Sunday, 15 September 2019

Archive for: August 12th, 2019

Panitia HUT RI ke-74 Gelar Lomba Tari Maengket dan Tumatenden, Dibuka Bupati Minut

Airmadidi,KLABATNEWS-Dalam rangka memeriahkan Kemerdekaan RI ke-74 panitia HUT RI ke-74 Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menggelar lomba tari maengket dan tari Tumatenden yang dibuka Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh serta didampingi Asisten I dr Jane Symons dan Ketua Panitia Drs Sinpersli M Tapada MSc, Selasa (12/08) atrium kantor Pemkab Minut.

Ketua Panitia Sinpersli M Tapada mengatakan untuk kategori lomba tari Tumatenden hanya dikhususkan bagi pelajar tingkat SD dan SMP. Sementara untuk lomba tari Maengket terbuka untuk umum. Tujuan untuk lomba ini adalah untuk menambah wawasan untuk kebudayaan daerah. “Tari Maengket tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan umum. Pelaksanaan lomba hanya hari ini saja,” kata Tapada Kadis Pemuda dan Olahraga.

Terkait pelaksanaan lomba ini, lanjut Tapada, pihaknya telah menyampaikan pemberitahuan kepada semua sekolah yang ada di Minut. Bahkan, surat pemberitahuan telah dilayangkan ke 10 kecamatan yang di daerah tersebut. “Untuk tari Tumatenden hanya diikuti oleh 2 peserta dan Tari Maengket diikuti 8 peserta. Namun yang pasti, kami sudah sampaikan kegiatan ini kepada masyarakat dan sekolah yang ada di Minut agar bisa ikut serta dalam perlombaan ini,” tambahnya.

Bertindak sebagai juri dalam lomba ini yakni Agnes Tumbelaka SPd MM, Dharma Kaunang SPd, dan Wudan Kalesaran SPd M. Ketiganya merupakan pengawas dalam Dinas Pendidikab Minut. Untuk nama pemenang dan hadiah, nantinya akan diserahkan pada Sabtu 17 Agustus 2019 mendatang usai upacara HUT RI ke-74.(*)

Share

Pemerintah Minahasa Gelar Ibadah Syukur Sambut HUT Ke-74 Republik Indonesia

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Minahasa menggelar Ibadah Syukur Oikumene Awal Bulan Dalam Rangka Menyambut HUT Ke-74 Republik Indonesia, pada Senin 12 Agustus 2019, bertempat di GMIM Sentrum Tondano.

Dihadiri Oleh Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, Ketua TP-PKK Kab. Minahasa Dra Fenny Ch M Roring Lumanauw SIP, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng SH MSi, Danramil Tondano Pelda Jhony Bura, Kajari minahasa diwakili Felix Palit SH, Jajaran Pemkab Minahasa, FKUB Kabupaten Minahasa.

Ibadah di pimpin oleh Sekretaris Umum BPMS GMIM dan selaku ketua FKUB Kabupaten Minahasa Pdt Evert Tangel STH MPdk, yang mengambil Pembacaan Alkitab dalam Bilangan 27:1-11

“Bagaimana kita sebagai pemimpin pemimpin untuk menyampaikan dan mengingatkan yang intinya supaya menjawab pergumulan hidup dan kebutuhan masyarakat supaya mereka mengalami kesejahteraan.”

” sebagaimana contoh dalam alkitab musa sebagai seorang pemimpin, musa menyampaikan persoalan-persoalan yang dihadapi untuk mendapatkan jawaban dari Tuhan. musa mengajarkan untuk meminta petunjuk kepada Tuhan untuk berbagai persoalan yang dialami dan luar biasanya Tuhan menjawab.”

“Sebagai ASN Kita diajar untuk mengingat nasionalisme, kita perlu kejujuran dan ketulusan. mari kita buat ini sebagai semangat untuk meyambut HUT Proklamasi Ke-74, mengimplementasikan Semangat dan harapan lewat kita merayakan hari kemerdekaan republik indonesia biar senantiasa dirasakan dan dinikmati sebagai wujud kita mendapatkan kemerdekaan dan kebebasan yang Tuhan berikan bagi kita.”

