Friday, 15 November 2019

Archive for: August 2nd, 2019

Bupati VAP Buka Kegiatan Jalan Sehat Memperingati HUT RI ke-74

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan (VAP) melepas kegiatan jalan sehat membuka rangkaian dalam memperingati HUT republik Indonesia ke-74 dengan mengambil start dari zero point dan finish di lapangan upacara Pemkab Minut, Jumat 2 Agustus 2019.

Kegiatan jalan sehat ini diikuti para pejabat Pemkab Minut, camat dan staf, hukumtua dan perangkat desa dan para guru-guru dan pelajar. Setelah sampai di lapangan kantor bupati dilanjutkan dengan senam SKJ 2013 oleh para pelajar dan dilanjutkan juga dengan kegiatan tenis meja serta tarik tambang antar SKPD.

Bupati pada kesempatan itu dalam sambutannya mengatakan sangat mengucap syukur kepada Tuhan karena semua yang mengikuti jalan sehat pada pagi hari ini dalam keadaan sehat-sehat dan bisa mengawali rangkaian kegiatan dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

“Untuk itu saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Minahasa Utara agar bersama-sama merayakan hari kemerdekaan kita, untuk itu isilah kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif dan berguna untuk bangsa dan negara, terlebih harus takut akan Tuhan,” kata bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Drs Sinpersli Maximelian Tapada MSc kepada media ini mengatakan kegiatan pada pagi hari ini yakni membuka serangkaian kegiatan dalam merayakan HUT RI ke-74.

“Kegiatan-kegiatan memperingati HUT RI pada tahun ini diawali dengan jalan sehat, tenis meja dan tarik tambang dan sampai pada tanggal 20 Agustus 2019 akan digelar pawai budaya. Semoga sejumlah kegiatan ini bisa berjalan dengan baik,” jelas Tapada.(Adv)

Share

Pentingnya Manajemen Media Untuk Polri

Manado, Klabatnewsok.com – Manajemen media menjadi salah satu konsep Promoter yang diterapkan Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. Hal ini disampaikan Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H

Kata dia, ada tiga pendekatan utama dalam konsep Promoter yang berarti profesionalisme, modern, dan terpercaya. Pertama adalah peningkatan kinerja melalui pelayanan publik dan kamtibmas.

Kedua, menekan budaya koruptif, budaya eksesif, dan menekan arogansi atau kesewenangan. “Ketiga ini adalah manajemen media,” ujarnya di Masjid Nurul Jihad, Polda Sulawesi Utara, Jumat (2/8/2019).

Manajemen media kata Irjen Iqbal sangat penting bagi seluruh kementerian dan lembaga, terutama bagi Polri. Apalagi belakangan banyak pemberitaan atau kabar negatif yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Nyatanya, Kapolri sudah melihat situasi akan terjadi seperti sekarang ini sejak 10 tahun lalu. “10 tahun yang lalu beliau sudah paham bahwa ke depan itu media sangat penting untuk dimanage oleh semua kementerian dan lembaga bukan hanya polisi,” tutur mantan Wakapolda Jawa Timur itu.

Untuk itu manajemen media diperlukan. Caranya, dengan menjaga hubungan baik antara polisi dengan insan pers. Setidaknya pers juga bisa ikut mengawasi polisi yang hampir membuat kesalahan sebelum viral di media sosial.

“Kedua kita menekan isu negatif dan mengangkat isu positif. Saya kira bagaikan bagaikan air dan ikan yang tidak terpisahkan, itu personel polisi dengan insan pers karena saat ini media sangat mempengaruhi opini publik, persepsi publik bisa 60-70 persen,” ungkapnya.

Share

Keamanan Jadi Modal Utama Pariwisata di Manado, Kapolri : Kejahatan Tertinggi Mungkin Mabok

Manado, Klabatnewsok.com – Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D mengatakan Keamanan Jadi Modal Utama Pariwisata di Manado, saat memimpin apel di Mapolda Sulawesi Utara, pada Jumat (2/8/2019).

Menurutnya, Pariwisata di Manado, Sulawesi Utara menarik wisatawan bukan hanya lokal tapi mancanegara. Terlebih, terdapat Taman Nasional Bunaken yang memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia.

Namun itu semua tidak akan berarti tanpa terciptanya rasa aman. “Keamanan bukan segala-galanya tapi segalanya tidak ada artinya kalau tidak aman,” ujar Kapolri.

