Saturday, 16 November 2019

Archive for: September 3rd, 2019

Sengaja Bakar Lahan, ini Sanksi Pidananya

Minahasa, Rentetan peristiwa kebakaran lahan terus terjadi di wilayah Minahasa. Dalam sepekan terakhir, 7 kasus terjadi di lokasi berbeda. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran, namun peringatan keras dilayangkan pemerintah bagi masyarakat yang punya kebiasaan membuka lahan dengan cara membakar.

“Kami ingatkan bagi seluruh masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan dengan alasan apa pun. Konsekuensinya tegas dan dipastikan jika kedapatan akan berurusan dengan hukum,” himbau Kepala Bagian Hukum Setdakab Minahasa, Wilem Nainggolan.

Dijelaskan, sanksi pidana bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan regulasinya sangat jelas dan tegas. “Sesuai Undang Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup, pelaku pembakaran yang terbukti akan dikenakan sanksi pidana dengan ancaman penjara 10 tahun denda 15 miliar,” jelasnya.

Masyarakat diminta untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasan seperti membuka lahan dengan cara membakar. “Karena jika sampai terjadi kebakaran yang merasakan dampaknya itu banyak orang. Semua akan dirugikan, kesehatan terganggu khususnya anak-anak dan masih banyak lagi dampak buruk lainnya. Intinya mari jaga lahan milik kita dari kebakaran sebelum terjadi bencana,” pesannya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Minahasa telah berulang-ulang menyampaikan himbauan kepada seluruh lapisan masyarakat agar menjaga, memelihara serta melestarikan hutan dan lahan dari bahaya kebakaran.

Himbauan itu disampaikan Bupati Ir. Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, MM (RR-RD) melalui Kabag Humas dan Protokol Setdakab Minahasa, Maya M Kainde SH MAP.
”Bilamana membuka lahan pertanian, sebaiknya tidak melakukan pembakaran hutan. Begitu juga hal-hal yang tidak disengaja yang bisa memicu kebakaran, jadi hati-hati membuang putung rokok sembarangan maupun membuat titik api dekat lahan atau hutan yang mudah terbakar,” himbau Juru Bicara Pemkab Minahasa itu.

Tak hanya itu, masyarakat juga diingatkan agar selalu berhati-hati dalam menyalakan obat nyamuk, serta memperhatikan kompor gas dan alat alat elektronik. ”Mengingat beberapa waktu terakhir ini sering terjadi kebakaran lahan, jadi kami minta ini harus diwaspadai dan mari kita cegah bersama,” pesannya.

YVI

Share

Bahas Jambore Pemuda Indonesia, Pemerintah Minahasa duduk Bersama Kemenpora RI

Tondano, Pemerintah Kabupaten Minahasa menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Kegiatan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Tahun 2019, pada selasa 3 September 2019, di Ruang Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa.

Rapat dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Dr Denny Mangala MSi, yang memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya Kepada kementerian pemuda dan olahraga republik Indonesia (Kemenpora RI), yang sudah mempercayakan Provinsi Sulawesi Utara khususnya Kabupaten Minahasa sebagai tuan rumah pelaksanaan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tahun 2019.

“Pemerintah Kabupaten Minahasa tentu memberikan dukungan penuh demi terlaksananya dan suksesnya kegiatan yang berskala nasional ini. Pelaksanaan JPI ini bertepatan dengan rangkaian kegiatan sampai acara puncak untuk memeriahkan dan memperingati HUT Minahasa ke-591 pada 5 November nanti.” Kata mangala

Lanjutnya, Pemkab Minahasa bersinergi dengan apa yang menjadi agenda Kemenpora. Dalam rapat ini dibahas mulai dari registrasi, teknis penjemputan, kedatangan Pendamping dan 500 Peserta dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, para peserta akan berkemah di area stadion maesa tondano dan untuk pendamping akan disiapkan akomodasi/homestay disekitar Tondano Raya.

Dibahas pula tentang kesiapan untuk Panggung utama, tenda-tenda, konsumsi, MCK, keamanan, dan pengaturan lalulintas.

Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI Arifin Majid, Menyampaikan Terima kasih atas sambutan dan dukungan Pemerintah Kabupaten Minahasa demi terlaksananya JPI tahun 2019 ini.

