Friday, 15 November 2019

Archive for: August 9th, 2019

Menteri Pariwisata RI Buka Lomba Gerak Jalan Tingkat Kabupaten Minut

Airmadidi,KLABATNEWS-Lomba gerak jalan tingkat kabupaten Minahasa Utara (Minut) dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan RI ke-74 dibuka Menteri Pariwisata RI Dr Ir Arief Yahya MSc didampingi Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, Jumat (09/08).

“Saya mengapresiasi lomba gerak jalan yang diselenggarakan Pemkab Minut di bawah kepemimpinan Ibu bupati yang mengundang antusias masyarakat baik sebagai peserta juga untuk menyaksikan lomba,” ungkap Yahya.

Sementara Bupati Panambunan menyatakan bahwa ini diharapkan menciptakan kebersamaan dan mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat. “Untuk itu, mari kita terus mempererat persatuan dan kesatuan ini, dengan saling menghargai dan saling menghormati agar terus tercipta kerukunan dan kedamaian di Kabupaten Minut yang kita cintai,” tukas Panambunan.

Terpisah, ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI ke-74 Drs Maximilian Tapada MSc menyatakan bahwa lomba ini diikuti oleh pelajar, SKPD, PKK dan Umum. “Lomba diikuti oleh 145 kelompok SD, SMP 96 kelompok, SMU/SMK 21 kelompok, SKPD 36 kelompok, TP-PKK 19 kelompok dan umum 5 kelompok,” urai Tapada.

Lomba gerak jalan ini mengambil garis start di depan Unklab Airmadidi dan finish di depan RSUD Maria Walanda Maramis berlangsung meriah. Ribuan peserta antusias mengikuti lomba. Begitu pun masyarakat, antusias berdesak-desakan memenuhi trotoar jalan untuk menyaksikan lomba gerak jalan yang diikuti berbagai kelompok yang menampilkan berbagai variasi dan atraksi baris berbaris variatif.(*)

Share

Sekda Korengkeng Buka Penyusunan Instrumen Pengendalian Pemanfaatan Ruang, Kawasan sekitar Danau Tondano

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa diwakili Sekretaris Daerah Jeffry Robby Korengkeng SH MSi membuka Penyusunan Instrumen Pengendalian Pemanfaatan Ruang, Kawasan sekitar Danau Tondano, oleh Direktorat Pengendalian Pemanfaatan Ruang Kementerian Agraria dan tata ruang/BPN, pada jumat 9 Agustus 2019, bertempat diruang sidang kantor Bupati Minahasa.

Dalam sambutannya Sekda Korengkeng memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas perkenannyanya, sehingga semua dapat bersama dalam kegiatan konsultasi publik dan focus group discussion Pengendalian Pemanfaatan Ruang kawasan sekitar Danau Tondano.

“Fokus utama pelaksanaan penataan ruang telah beralih dari perencanaan tata ruang ke pengendalian pemanfaatan ruang, namun implementasi penilaian tata ruang ini menemui berbagai macam permasalahan,”

“Persoalan pertama dalam implementasi Pengendalian adalah belum seluruh daerah memiliki Perda RTRW dan rencana rinci yang akan dijadikan dasar untuk melakukan pengendalian pemanfaatan ruang,”

Lanjutnya, bahwa pengenaan sanksi di tingkat kabupaten kota berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Minahasa nomor 1 tahun 2014 pasal 37 maka telah ditetapkan kawasan strategis nasional provinsi dan kabupaten.

“Danau Tondano termasuk dalam kawasan strategis nasional yang ada di Kabupaten Minahasa juga Danau Tondano menjadi salah satu dari 15 Danau prioritas di Indonesia,” katanya.

“Kedepannya pengembangan tata ruang Danau Tondano diarahkan menjadi objek wisata yang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan air baku, termasuk PLTA namun diharapkan menjadi objek wisata yang merupakan aset Kota Tondano seperti Pulau likri, cagar budaya sekitar Danau Tondano, dan sumber mata pencaharian di bidang perikanan air tawar sarana transportasi air, dan publik area jogging track, serta taman bermain untuk kawasan sekitar Danau Tondano,”

“untuk itu melalui kegiatan saat ini diharapkan adanya rujukan masukan serta informasi-informasi dan rekomendasi yang membangun dalam rangka pengendalian pemanfaatan ruang kawasan sekitar Danau Tondano,” Pungkasnya

Kegiatan dilanjutkan pemaparan oleh Dirjen Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Penguasaan Tanah Kementerian ATR/BPN, Dr Ir Budi Situmorang MURP, terkait dengan penataan Danau Tondano kedepan.

Kemudian dilakukan diskusi bersama terkait Pengendalian Pemanfaatan Ruang, Kawasan sekitar Danau Tondano untuk dijadikan rekomendasi pembangunan kedepan.

Hadir Kasubdit Pengendalian Pemanfaatan Ruang Wilayah III Yuniarto Rahadi Utomo ST MM, Kasie Bina Pengendalian Pemanfaatan Ruang Wilayah III, Astuti Yudhiarani ST Murp, Tim Penyusun Deliana, TKPRD Provinsi Sulut, serta Kepala Dinas Terkait di Kabupaten Minahasa.

YVI

Share