Saturday, 16 November 2019

Archive for: September 2019

Pemerintah Minahasa Ikut Presentasikan Potensi Dalam Sulut Expo 2019

Jakarta – Bupati dan wakil Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, MSi (ROR) dan Robby Dondokambey, SSi, MM (RD) besama ketua dan wakil ketua TP PKK Dra. Fenny Roring Lumanauw dan Martina Dondokambey-Lengkong menghadiri pembukaan Sulut Expo 2019 di Gedung Smesco Convension Hall Jakarta, pada kamis 26 September 2019.

Saat tiba di lokasi Sulut Expo, ROR RD disambut jajaran pejabat pemerintah kabupaten minahasa yang sudah memadati stand pameran pemkab Minahasa. Diawali tarian Kabela dari Kerukunan Keluarga Kawanua, Gubernur Olly Dondokambey (OD) didampingi Sekretaris Provinsi membuka Sulut Expo 2019 dengan melakukan pemukulan tetengkoren.

Dalam sambutannya Gubernur OD mengatakan bahwa pelaksanaan Sulut Expo 2019, yang dipusatkan di Jakarta dalam rangka mempromosikan potensi Sulawesi Utara yang dikenal dengan daerah bumi nyiur melambai.

“Target kegiatan yang melibatkan 15 daerah kabupaten dan kota se-Sulawesi Utara, benar-benar akan menjadi ajang promosi berbagai potensi daerah Sulut, terutama mengangkat kekayaan budaya yang selama ini belum banyak terekspos di publik, saya berharap kegiatan ini dapat mendorong masyarakat Sulut untuk terus meningkatkan sumber daya manusia di bidang pariwisata,” kata Gubernur.

Sementara Bupati ROR yang didampingi Wabup RD menyampaikan, bahwa Pemkab Minahasa sangat mendukung pelaksanaan Sulut Expo yang bertujuan untuk mempromosikan berbagai potensi yang ada di sulut yang tentunya termasuk Minahasa.

“Kita tahu bersama bahwa Kabupaten Minahasa ada banyak potensi pariwisata yang bisa menjadi daya tarik wisatawan, salah satunya Danau Tondano yang begitu indah, yang tentu akan dikembangkan untuk menarik wisatawan,” ungkapnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa dari segi pariwisata minahasa sangat lengkap, dimana minahasa juga mempunyai pantai laut barat dan pantai laut timur, juga banyak sumber-sumber permandian air panas termasuk banyak situs-situs budaya dan masih banyak lagi potensi yang ada di minahasa.

“Potensi inilah yang akan kita kemas dan tawarkan kepada wisatawan asing atau wisatawan lokal yang banyak berkunjung di sulut,” kata ROR.

Usai pembukaan Sulut Expo dilanjutkan dengan talkshow Investor Gathering, dimana Gubernur Sulut mempromosikan potensi-potensi yang ada di sulut dihadapan para Konsulat negara tetangga yang hadir, investor dan ratusan undangan lainnya.

Sesuai jadwal Pemkab Minahasa dibawah kepemimpinan ROR RD akan mempresentasikan potensi potensi yang ada di minahasa.

Yvi

Share

Bupati Vonnie Panambunan Kunjungi Posko Siaga Karhutlah di Tatelu

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan S.Th didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ir Joefita Supit, Kepala Dinas Perijinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Jack Paruntu SE dan Camat Dimembe Ansye Dengah mengunjungi Posko Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) yang bertempat Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu Kecamatan Dimembe, Rabu 25 September 2019. Saat kunjungan itu bupati diterima Pimpinan Manggala Agni, Hambali dan Unit SAR Sulawesi Utara (USSU), D Malonda.