“Agenda ini merupakan Prioritas Nasional Kemenpora RI, kedatangan kami hari ini untuk peninjauan lapangan dan pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa.
Rencananya untuk acara pembukaan pada tanggal 1 November 2019, didalamnya ada pawai budaya yang akan menampilkan parade peserta JPI lengkap dengan baju adat asal daerahnya masing-masing dilanjutkan dengan welcome dinner.” Katanya.

Kemudian Rangkaian kegiatan lainnya, yaitu Pentas Seni dan Budaya, peninjauan Pameran (Stand) dengan menampilkan tampilan lokal dari daerah asal, pengangkatan eceng gondok, seminar kebangsaan, Study Tour mengelilingi tempat wisata/tempat bersejarah di Kabupaten Minahasa. Sampai acara Penutupan pada tanggal 5 November yang bertepatan dengan acara puncak HUT Minahasa sampai pada penutupan pameran pembangunan.

Turut hadir Jajaran dari Kemenpora RI, Ketua Purna Prakarya Muda Indonesia Lord Malonda SPd, Kabid pemberdayaan pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulut Drs Cerry Maringka, Jajaran terkait Pemerintah Kabupaten Minahasa, dan Camat se-Tondano raya.

YVI

Share

Wabup RD Ingatkan Hal ini Dalam Rapat Paripurna

Minahasa, Eksekutif dan Legislativ melaksanakan rapat paripurna DPRD Kabupaten Minahasa dalam rangka penutupan masa persidangan kedua dan pembukaan masa persidangan ketiga tahun 2019 serta persetujuan penetapan rancangan peraturan daerah tentang kabupaten layak anak, pada senin 3 September 2019, di ruang sidang DPRD Kabupaten Minahasa.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James S Rawung SH, dilanjutkan Pembacaan Naskah Keputusan DPRD Kabupaten Minahasa tentang kegiatan DPRD pada masa persidangan ketiga tahun 2019 oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Minahasa Siby Sengke SSos MAP,

Kemudian pembahasan rancangan peraturan daerah tentang Kabupaten Layak Anak melalui Ketua panitia khusus Priscilia Lumingkewas SIP, dan penyampaian masing-masing fraksi yang dibacakan oleh Ruddy Kaunang dari fraksi PDIP, Ibu Pdt Sandy Marciane Mantiri STh dari partai golkar, Revly Sondakh dari partai Gerindra, Indria Umbokahu dari partai Demokrat, Edwin Lumi dari Partai Nasdem.

Pembacaan Naskah Keputusan Kabupaten Layak Anak dan Berita Acara persetujuan Pemerintah dan DPRD oleh Sekretaris DPRD yang langsung ditandatangani oleh Wabup Minahasa Robby Dondokambey dan pimpinan Dewan.

Dalam Sambutan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, mengucap syukur atas penyertaan Tuhan,” tidak terasa pada hari ini kita telah memasuki masa persidangan ke-3 tahun 2019, Semoga kesehatan dan kekuatan senantiasa dianugerahkan kepada kita untuk mengikuti berbagai agenda sidang rapat kerja di masa-masa mendatang,” katanya

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap anggota dewan yang terhormat yang telah mencurahkan tenaga waktu dan pemikiran dalam menjalankan rangkaian sidang yang telah kita lalui sejak awal tahun 2019,” katanya.

Wabup RD juga memberikan apresiasi kepada DPRD Kabupaten Minahasa yang telah bekerja sama dan mengambil inisiatif untuk mengusulkan adanya Peraturan daerah tentang kabupaten layak anak, yang menjadi salah satu indikator penunjang dalam mewujudkan Kabupaten layak anak di Kabupaten Minahasa ,sehingga di tahun 2019 ini Kabupaten Minahasa boleh meraih penghargaan Kabupaten layak anak kategori Pratama.

Pada kesempatan ini juga, Wabup RD Mengingatkan untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, Selain itu, menghimbau masyarakat agar menjaga memelihara serta melestarikan hutan dan lahan dari bahaya kebakaran,” diharapkan adanya kesadaran sosial dan hukum seluruh warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan,” Katanya lagi

YVI

Share