Dalam Sambutannya Bupati Minahasa mengajak mensyukuri berkat Tuhan dalam hidup,” beberapa hari lagi kita akan memasuki Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 kita bersyukur atas Tuntunan dan penyertaan Tuhan. 11 hari kami berada di luar negeri dalam kaitan memenuhi undangan. Beberapa hal Diantaranya berbagai Kerjasama dan penandatangan MOU dengan pemerintah di Cecil County Maryland,”

Selama berada Cecil County Maryland Bupati menyempatkan diri menyapa masyarakat minahasa yang hidup disana, bupati juga memotivasi serta semangat kepada masyarakat minahasa yang ada di sana untuk tetap berjuang dan pemerintah akan berusaha menopang mereka.

“Semoga Apa yang kita upayakan kedepan salah satunya dibidang pendidikan, pengolahan sampah dan berbagai hal semuanya untuk kemajuan kabupaten Minahasa.”

“Tanpa terasa kita akan menyambut dan merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 Tahun, kiranya firman Tuhan yang sudah kita dengarkan dapat menjadi bekal bagi kita, memberikan semangat dan motivasi dalam menyambut hari kemerdekaan.”

Bupati menghimbau kepada ASN untuk dapat mengikuti semua kegiatan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang telah dijadwalkan.

YVI

Share

Bupati Roring Sampaikan Banyak Hal Dalam Apel Kerja

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar Apel kerja Awal Bulan Aparatur Sipil Negara dirangkaikan dengan Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa, pada Senin 12 Agustus 2019
Di Halaman Kantor Bupati Minahasa

Dihadiri Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, MSi, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng, SH, MSi, Para Asisten Sekdakab Minahasa, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa serta seluruh ASN dan THL.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa sangat bersyukur kepada Tuhan yang maha esa boleh melaksanakan apel awal bulan agustus, “Atas nama Pemerintah, Pribadi, keluarga dan masyarakat menyampaikan selamat Hari Raya Idul Adha Kepada saudara-saudara umat Muslim yang merayakan.” Katanya.

Pelaksanaan apel ini dirangkaikan dengan peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 dimana pada acara puncak Peringatan Hari Anak Nasional yang dilaksanakan di Makasar beberapa waktu yang lalu.

“kita patut berbangga karena kabupaten Minahasa boleh meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama. Namun, kita jangan berpuas diri masih banyak hal yang perlu kita benahi karena ini adalah langkah awal yang akan terus memotivasi pemerintah bersama masyarakat untuk mewujudkan Minahasa Kabupaten layak anak, dan mari terus tingkatkan kinerja demi Prestasi yang lebih baik agar kedepan kabupaten Minahasa dapat meraih Kabupaten Layak Anak dari tingkat Pratama ke Tingkat Madya bahkan Tingkat Utama.” Pintanya.

Pemerintah Minahasa juga akan membuat Perda tentang Anak yang di inisiasi bersama DPRD Minahasa. “Menjadi perhatian kita bersama terkait berbagai program dan kegiatan untuk mewujudkan harapan anak-anak kedepan. Berbagai program dan kegiatan yang sudah di programkan harap terus di cek dan dievaluasi.”

“Tadi pula telah dibacakan Suara Anak Indonesia, diharapkan Pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama meningkatkan perhatian dan kepedulian dalam menghormati, menghargai dan menjamin Hak-hak anak tanpa diskriminasi dan memastikan segala hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya.”

” Mari bersama Pemerintah meningkatkan perhatian dan kepedulian terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak. Tanpa terasa bulan depan akan masuk bulan ketiga di triwulan tiga ini, tetapi penyerapan anggaran belum sesuai dengan yang diharapkan.”

