Sunday, 17 November 2019

Archive for: August 1st, 2019

Sekda Korengkeng Lantik Dua Pejabat Tinggi Pratama Kabupaten Minahasa

Tondano, Klabatnewsok.com – Mewakili Bupati Minahasa, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi melantik 2 (dua) Pejabat Tinggi Pratama, pada kamis 1 Agustus 2019, bertempat diruang sidang kantor bupati.

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa ini, dalam rangka menjawab dinamika penyelenggaraan Pemerintahan, menurut Sekda dalam sambutannya.

“Selain itu, pelantikan ini juga dalam rangka pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, yang seiring dengan kemajuan diberbagai bidang maka menuntut aktualisasi dari seluruh komponen birokrasi, selaku motor penggerak utama dalam merealisasikan tugas-tugas tersebut, untuk terus menerus melakukan evaluasi dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan institusi birokrasi agar menjadi semakin profesional.” Katanya.

Dikatakannya juga bahwa seiring dengan tuntutan perubahan paradigma pemerintahan berdasarkan prinsip-prinsip good governance dan clean government, maka upaya-upaya perbaikan dalam institusi birokrasi perlu untuk dilakukan secara terus menerus sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan organisasi.

“sehingga dapat terjadi perubahan-perubahan mendasar, baik dari sisi kelembagaan, tatalaksana maupun mindset para aparatur birokrasi, khususnya yang ada di lingkungan pemerintah kabupaten minahasa. Kita semua berharap, kedepan dengan berpedoman pada prinsip-prinsip tersebut akan melahirkan the right man on the right position.”

“Kepada pejabat yang baru dilantik, saya perlu mengingatkan kembali, bahwa hal ini merupakan sebuah dinamika karir untuk merefleksikan komitmen, kompetensi, dedikasi, loyalitas dan integritas saudara, kiranya komitmen serta motivasi pengabdian akan tetap menjadi pegangan teguh saudara-saudara,” Pungkasnya.

Adapun Pejabat yang di lantik yakni Hetty Rumagit SH, sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Minahasa yang sebelumnya sebagai Asisten Administrasi Umum Bupati Minahasa (Asisten III), dan Frits Muntu S.Sos dilantik sebagai Asisten Administrasi Umum dan sekaligus sebagai Pelaksana Tugas Inspektur Daerah (Jabatan Lama)

Turut hadir dalam acara pelantikan ini, Mewakili Kajari Kepala Seksi Intelejen Kajari Noprianto Sihombing SH MH, Wakapolres Minahasa Kompol Alkat Karouw S.Sos, Danramil Tondano Pelda Jhony Bura, Jajaran Pemkab Minahasa

YVI

Share

122 Desa di Minut tak Miliki Situs Web Profil Desa

Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Bobby Nayoan SH.

Airmadidi,KLABATNEWS-Dari 125 desa yang ada di Minahasa Utara, 122 di antaranya hingga kini tak memiliki situs web tentang profil desa. Hal ini diungkapkan Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Bobby Nayoan SH.

“Website desa ini sangat penting. Di Minut sudah sangat ketinggalan karena hanya 3 desa yang memiliki profil desa dan 122 desa lainnya sama sekali tidak memiliki website. Karena Website ini berisi seluruh informasi tentang desa, mulai dari demografi, data luas wilayah, lahan pertanian sampai dengan semua data kependudukan di setiap desa,” terang Nayoan.

Menurut Nayoan, penilaian Kementrian Desa terhadap wesite yang berisi profil desa ini sangat tinggi karena akan menjadikan desa yang unggul diantara desa-desa di Indonesia.

“Seluruh desa di Minut wajib punya website berisi profil desa. Jika tidak, maka akan mempengaruhi pengelolaan program-program pembangunan di desa. Ada anggaran Website per bulannya. Tapi jika dibuat secara kolektif bisa saja ada pemotongan harga,” kata Nayoan di sela-sela Bimbingan Teknik Penyusunan Profil Desa berbasis web yang digelar di Hotel Eden Kartika Plaza Bali Senin (29/7) sampai Kamis (01/08).

Bimtek ini dibuka Sekda Ir. Jimmy Kuhu MA, Selasa (30/07) dan diikuti 186 orang dari Minut. Mereka terdiri dari 74 kumtua, 77 sekdes, kaur Keuangan 27 orang, Kaur Pemerintahan 2 orang, Sekcam 1 orang dan BPD 5 orang yang berasal dari 97 desa.

“Ketersediaan data yang valid dan akuntabel adalah elemen penting dalam perencanaan dan program-program profil desa. Namun fenomena selama ini menunjukan bahwa profil desa selama ini belum dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mengingat tahun ini diperhadapkan dengan restrukturisasi perangkat desa dan pemilihan hukum tua 2019 secara serentak,” kata sekda.

Sebagai nata sumber dalam Bimtek ini adalah M Syuri Syaful SE dari Balai Besar Pemdes, Kemendagri di Malang, Sabam P Silaen, SE Ak Auditor Ahli Madya Lembaga Bahana Mulya Dharma(BMD), Bambang Haryadi IT BMD.(*)

Share