Saturday, 16 November 2019

Archive for: September 8th, 2019

Ibadah Minggu di Leilem, Bupati ROR Ucapkan Terima Kasih, Sampaikan Bahaya Kebakaran dan Ucapkan Selamat

Leilem, Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring MSi bersama Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Minahasa Dra. Fenny Ch. Roring Lumanauw, SIP dan keluarga besar Roring – Waani Beribadah minggu di Jemaat GMIM Imanuel Leilem, pada minggu 8 September 2019.

Ibadah yang di pimpin oleh Pdt. Helmy Muaja Wowor, S.Th yang mengambil pembacaan dalam Kitab Wahyu 21 : 9 – 27. Dengan Perikop “Yerusalem Yang Baru”.

Selesai ibadah minggu dilanjutkan dengan ibadah Mingguan mengenang atas meninggalnya Alm Jemmy Nicolen Waani dalam keluarga Sela – Waani.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Ir Royke O Rorong MSi menyampaikan, atas nama keluarga sela waani, Roring Waani, waani pontoh dan waani pua, menyampaikan banyak terima kasih atas segala perhatian, topangan dari semua unsur dari warga masyarakat leilem raya. Baik dari Gereja GMIM, GPDI maupun gereja Advent.

“Sejak almarhuma masih di rawat dan hingga di panggil yang maha besar Tuhan Kita Yesus Kristus pada hari sabtu tanggal 31 pagi, hingga pemakaman, tentu keluarga tidak dapat membalas budi baik dan perhatian bapak ibu saudara, namun kita percaya Tuhan Kita Yesus Kristus yang akan selalu membalas berkat bagi bapak ibu semua,” kata Bupati

Lanjutnya, bahwa ini sudah menjadi budaya, khususnya di desa leilem dimana perhatian bapak ibu dan juga perhatian pemerintah desa, kecamatan maupun pemerintah daerah kabupaten minahasa.

Bupati juga menyampaikan beberapa hal dari pemerintah menyangkut masalah kebakaran,” hampir setiap hari berita tentang kebakaran selalu kita dengar apalagi kebakaran hutan dan lahan, yang semuanya itu mungkin tidak disengaja maupun di sengaja dengan membakar sampah atau rumput kering dan tidak dijaga yang mengakibatkan api meluas sehingga terjadi kebakaran, dimana musim kemarau atau musim panas yang berkepanjangan.”

Untuk itu Bupati ROR mengeluarkan instruksi kepada warga masyarakat minahasa, untuk mematuhi agar jangan membakar rumput atau sampah sembarangan, atau jangan membuang puntung rokok sembarangan apalagi puntung rokok yang masih menyala, yang tanpa sadar bisa mengakibatkan kebakaran.

“Jika kedapatan dengan sengaja membakar akan mendapatkan sanksi, saya perintahkan kepada camat dan hukum tua agar bersama sama dengan masyarakat untuk melaksanakan kerjabakti dengan membersihkan saluran saluran air dimana banyak sampah kering yang terkumpul agar dapat di bersihkan, agar supaya jika datang musim hujan saluran air tidak tersumbat dan menghindari tergenangnya air dan tidak terjadi banjir.” Pintanya.

Bupati juga menyampaikan atas nama pemerintah kabupaten minahasa, mengucapkan selamat kepada masyarakat desa leilem yang sudah memenangkan lomba desa antar provinsi sulawesi utara, ini berkat kesiapan masyarakat desa leilem, bupati juga menyampikan atasa nama keluarga mengucapkan terima kasih atas perhatian samuanya.

YVI

Share

Patroli Dialogis Kapolres Sitomorang Jamin Keamanan Mahasiswa Papua

Tondano, Polres Minahasa dibawah Pimpinan AKBP M. Denny I Sitomorang SIK, melaksanakan Patroli Dialogis di Asrama Mahasiswa Kabupaten Supiori Pupua Barat – Kelurahan Tataaran Patar Kecamatan Tondano Selatan, pada sabtu 7 September 2019 pagi.

Pelaksanaan kegiatan Patroli Dialogis, Kapolres Minahasa AKBP M. Denny I Sitomorang SIK, menyampaikan beberapa pesan kamtibmas kepada sejumlah mahasiswa UNIMA Tondano asal Papua.

Pertama, Pemerintah dalam hal ini pihak Kepolisian menjamin sepenuhnya keamanan para mahasiswa asal Papua baik dalam kegiatan perkuliahan di lingkup Kampus maupun dalam aktivitas kehidupan asrama.

“Mengajak seluruh mahasiswa UNIMA Tondano asal Papua untuk tetap melanjutkan kegiatan perkuliahan, dan tidak terpengaruh dengan postingan – postingan yang berisi seruan propaganda di media sosial.

Kegiatan Patroli dialogis Polres Minahasa ini mendapat sambutan positif dari para mahasiswa asal Papua dengan menjamu makan malam Kapolres Minahasa.