Pada kesempatan itu Hambali mengatakan bahwa ada beberapa titik nyala api yang saat ini masih sedang ditangani yang terletak di wilayah Desa Pinilih, serta memberikan penjelasan bagaimana tim Manggala Agni, Relawan USSU, TNI, Polri juga warga bahu membahu memadamkan api dengan cara pembuatan ring dan penyemprotan dengan cara selang pemadaman yang ditarik hingga ke titik api dan airnya dipompa dari bawah dengan menggunakan mesin.

“Pemadaman dikonsentrasikan di kawasan Bukit Tumampas untuk mencegah api menjalar ke wilayah Bitung dan dilanjutkan pemadaman ke wilayah di mana terdapat api baru yang mulai membakar,” jelas Hambali.

Bupati Panambunan menyatakan terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah memperhatikan dan membantu Minut dalam upaya pemadaman Karhutlah ini.

“Terima kasih atas perhatian dan bantuan semua pihak terhadap Minut, marilah kita sama-sama doakan Minut agar cepat melewati musibah ini,” ucap Panambunan.

Bupati Panambunan menambahkan bila masih ada yang diperlukan terkait kelanjutan upaya pemadaman ini silakan dibuat permintaan.

“Bila masih memerlukan sesuatu langsung buat permintaan, biar saya langsung tandatangani,” ujar Bupati Panambunan kepada Kepala BPBD Ir Jofieta Supit.

Turut hadir dalam kunjungan ini anggota Dewan Minut dari Partai Nasdem Daniel Mathew Rumumpe yang ikut memberikan semangat bagi tim yang bekerja di Posko.(*)

Share

Tiga Pimpinan Dewan Minut Dilantik

Airmadidi,KLABATNEWS-Tiga pimpinan dewan Kabupaten (Pimdekab) Minahasa Utara secara resmi diambil sumpah dan janji oleh Plt Ketua Pengadilan Airmadidi Nur Dewi Sundari SH melalui Rapat Paripurna, Kamis (25/09).

Berdasarkan SK Gubernur Nomor 371 Tahun 2019 tanggal 25 September 2019. Tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Minut masa jabatan tahun 2019-2024 diputuskan bahwa Denny Kamion Lolong SSos dari PDI Perjuangan sebagai Ketua dan wakil ketua masing-masing Shintia Gelli Rumumpe dari Partai Nasdem dan Olivia Mantiri dari Partai Golkar.

Pelantikan pimpinan dewan tersebut dihadiri Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong MSi, Sekda Ir Jemmy Kuhu MA, Kapolres Minut AKBP Jefry RP Siagian SIK dan Kajari Minut Fanny Widyastuti SH MH.

Usai dilantik. Lolong mengajak 30 anggota DPRD Minut periode 2019-2024 untuk melaksanakan tugas yang diamanatkan rakyat. “Saya mengajak 30 anggota DPRD Minut, mari bersama-sama melaksanakan tugas yang diamanatkan rakyat untuk membangun daerah ini,” tutur Lolong.

Sementara Wakil Bupati Joppi Lengkong mengucapkan selamat atas dilantiknya pimpinan DPRD. Dengan harapan maka agenda-agenda dan tugas bersama seperti pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) dan pembahasan APBD Perubahan 2019 serta APBD 2020 dapat selesai dan berjalan dengan baik,” pungkas Lengkong.

Uniknya dari 30 anggota DPRD Minut, 4 anggota dewan fraksi Partai Demokrat tidak nampak dalam ruang sidang. (*)

Share

Satu Tahun Kepemimpinan RR-RD Dirayakan Sederhana Dalam Ibadah

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan Ibadah syukur satu tahun kepemimpinan Bupati Ir Royke Oktavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (RR RD), pada rabu 25 September 2019, bertempat di GMIM Sentrum Tondano.