“Salah satu modal penting untuk mendukung pariwisata adalah keamanan. Untungnya di wilayah Sulut situasinya terbilang sangat aman.” Katanya.

Diapun berharap hal tersebut dipertahankan. Berkaca dari Sulawesi Tengah kata Kapolri pernah ada konflik massal di Poso dan memakan banyak korban dari kedua belah pihak.

Akhirnya, hal tersebut berdampak ketakutan wisatawan datang ke daerah tersebut. Padahal menurut Kapolri, Poso memiliki alam yang sangat indah.

“Sementara (menjadi) tidak ada artinya karena tidak ada yang berani datang ke sana. Tugas utama kita menjaga keamanan dan stabilitas politik di wilayah Sulut terus dipertahankan,” tegas jenderal bintang empat itu.

Untuk itu, perlu keselarasan antara pihak terkait untuk menjaga keamanan di Sulut. Nyatanya, Kota Manado yang ada di Provinsi ini masuk dalam objek wisata internasional.

Diketahui, Presiden Joko Widodo sudah menetapkan empat prioritas pariwisata selain Bali. Yaitu Danau Toba, Labuan Bajo, Mandalika, dan terakhir Manado.

Di Manado sendiri, kata Kapolri sudah banyak turis asing yang masuk dan dari situ bisa dijadikan sumber pendapatan daerah dan nasional. “Wisata itu modalnya tidak terlalu besar tapi incomenya besar,” sebutnya.

Sementara itu, dari hasil evaluasi, Sulut menjadi provinsi yang paling aman di wilayah Indonesia. “Sulawesi Utara salah satu Polda yang tidak pernah merepotkan Mabes Polri karena aman. Konflik jarang terjadi, kejahatan paling rendah, paling tinggi mungkin mabok di pinggir jalan lah,” kata mantan Kepala Datasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri itu.

Apalagi, hubungan antara unsur pemerintah dan masyarakat sangat baik. Terlebih hubungan dan koordinasi yang luar biasa antara Polri dan TNI.

“Untuk itu saya ucapkan terima kasih banyak untuk Bapak Pangdam, Danrem Lantamal, Guskamla dan Lanud sehingga hubungan baik antara Polri dan TNI, dua pilar penting dalan ciptakan iklim keamanan ini betul-betul bagus di Sulut,” tukas Kapolri.

Share

Frits Muntu Action Pasca Dilantik

Tondano, Klabatnewsok.com – Hari pertama pasca dilantik sebagai Asisten Administrasi Umum Sekdakab Minahasa, Frits Muntu S.Sos langsung action. Tugas awal yang dilakukannya yaitu berkoordinasi bersama seluruh kepala bagian dan pegawai dijajaran keasistenan III melalui rapat kerja yang berlangsung di ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, pada Jumat 2/8/19.

Muntu dalam rapat tersebut langsung memberikan beberapa arahan kepada para pejabat dan pegawai dijajarannya. Diantaranya dia mengajak untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar mulai dari dalam ruangan masing-masing sampai halaman Kantor Bupati.

“Ini sudah masuk bulan Agustus, jangan lupa juga untuk segera memasang ornamen-ornamen dalam rangka menyambut HUT ke 74 proklamasi kemerdekaan RI,” himbaunya.

Terkait tugas kerja, mantan Inspektur Daerah itu meminta jajarannya untuk melaksanakan tugas dengan baik. “Jangan pernah menunda-nunda pekerjaan. Begitu juga dalam pelayanan, kalau bisa dipermudah jangan dipersulit,” tandasnya.

Muntu tak lupa mengingatkan jajarannya agar selalu disipilin, baik dalam kehadiran termasuk apel pagi, tetapi juga disiplin administrasi. “Hal penting yang harus diperhatikan yaitu disiplin dalam administrasi keuangan. Jangan sampai ada kesalahan yang bisa berakibat pada hal-hal yang tidak diinginkan bersama,” pesan Muntu.

Rapat kerja Keasistenan III ini turut dihadiri Kepala Bagian Humas dan Protokol Drs Moudy Pangerapan MAP, Kepala Bagian TUP dan Keuangan Lona Wattie S.STP, Kepala Bagian Organisasi Nicky Porawouw, S.STP, Kepala Bagian Umum Engelbert Raintung SE, dan jajaran di masing-masing bagian tersebut.

