah setempat juga akan membuat posko pengendalian di desa Warembungan dan desa Sea, BPBD akan terus memantau lokasi rawan kebakaran. Serta diharapkan koordinasi antara Damkar Minahasa dengan Damkar Kota Manado untuk siaga unit mobil apabila kembali terjadi kebakaran.

“Dengan banyaknya kasus kebakaran yang terjadi disekitar wilayah Kabupaten Minahasa, Pemerintah terus memberitahukan dan menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok yang masih menyala, jangan membakar ranting dan sampah lalu dibiarkan, mengontrol pemakaian alat elektronik yang dapat memicuh terjadinya tegangan tinggi (korsleting) memperhatikan pemakaian kompor gas, serta tetap waspada dimusim kemarau yang berkepanjangan ini.” Pungkas Maya.

Yvi

Share

Sosialisasi KIM Digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Minahasa

Tondano – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi diwakili Asisten II Sekdakab Drs Hanes Donald Wagey MBA membuka dengan resmi Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa pada Kamis, 12 September 2019 di Aula Wale Imanuel Koya, Kecamatan Tondano Selatan.

Kegiatan yang diawali dengan laporan Kepala Dinas Kominfo Agustivo Tumundo SE MSi ini diikuti oleh para tokoh masyarakat utusan Desa/Kelurahan mewakili 25 Kecamatan di Minahasa, dengan Nara Sumber Staf Khusus Bupati Minahasa Bidang Komunikasi Publik Ir Adi Palit dan Kabid Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Sulut Drs John Rembet MSi.

Dalam sambutannya Bupati ROR melalui Asisten II Donald Wagey mengapresiasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi pengembangan dan pemberdayaan kelompok informasi masyarakat ini karena memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya suatu informasi.

Dikatakan Wagey, selain itu akan memperluas akses informasi melalui kelompok informasi masyarakat dan mendorong tumbuh kembangnya informasi masyarakat secara mandiri sebagai wahana informasi.

“Kelompok informasi masyarakat merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam menyampaikan informasi tentang perkembangan dan pembangunan serta dapat menambah pengetahuan guna menjadi lebih baik kedepannya” ungkap Wagey.

Ditambahkannya, dalam rangka menunjang perwujudan indonesia yang demokratis serta masyarakat yang peduli dan memahami informasi, maka masyarakat perlu diberdayakan dalam hal pengelolaan informasi secara demokratis guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan kebijakan pemerintah.

Diharapkan Wagey, pembentukan kelompok informasi masyarakat berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat, serta menjembatani masyarakat dan pemerintah daerah dalam penyebaran informasi dan penyerapan aspirasi.

Diharapkannya, KIM ini dapat memberikan informasi hasil pembangunan yang sedang atau sudah dilaksanakan oleh pemerintah, serta sebagai mitra dialog dengan pemerntah dalam merumuskan kebijakn publik. Sehingga pemerintah daerah mengharapkan sosialisasi pemberdayaan kelompok informasi masyarakat KIM nantinya dapat memberikan pemahaman serta menyamakan persepsi dan juga menjadi salah satu solusi alternatif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam berbagai sektor.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Tondano Selatan Johnny Tendean AP MAP, Camat Tondano Barat Robert Ratulangi SPd, Sekretaris Diskominfo Dra Sonya Lolowang, Kabid Informasi Komunikasi Publik Jeffry Wauran SSos, Kabid Teknologi Infokom Erker Aguw SKom, Kabid e-Government Gogen Ngantung SE dan Kabidbud Persandian dan Statistik Buslar Sanger SE.

Y

Share

Wabup RD Pimpin Sidang Panitia Pertimbangan Landreform

Tondano, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MM memimpin Sidang Panitia Pertimbangan Landreform Kabupaten Minahasa Tahun 2019, pada Kamis 11 September 2019 di Ruang Rapat Wakil Bupati Minahasa.

Dalam arahan wakil bupati minahasa menyampaikan sebagai pemerintah kabupaten Minahasa menanggapi hal ini sehingga kedepan rakyat minahasa akan lebih diperkuat dengan kepemilikan tanah, mengapa karena kita tahu bersama program yang akan dilaksanakan pertanahan ini sangat dibutuhkan bagi rakyat minahasa.