Ibadah dipimpin oleh Ketua BPMS GMIM Pdt Dr Hein Arina, dilanjutkan dengan pemasangan lilin ulang tahun, dan Penyerahan bantuan untuk Panti yakni Panti Sosial Trisna Werda (PSTW) Debora 50 Lansia (60 jt), PSTW Ina 1 (35 Lansia 42 jt), PSTW Yakobus Peduli (20 Lansia 24 jt), PSTW Pengasih (60 lansia 72 jt), PSTW El shaday (40 lansia 48 jt), PSTW Masawangan (50 lansia 60 jt)
Bantuan Untuk Lansia jumlah 121 Orang Lansia, Penerima Simbolis Ronny Rampen (1.200.000), Jantje Aguw (1.200.000).

Kemudian penandatanganan MOU perjanjian pinjaman daerah antara PT Bank Sulutgo dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa terkait pembangunan Rumah Sakit.

Dalam sambutannya Bupati dan Wakil Bupati RR-RD, mengucapkan Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang didalamnya forkopimda, jajaran pemerintah dan seluruh hamba hamba tuhan yang telah mendoakan sehingga dalam kemimpinannya dapat menjalankan 22 program prioritas.

Pembangunan sarana prasarana pendidikan, memperkuat kompetensi guru lewat bantuan studi, selain bebas biaya sekolah juga bantuan seragam sepatu dan tas untuk siswa baru kelas 1 SD dan kelas 7 SMP, meningkatkan kualitas pelayanan seluruh Puskesmas lewat BPJS gratis, pengadaan 1 unit ambulance di setiap Kecamatan.

Pengadaan pembangunan rumah layak huni dan peningkatan kualitas rumah tinggal keluarga miskin, peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan, peningkatan kualitas pelayanan publik, Membangun fasilitas pariwisata di sekitar Danau Tondano pantai timur dan pantai barat, pemberian bantuan usaha pertanian perkebunan dan perikanan.

Peningkatan sarana dan prasarana olahraga di desa-desa, pemberian bantuan untuk peningkatan sarana peribadatan, pemekaran langowan dan Minahasa barat, peningkatan kerjasama pembangunan dengan elemen masyarakat termasuk pemberian insentif khusus untuk tokoh agama dan tokoh masyarakat, bantuan kesehatan untuk penduduk lanjut usia.

Bantuan dana duka, mendorong profesionalitas pegawai negeri sipil peningkatan kesejahteraan dan pemberian bantuan studi lanjut untuk pegawai negeri sipil, peningkatan kesejahteraan aparat desa dan penghargaan bagi aparatur desa berprestasi, dialog terbuka dengan masyarakat secara periodik.

Ibadah dirumah Dinas Sebelum Ibadah di Gereja GMIM Sentrum

Menjamin keamanan ketertiban dan kenyamanan hidup dan berusaha di seluruh wilayah Minahasa, mendorong penguatan karakter dan budaya Minahasa dengan prinsip mapalus dan sitou timou tumou, dan pembentukan unit reaksi respon relief daerah RRRD call center.

Bupati dan Wakil Bupati RR-RD juga mengatakan bahwa syukuran ini dilaksanakan secara sederhana,” kiranya makna dari syukur ini yang kami yakin, biarpun dilaksanakan secara sederhana tapi dilakukan dalam satu ibadah ibadah dalam rumah gereja tentu ini sangat besar manfaatnya,”

“Perayaan ini dalam 1 tahun perjalanan kepemimpinan dan pelayanan, tolong doakan kiranya saya dan wakil bupati selalu diberikan kekuatan kesehatan sekiranya selalu menjadi saluran berkat bagi rakyat dan Kabupaten Minahasa,” pungkas Bupati.

Hadir Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MM, Direktur Bank sulutgo Jeffry A M Dendeng, Plh Kajari Minahasa Fien Ering SH MH, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady Kandouw SE, Kepala Kantor Kementerian Agama Sonya Mongka SE, Kepala BPN Minahasa Remilin Sinurat, Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny CH Roring Lumanauw SIP, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Martina Dondokambey Lengkong, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa, FKUB Kab. Minahasa, Penjabat Sekda dan jajaran pemerintah kabupaten minahasa.