YVI

Share

Pemerintah Minahasa Terus Lakukan Pembenahan Destinasi Pariwisata

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa terus memacu pengembangan Destinasi Pariwisata, termasuk pembenahan beberapa spot Pariwisata, juga melakukan lobi Kepada Pemerintah Pusat yang sudah dilakukan Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Drs Vicky Kaloh saat ditemui dikantornya, Jumat 2 Agustus 2019, membeberkan beberapa kegiatan yang sementara dan akan dilakukan kedepan.

” Saat ini sementara kami lakukan adalah Program pembenahan destinasi Pariwisata, belum banyak tapi kiranya dapat memberikan nilai, sehingga ada nilai tambah dalam Pariwisata di Kabupaten Minahasa,” Katanya.

Lanjutnya, saat ini sementara ada pekerjaan fasilitas danau tondano, yaitu pembangunan gapura sebagai identitas danau tondano dan menara pandang, yang berlokasi berdekatan di Kelurahan Paleloan Kecamatan Tondano Selatan. Juga pembangunan gasebo dan wc umum dilokasi pantai rumbia, pantai manggatasik dan Pantai kora kora

Kemudian Danau tondano akan segera disusun pembangunan destinasinya termasuk pulau likri, yang sebagian Sarana diusulkan ke kementerian agar bisa didanai lewat DAK.

Diakui oleh Kadis Vicky Kaloh bahwa pihaknya juga akan menggelar Festival danau Tondano yang akan dilaksanakan akhir oktober 2019 menyambut HUT Minahasa pada 5 November, yang rencanaya berlokasi di seputaran benteng moraya, dan tahun depan rencananya akan dilaksanakan festival Danau Tondano dengan skala lebih besar.

“Kami akan coba menggelar Festival Danau Tondano dengan skala lebih besar, dengan artian bahwa akan banyak kegiatan yang dilibatkan, sehingga terkemas lebih baik dan mampu menarik perhatian Turis Lokal, Nasional maupun Mancanegara,” katanya.

YVI

Share

KPU Minahasa Gelar Evaluasi Fasilitas Kampanye Umum Serentak

Tondano, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, menggelar Evaluasi Fasilitas Kampanye Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019, bertempat di KPU Minahasa, pada jumat 2 Agustus 2019.

Dalam Evaluasi Fasilitas Kampanye Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 ini, dibahas mengenai penyelenggaraan Pemilu dan penanganan pelanggaran Pemilu.

Kemudian dilanjutkan dengan Materi yang dibawakan dari Kepolisian, Bawaslu dan Pihak KPU Minahasa, sekaligus dengan diskusi dan masukkan dari Pihak Pers maupun Pimpinan Partai yang hadir.

Dalam diskusi ini juga dibahas terkait netralitas ASN, pelanggaran kampanye, termasuk pelanggaran dalam media sosial yang tidak bisa ditindak apabila tidak ada unsur sara, juga Pelayanan Pengamanan dari kepolisian dan perijinan.

Dalam Kesimpulannya Ketua KPU Minahasa Lord Ch Malonda mengatakan, bahwa usulan-usulan yang masuk akan diperjuangkan dalam sonasi sesuai aturan, pengusulan regulasi APK akan diatur, Per PKPU untuk persamaan Regulasi, termasuk pengaturan APK agar bahan habis pakai dapat didaur ulang untuk ramah lingkungan, dan terakhir akan diusulkan untuk pengganggaran untuk media di Minahasa dalam rangka Pemilu 2020.

Acara yang dipandu Kasubag Teknis dan Parmas KPU Minahasa Jerry Oroh SE, diakhiri dengan Ucapan Terimakasih oleh Komisioner KPU Minahasa Rendy Suawa, yang mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini, maka pihak KPU Minahasa akan menjadikan bahan pertimbangan untuk dijadikan bekal kedepan untuk memberikan yang terbaik, atau lebih baik dari saat ini.

Hadir Wakapolres Minahasa Kompol Alkat Karouw, Komisioner KPU Minahasa, Ketua Lord CH Malonda, Anggota Rendy Suawa, Christoforus Ngantung, Piter Mawikere, Lydia Malonda, Anggota Bawaslu Minahasa Erwien Sumampouw, Pemimpin Partai serta Pers liputan Minahasa.

YVI

Share