Himbauan kami objek objek landreform tolong dibantu, untuk kepemilikan harus diinventaris betul, saya mohon ditunjang penuh oleh panitia, Dimohon kepada camat kepala desa supaya target bisa selesai sesuai waktu yang ditetapkan.

“Atas nama pemerintah kabupaten minahasa menyampaikan terima kasih kepada kepala kantor BPN dan Tim Proses redistribusi bisa berlangsung dengan baik untuk rakyat kabupaten minahasa harapan kedepan kiranya kerjasama yang sudah terjalin baik, semuanya untuk kemajuan kabupaten minahasa” ungkap Wabup.

Kepala kantor BPN Minahasa Remilin Sinurat SH memaparkan tugas tugas yang ada di antaranya memastikan letak, status, luas, penggunaan, penguasaan, kesesuaian rencana tata ruang, dan kondisi tanah “clean and clear”

Hal hal yang dibahas dalam rapat diantaranya redistribusi tanah desa ranotongkot timur, dan ranotongkor kecamatan tombariri timur, dengan permasalahan beberapa bidang tanah yang sudah permukiman tetapi RTRW pertanian ; beberapa bidang tanah merupakan tanah terbuka (tanah kapling) tetapi RTRW masih pertanian.

Dan Redistribusi desa kumu dan desa teling kecamatan tombariri. Diharapkan kedepannya RTRW menjadi kawasan pemukiman.

Turut dihadiri Asisten Pemerintahan dan kesra Dr Denny Mangala MSi, Kadis PUPR Novry Lontaan ST, Camat Tombariri Timur Herlyana N Rori SE, Camat Tombariri John Kapoh MSi, Hukum Tua Kumu, Hukum Tua Teling, Hukum Tua Ranotongkor, Hukum Tua Ranotongkor Timur, BPKH Wil. VI. Ka. Bapelitbangda Philip siwi SE, kabag pemerintahan dan OTDA David Mangundap SE, Kabag Hukum Willem Nainggolan SH MM, kabag Humas dan protokol Maya M Kainde SH MAP, ketua umum dewan himpunan kerukunan tani kabupaten Minahasa.

Yvi

Share

Pemerintah Kabupaten Minahasa Peroleh Penghargaan EPT2

Jakarta, Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, selaku ketua PII sulut usai acara Cafeo, menyempatkan hadir di acara kerja sama pemerintah indonesia FAO-USAID, pada kamis 12 September di Jakarta.

FAO-USAID dalam rangka mendukung pencegahan dan pengendalian ancaman pandemi global, Kabupaten Minahasa dalam hal ini menerima penghargaan sebagai pemerintah daerah yang mendukung Penerapan One Health Program Emerging Pandemic Threats – EPT2, Yang diserahkan oleh kepala perwakilan badan pangan dan pertanian perserikatan bangsa bangsa (FAO) indonesia Stephen Rugard.

Acara ini dibuka oleh dirjen petenakan dan kesehatan hewan Dr DRH.I Ketut Diarmita.MP

Organisasi Pangan Dan Pertanian Perserikatan Bangsa bangsa (FAO) memberikan apresiasi kepada bupati minahasa, serta memberikan ucapan selamat dalam mendukung program pencegahan dan pengendalian ancaman pandemi global, serta penerapan one health program emerging pandemic threats EPT2.

Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan informasi dalam Pencegahan dan menangani penyakit baru yang muncul dari hewan yang bisa mengancam kesehatan manusia tepat pada sumbernya. EPT-2 mendukung Peraturan Kesehatan Internasional dan meningkatkan kapasitas Indonesia untuk mencegah, mendeteksi, dan merespons ancaman penyakit menular, yang merupakan tujuan utama dari Global Health Serta penyusunan prioritas strategis dalam pencegahan, deteksi dan respons kesehatan masyarakat dan ancaman penyakit yang menjadi perhatian bersama.

Program EPT-2 dikelola oleh USAID dan bekerjasama secara teknis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO). Selain kemitraan ini, USAID memiliki program yang memberikan dukungan teknis tambahan: PREDICT-2; One Health Workforce (OHW), dan Kesiagaan and Respons (P & R).