Advertorial

Share

ROR RD Tatap Muka Dengan Wartawan Minahasa dan Sampaikan Hal ini

Tondano, Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan Tatap Muka dengan Wartawan Biro Minahasa dalam rangka 1 tahun kepemimpinan ROR-RD, Pada selasa 24 September, bertempat di The Light Cafe Togela.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring (ROR), Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey (RD), Sekda Minahasa Frits Muntu, Asisten 1 Denny Mangala, Asisten 2 Donald Wagey, Kabag Humas dan Protokol Maya Kainde, serta Pers Liputan Minahasa.

Dalam laporannya Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Minahasa mengatakan kegiatan ini merupakan Wujud kerja dalam misi, berdiskusi berdialog terkait pembangunan Kabupaten Minahasa, dan komitmen kemitraan yang baik.

“Untuk media yang melakukan permohonan kerjasama di Kabupaten Minahasa sebanyak 77 media, dengan perincian 14 harian koran, 57 online, elektronik 6, dan yang telah bekerjasama sebanyak 37 media, dengan rincian harian koran sebanyak 9, online 26, dan elektronik 2 media,” kata Kainde

Dalam sambutannya Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi, mengatakan bahwa ternyata tidak semua media masuk dalam anggaran kontrak, dengan adanya mekanisme peraturan perundang-undangan dan studi banding, intinya adalah, semua untuk kesejahteraan rakyat dan kemajuan masyarakat kedepan.

“Karna tanpa pemberitaan, informasi tidak diketahui secara luas, mari kita kaji bersama dan duduk bersama, untuk dilakukan kedepan mengatur dengan baik, termasuk kompetensi setiap wartawan,” katanya.

“Tuhan berkenan 1 tahun kepemimpinan besok 25 september, akan dilaksanakan dalam ibadah di Gereja Sentrum, adapun yang telah dilakukan pemerintah Kabupaten Minahasa, seperti keanggotaan BPJS, sudah bisa dikatakan 100 persen, sebanyak 130 ribu 8 ratusan telah terdaftar, dari 336 ribuan masyarakat Minahasa, disamping yang sudah diprogramkan, ada yang mandiri kelas 1,2 dan 3, dan kalau ada masyarakat yang mau mengalihkan silahkan,” katanya.

Lanjutnya, Pemerintah Minahasa mengganggarkan untuk BPJS Kesehatan sebesar 36 Milyar dibantu 7,5 milyar oleh Pemerintah Provinsi Sulut, dan karna BPJS Kesehatan ini, Pemerintah Kabupaten Minahasa menjadi tempat tujuan Kabupaten Blitar dan Ternate.

Tambahnya, juga untuk petugas keagaaman pemerintah propinsi telah memberikan BPJS, yaitu BPJS Tenaga kerja, dan berupaya meningkatkan kerjasama ini ke- Petani dan Nelayan.

“Program lainnya pertanian terstruktur, penanganan infrastruktur, ada yang menjadi proyek dari Pemerintah Provinsi, ada penanganan yang harus oleh Pemerintah Minahasa dan Provinsi,” jelasnya.

Dikatakannya pula Pelaksanaan Festival Danau Tondano belum digelar besar-besaran, karna masih banya permasalah di Kabupaten Minahasa, termasuk eceng gondok, namun dengan menjadi salah satu dari 15 Danau Prioritas di Indonesia Bupati ROR Berharap Danau Tondano akan semakin baik kedepan.

“Di Minahasa juga ada bantuan rumah ibadah, dengan membantu secara bertahap, bantuan pimpinan agama tetap dijalankan, meningkatkan honor guru non ASN. , dan anggaran kelurahan yang sudah mulai, Berikutnya honor perangkat desa,” katanya lagi

Pada kesempatan ini juga Bupati Royke O Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey menyampaikan progres terkait dengan capaian prioritas, dana duka, BPJS Ketenagakerjaan, masalah air PDAM dan lain lain.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab.