“Untuk itu menjadi perhatian kita bersama Jajaran dan seluruh ASN untuk fokus dalam tugas, fokus dalam menyelesaikan apa yang sudah di programkan di tahun 2019 ini. Kita telah menyepakati bersama APBD-P tahun anggaran 2019 yang saat ini sedang dalam tahap evaluasi oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, jika nantinya terdapat hal-hal yang harus diperbaiki harap segera ditindaklanjuti oleh perangkat daerah.” Pinta Bupati

“Saat ini kita berada dalam semarak Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, untuk itu kepada seluruh jajaran serta para camat untuk memperhatikan pedoman dalam surat edaran yang diterbitkan oleh sekretariat negara, saya menghimbau untuk meningkatkan persiapan dilingkungan kantor karen saya akan mengecek kesiapan dikantor/OPD dalam rangka memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, serta menyampaikan kepada masyarakat diwilayah masing-masing melalui hukum tua dan lurah agar berpartisipasi menyemarakan bulan kemerdekaan Republik Indonesia ini dengan memasang umbul-umbul, dekorasi atau hiasan lainnya.”

“Pemerintah akan lebih memaksimalkan penanganan eceng gondok di danau Tondano bahkan Daerah Aliran Sungai, kita tahu bersama Danau Tondano bukan saja tanggungjawab pemerintah kabupaten minahasa tetapi juga tanggungjawab pemerintah provinsi dan pusat karena merupakan Kawasan Strategis Nasional.”

“Kita akan memasuki bulan dimana pemeriksaan baik dari institusi eksternal maupun internal, apa yang menjadi temuan BPK dan inspektorat provinsi harap diperbaiki dan diselesaikan. Kepada Hukum tua untuk memperhatikan pedoman aturan dana desa agar apa yang dilaksanakan dapat transparan kepada masyarakat.”

“Himbauan kepada jajaran dan camat untuk diteruskan kepada masyarakat, dalam menghadapi musim kemarau untuk dapat lebih berhati-hati dalam menggunakan kompor, setrika, colokan dan alat elektronik lainnya serta dalam membakar sampah.” Pungkasnya.

Dalam apel ini diserahkan Piala dan Piagam Penghargaan Minahasa Kabupaten Layak Anak Pratama Tahun 2019, yang telah diterima di Makassar oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa dan diserahkan kepada Bupati Minahasa.

Dalam apel ini juga mewakili anak-anak di Indonesia sejumlah siswa-siswa SD-SMP-SMA membacakan “Suara Anak Indonesia” dengan menyuarakan
“Mengajak keluarga Indonesia untuk meningkatkan pengasuhan dan pengawasan terhadap anak yang ditelantarkan beserta dengan lingkungannya.
Anak Indonesia mendukung penuh pemerintah untuk merealisasikan penyelarasan peraturan perundang undangan mengenai batas minimal usia perkawinan.
Memohon kepada pemerintah untuk mengatasi stunting dengan meningkatkan. Edukasi keluarga dan pemerataan fasilitas serta akses kesehatan. Mengajak masyarakat Indonesia untuk membatasi penggunaan plastik sekali pakai Dan meningkatkan waste to energy.
Mengajak pemerintah, tenaga kependidikan, dan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan Pemahaman terkait kesehatan mental. Mendukung pemerintah untuk menyamaratakan sarana prasarana dan tenaga kependidikan dalam mengoptimalkan sistem pendidikan. Menolak segala bentuk diskriminasi di sekolah, lingkungan, dan media sosial terhadap anak.
Menolak segala bentuk Eksploitasi terhadap anak. Forum anak bekerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan dan menyamaratakan pemberian Edukasi kepada anak terkait kesiapsiagaan bencana. Memohon kepada pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan perhatian kepada anak berkebutuhan khusus dan anak berhadapan dengan hukum dalam segala aspek kehidupan. Memohon kepada pemerintah untuk mengoptimalkan pembuatan kartu identitas anak dan akta kelahiran di seluruh Indonesia.”

YVI

Share

KPU Minut Tetapkan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Minut Pemilu 2019

Airmadidi,KLABATNEWS-Berdasarkan Berita Acara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Utara Nomor : 133/PL.01.9-BA/7106/KAB/VIII/2019 tanggal 11 Agustus 2019, telah dilaksanakan Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Utara Pemilihan Umum Tahun 2019 oleh Komisi Pemilihan Kabupaten Minahasa Utara yang digelar di kantor DPRD Tumatenden Minahasa Utara, Minggu 11 Agustus 2019.

Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Minut Stella Runtu didampingi komisioner KPU Hj Darul Halim, Hendra Lumanau, Dikson Lahope, SE. Hadir Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy didampingi komisioner Bawaslu Rocky Ambar dan Rahman Ismail.

Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan, kapolres Minut AKBP Jefri R. P. Siagian SIK, Pabung Mayor Inf Rich Pusung, Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu, MA

Sementara itu, komisioner KPUD Minut Stella Runtu mengingatkan seluruh caleg terpilih yang sudah ditetapkan wajib dan segera memasukkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), agar tidak terhambat proses pelantikannya nanti.

Penyerahan hasil Penetapan kursi partai politik dan calon legislatif DPRD Minut kepada Bawaslu

Ia menambahkan, pentingnya seluruh caleg yang telah ditetapkan untuk memenuhi LHKPN, karena aturan menyebutkan LHKPN adalah hal yang penting.

”Selanjutnya kami juga wajib menyerahkan dokumen penetapan ini ke KPU RI dan mengirim surat untuk usulan pelantikan ke Gubernur melalui Bupati,” tutur Stella.

Tampak hadir dalam rapat ini, Bupati Minahasa utara Vonnie Aneke Panambunan, kapolres Minut AKBP Jefri Ronald Parulian Siagian SIK, Sekda Ir Jemmy Kuhu,MA, Pabung Mayor inf Rich Pusung, Kabagops Polres Minut M Djafar, Kapolsek Airmadidi AKP Stanley Rambing, LO partai, saksi-saksi.(*)

Berikut nama-nama legislator kabupaten Minut yang telah ditetapkan dalam rapat Pleno KPUD Minut

Dapil I Kecamatan Airmadidi-Kalawat
Novi Paulus          (PDIP)       3.053 suara
Denny Lolong       (PDIP)       2.301 suara
Jerry Umboh        (PDIP)        2.170 suara
Joseph Dengah         (PG)      1.835 suara
Olivia Mantiri           (PG)      1.342 suara Shintia Rumumpe (NasDem)   2.391 suara
Stendy Rondonuwu    (PD)   2.464 suara Frederiek Runtuwene(NasDem) 1.208 suara
Azhar                   (PBB)          1.421 suara

Dapil II Kecamatan Dimembe-Talawaan-Likupang Selatan

Cynthia Erkles     (Gerindra)   2.789 suara
Chris Yodi Longdong    (PDIP) 3.671 suara
Vonny A Rumimpunu (PDIP)  2.128 suara
Edwin Nelwan              (PG)      1.542 suara
Paulus Sundalangi (NasDem)  1.285 suara Marssel                       (PAN)       2.249 suara
Stevanus Prasethio      (PD)      1.685 suara

 

Dapil III Kecamatan Likupang Timur-Likupang Barat-Wori

Sarhan Antili        (PKB)            1.640 suara
Janjte Longdong  (Gerindra)   1.936 suara
Gerrit Luntungan   (PDIP)       3.118 suara
Abram Eha              (PDIP)        2.315 suara
Daniel Rumumpe (NasDem)   3.086 suara
Arlens Pungus      (Hanura)     1.961 suara
Denny Sompie       (PKPI)         2.176 suara
Arnol Lamuni             (PD)           772 suara

Dapil IV Kecamatan Kauditan-Kema

Jimmy Mekel       (PDIP)         1.803 suara
Edwin Kambey     (PDIP)        1.244 suara
Paultje Sundah      (PG)           1.928 suara
Meydi Kumaseh  (NasDem)   1.507 suara
Antonhy Pusung (Perindo)    1.120 suara
Stevano Pangkerego     (PD)  1.123 suara

 

Perolehan Kursi Parpol:

PDIP            9    kursi
NasDem      5    kursi
PG                4    kursi
PD                4    kursi
Gerindra     2    kursi
PKB              1    kursi
PKPI             1    kursi
PAN              1    kursi
PBB              1    kursi
Hanura       1    kursi
Perindo       1    kursi

Total           30 kursi

Share