Yvi

Share

Dihadiri Bupati ROR, Presiden Jokowi Buka Cafeo

Jakarta, Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi selaku ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) wilayah Sulawesi Utara juga ketua PII cabang Manado Menghadiri Acara Puncak Conference of Asean Federation of Engineerings Organizations (CAFEO) Ke 37, pada Kamis 12/9/2019 bertempat di Arena Jiexpo Kemayoran Jakarta Pusat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Humas dan protokol Kabupaten Minahasa Maya Kainde SH MAP dalam siaran persnya, dia mengatakan acara ini dibuka langsung oleh Presiden RI Ir Joko Widodo.

Dalam kegiatan ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) Mendapat Penghargaan tertinggi dari organisasi insinyur 10 negara ASEAN, yang tergabung dalam Federation of Engineering Organizations (AFEO).

Menurut Ketua AFEO yang juga Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Heru Dewanto, mengatakan bahwa ini adalah penghormatan tertinggi yang diberikan kepada kepala negara untuk layanan dan kontribusi untuk profesi insinyur dan teknologi di negara mereka.

“Berkat berlakunya Undang-Undang Teknik, sekarang profesi Insinyur semakin kuat untuk maju, ini merupakan kontribusi luar biasa bagi para insinyur tanah air yang benar-benar bekerja di balik setiap proyek infrastruktur, dalam Perkembangan besar-besaran dan dampak positifnya di negara ini membuat Presiden Jokowi mendapatkan penghargaan ini,” katanya.

Ada pun penghargaan yang di berikan kepada Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad, dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen adalah penerima penghargaan yang sama sepanjang 37 tahun sejarah CAFEO.

CAFEO37 menurut Heru, lebih dari sekedar upacara tahunan di Tahun 2019, dan ini menjadi tahun yang penting bagi para insinyur Indonesia. Selain menjadi tuan rumah CAFEO, tahun ini adalah momentum bagi PII untuk memulai langkah pertama menuju transformasi rekayasa setelah diberlakukannya UU No.11 / 2014 tentang rekayasa dan Keputusan Presiden No.25 / 2019.

Sebagai langkah awal dalam mengimplementasikan komitmennya, PII membentuk Badan Akreditasi Pendidikan Teknik Indonesia (IABEE). IABEE telah mengakreditasi 32 program studi teknik di Indonesia dengan standar internasional sehingga lulusannya dapat disamakan di luar negeri.

Bupati Minahasa Ir Royke Okatavian Roring MSi selaku ketua PII wilayah sulawesi utara juga ketua PII cabang manado, Dalam Kegiatan Acara CONFERENCE of ASEAN Federation of Engineerings Organizations (CAFEO) ini, menanggapi bahwa sebagai mitra pemerintah yang diamanatkan oleh hukum, PII siap mendukung strategi pembangunan nasional dengan fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Untuk alasan ini, PII menyusun basis data insinyur pertama di Indonesia. Inventarisasi ini akan menjadi dasar untuk strategi membangun sumber daya manusia insinyur Indonesia di masa depan.” Pungkasnya.

YVI

Share

Satlantas Polres Minahasa Jaring 804 Pelanggaran Operasi Patuh

Tondano, Kepolisian Resort (Polres) Minahasa, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) selama melakukan Operasi Patuh Samrat 2019, telah menilang sebanyak 804 pelanggar yang didominasi Pengendara Roda Dua (Motor).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Satlantas Polres Minahasa AKP Andrew Kilapong, pada rabu 11 September 2019.

Dalam pelaksanaan Operasi Patuh Samrat menurut Kasat Lantas AKP Andrew Kilapong, yang dilakukan razia baik stasioner maupun Hunting system sebanyak 804 pelanggaran yang ditindak.

“Dari jumlah pelanggar yang ditindak masih didominasi oleh pengendara motor/ Roda Dua, baik tidak menggunakan helm, kelengkapan kendaraan dan surat-surat kendaraan.” Jelasnya.

Kilapong juga menghimbau kepada masyarakat, untuk tetap tertib berlalu lintas,” dan yang paling penting adalah memahami bahwa mentaati atau mengikuti peraturan lalu lintas adalah keselamatan bersama untuk semua pengguna jalan.” Pungkasnya.

Yvi

Share