Turut hadir Kasat Intelkam Polres Minahasa AKP Karel Tangay, SH, Kepala lingkungan IV Kelurahan Tataaran Patar Fance Kemur, Ketua rukun mahasiswa Kabupaten Supiori Bika Kiambo, Mahasiswa UNIMA Tondano asal Papua yang berjumlah sekitar 12 orang.

YVI

Share

Forum E-Goverment Indonesia 2019 Berlangsung Sukses

Denpasar – Forum e-Government Indonesia 2019 yang dirangkaikan dengan Rakornas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) se-Indonesia dan Bimtek Layanan Aplikasi Informatika sukses digelar oleh Kementerian Kominfo RI pada Rabu s/d Kamis, 5-6 September 2019 di Hotel Aston Convention Centre Denpasar, Provinsi Bali.

Kegiatan yang turut diikuti oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi didampingi oleh Kabid e-Government Gogen Ngantung SE, dibuka pelaksanaannya secara resmi oleh Menteri Kominfo RI yang diwakili oleh Direktur Jendral Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan.

Dengan menampilkan para Nara Sumber diantaranya Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo Prof Dr Ahmad M Ramli, Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Bambang Dwi Anggono, Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendagri Asmawa Tosepu, unsur Bappenas, Kementerian PAN RB, BPK, KPK, Dirut BAKTI, digelar pula Panel Diskusi perkembangan Smart City dan SPBE di Indonesia dengan Panelis Kadis Kominfo Provinsi Bali, Provinsi Jabar, Provinsi Jateng, Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, serta materi umum lainnya.

Dalam sambutannya, Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa sejak terbentuknya Dinas Kominfo telah ditetapkan Permen Kominfo Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Bidang Komunikasi dan Informatika yang berdasarkan untuk melaksanakan ketentuan pasal 109 PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah yang masih terdapat kesenjangan, hal ini disebabkan penafsiran yang berbeda-beda di daerah terhadap UU Pemerintahan Daerah yang baru dengan UU Pemerintahan Daerah sebelumnya.

Dikatakan Pangerapan, dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI) juga disikapi dengan persepsi berbeda-beda yang tidak sesuai dengan arah kebijakan Perpres tersebut, sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan disharmonisasi implementasi SPBE dan SDI di seluruh Indonesia.

“Dengan menghadirkan seluruh Dinas Kominfo dan pihak-pihak terkait lainnya, diharapkan para pimpinan di jajaran Kementerian Kominfo dapat menjelaskan langkah-langkah kebijakan yang telah dilakukan dan hasil-hasilnya, serta menjelaskan target-target kinerja ke depan yang perlu kerjasama berbagai pihak” ungkap Pangerapan.

Ditambahkannya, pada Rakornas ini selain membahas pelaksanaan SPBE dan SDI, akan difasilitasi juga Rakor Asosiasi Kepala Dinas Kominfo Provinsi dan Rakor Forum Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kota se-Indonesia dengan harapannya dapat mempercepat pelaksanaan implementasi SPBE dan SDI melalui kolaborasi bersama antara pemerintah pusat dan daerah.

“Sejalan dengan visi SDM Unggul Indonesia Maju, dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi Kepala Dinas Kominfo dan personil Dinas Kominfo dapat mengikuti berbagai kegiatan bimbingan teknis pemanfaatan aplikasi yang telah dikembangkan oleh Kementerian Kominfo yang akan dimanfaatkan secara nasional” harap Pangerapan.

Sementara Kadis Kominfo Minahasa Agustivo Tumundo mengapresiasi atas kegiatan yang untuk pertama kalinya digelar oleh Kementerian Kominfo RI tersebut.

“Ini merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksanakan oleh Kementerian Kominfo RI dengan mengumpulkan semua Kepala Dinas Kominfo se-Indonesia, sehingga banyak sekali manfaat yang diterima oleh semua peserta dalam rangka menciptakan sinergitas dari pusat ke daerah, serta peningkatan kinerja aparat bidang Kominfo sesuai tupoksi dalam mewujudkan slogan Kominfo Satukan Negeri” kata Tumundo.

Dalam kegiatan ini dilakukan pula Bimbingan Teknis Layanan Aplikasi Informatika yang dibagi dalam 5 Kelas bidang Aplikasi meliputi siMaya, siCantik, PNS Box, Manta, Domain.Go.Id dan Pendaftaran SPBE.

Disamping itu digelar pula Musyawarah Nasional (MUNAS) I Forum Kadis Kominfo Kabupaten Kota se-Indonesia yang memilih Ketua Umum dan Pengurus Forum Kadis Kominfo Kabupaten Kota Indonesia (FK4I) Masa Bakti 2019-2021.

Dalam Munas dipimpin oleh Trio Kadis Kominfo dari Sulut yakni Kadis Kominfo Kota Tomohon Toar Panderiroth, Kadis Kominfo Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo dan Kadis Kominfo Kabupaten Bolmong Parman Ginano ini berhasil memilih Kadis Kominfo Kabupaten Gorontalo Harris Suparto Tome sebagai Ketua Umum serta menetapkan program awal dan aturan organisasi lainnya.

Share