Yvi

Share

Pimpinan DPRD Minahasa Resmi Didefinitifkan

Tondano, Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Dalam Rangka Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Minahasa masa Jabatan tahun 2019-2024, pada selasa 24 september 2019, bertempat diruang sidang DPRD Minahasa.

Rapat Paripurna DPRD Minahasa dipimpin oleh Ketua Sementara Glady Kandouw dan Wakil Ketua Okstesi Runtu, sebelum diresmikan dibacakan Surat masuk gubernur oleh Sekretaris DPRD Minahasa Siby Sengke

Surat masuk Gubernur Sulawesi Utara nomor 365, tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Minahasa periode 2019-2024. Sebagai Ketua Dewan Minahasa Glady Kandouw, Wakil Ketua Okstesi Runtu dan Wakil Ketua Denny Kalangi.

Kemudian dilakukan peresmian pengambilan sumpah/janji oleh Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST Iko Sudjatmiko.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring memberikan Apresiasi setingggi tingginya kepada pimpinan sementara dan yang telah diresmikan, sehingga harapannya kedepan eksekutif dan legislatif akan menghasilkan kebijakan dan sesuai dengan harapan masyarakat Minahasa.

Untuk itu Bupati Royke Roring berharap sebagaimaa sinergitas yang telah dibangun selama ini oleh anggota DPRD yang lama dan yang baru saat ini untuk dipertahankan dan bekerjasama membangun daerah Kabupaten Minahasa.

Sementara itu setelah diresmikan Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady Kandouw, mengatakan setelah menjadi anggota pimpinan definitif tentunya ini merupakan kepercayaan yang patut dihargai dan dirinya siap mengedepankan kepentingan masyarakat atas kepentingan pribadi.

Menanggapi 1 tahun kepemimpinan Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey pada 25 September 2019, maka sebagai pihak legislatif Kandouw siap menunjang program pemerintah minahasa dan menjemput kebijakan Pemerintah yang pro rakyat.

Turut hadir Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang Mewakili Dandim 1302 Minahasa Kapten Inf Maxen Mentang, mewakili kejaksaan negeri Minahasa Debby Kenap, Bupati minahasa periode 2003-2008,2008 -2013 Stefanus Vreeke Runtu, Anggota DPRD provinsi sulut Careig Runtu, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu, bersama Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

YVI

Share

Pemkab Minut Gelar Bimtek Pembekalan Panitia Pemilihan Hukumtua 2019

Airmadidi,KLABATNEWS-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan 2Desa (Dinsos-PMD) melaksanakan Bimbingan Teknis /Pembekalan Panitia Pemilihan hukumtua tahun 2019 di Kabupaten Minahasa Utara. Kegiatan ini dibuka Sekretaris Daerah Pemkab Minut Ir Jemmy Kuhu didampingi Kadis Dinsos-PMD Bobby Najoan SH pendopo kantor Pemkab Minut, Selasa 24 September 2019.

Plt Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD) Minahasa Utara Bobby Najoan SH mengatakan peserta bimtek ini yakni panitia desa, BPD dan hukumtua di masing-masing desa yang melaksanakan pemilihan hukumtua 2019.

“Jadi semua yang terkait diundang diberikan bimbingan teknis tentang pemahaman, pengetahuan, wawasan, aturan-aturan regulasi tentang tahapan pemilihan kepala desa atau hukumtua. Kegiatan ini juga membahas bagaimana mekanisme pemilihan sampai di hari pelaksanaan 28 November mendatang serta sampai pelantikan,” papar Najoan.

Sementara itu Sekda Minut Ir Jemmy H Kuhu MA yang membuka kegiatan ini mengatakan agar seluruh tahapan Pilhut dapat berjalan dengan baik. “Untuk pilhut akan dilaksanakan di 25 desa dan 3 desa pergantian antar waktu (PAW). Kita berharap semuanya bisa berjalan dengan lancar," kata Kuhu.(*)

Share