Saturday, 24 August 2019

Archive for: July 19th, 2019

Bangunan Sekretariat Pusat Pembelajaran Keluarga Dinilai Mubasir

AIRMADIDI,Klabatnews – Keberadaan bangunan sekretariat Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) yang berada di sudut kanan depan kantor bupati Minahasa Utara dinilai mubasir oleh masyarakat.

Pasalnya bangunan yang didirikan dengan menggunakan APBD Minahasa Utara tersebut sejak selesai dibangun tahun lalu, hingga kini tak juga dipergunakan. “Ini kan namanya hanya buang-buang uang. Sudah dibangun pakai uang negara dan juga uang rakyat tapi tak dimanfaatkan sampai sekarang. Ini tandanya perencanaan pembangunan kantor di kawasan kantor bupati tidak bagus,” kata warga Kecamatan Kauditan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Forsman Dandel S.Sos mengaku bangunan tersebut tidak representatif dan sebenarnya bukan diperuntukkan bagi sekretariat Puspaga.

“Bangunan itu hanya dipinjamkan untuk sekretariat Puspaga dan sebenarnya bangunan untuk tempat genset. Saya masih baru (jadi kadis, red) tapi saya sudah lihat kondisinya. Dan memang kurang pas untuk jadi sekretariat,” katanya, Rabu (17/07).

Untuk itu, imbuh Dandel, sambil mencari bangunan yang lebih representatif maka sebuah ruangan di kantor DP3A telah dipersiapkan sebagai sekretariat Puspaga.

Lanjutnya, Puspaga tersebut berfungsi semacam tempat konseling bagi pasangan yang akan memasuki mahligai rumah tangga. “Ke depannya nanti, pasangan yang akan melangsungkan pernikahan harus datang dulu ke puspaga untuk konseling. Setelah itu baru kami rekomendasikan ke Catatan Sipil,” tutur mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Utara ini.(*)

 

Share

Minahasa Menjadi Daerah Kajian Pengembangan Sistem Transportasi Perkotaan Kawasan Aglomerasi

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa menghadiri Focus Group Discussion “Kajian Pengembangan Sistem Transportasi Perkotaan Kawasan Aglomerasi BIMINDO (Bitung, Minahasa, Manado), pada jumat 19 Juli 2019 di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa, menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat telah memberi perhatian khusus kepada kawasan Bitung, Minahasa, Manado, sebagaimana mengacu pada lampiran peraturan pemerintah no.13 tahun 2017 tentang rencana tata ruang wilayah nasional yang telah menetapkan kawasan Aglomerasi/Metropolitan Bitung-Minahasa-Manado (BIMINDO) sebagaimana layaknya Jabodetabek.

” Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peran transportasi sebagai urat nadi perekonomian. Pembangunan sektor transportasi diarahkan pada terwujudnya sistem transportasi yang efektif dan efisien dalam menunjang dan menggerakan dinamika pembangunan sekaligus mendukung mobilitas manusia, barang serta jasa.”

Bupati juga mengapresiasi pelaksana karena memilih Kabupaten Minahasa menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Forum Group Discussion ini, Suatu antisipasi dari pemerintah dalam hal ini kementerian perhubungan bersama Gubernur Sulut ketika menkaji perhubungan transportasi kawasan perkotaan BIMINDO.

“Tentu dengan kita melakukan suatu kajian dapat menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan dan keputusan menyangkut sistem transportasi yang ada di wilayah ini.” Ujarnya.

Dasar kajian ini akan sangat membantu Pemerintah menentuk mana mode transportasi yang betul-betul memadai dan yang sudah dapat kita terapkan. Tentu mode transportasi yang dibutuhkan untuk 5-10 tahun kedepan.

Dalam rangka pengembangan transportasi dan pariwisata direncanakan adanya angkutan sungai danau di danau tondano berupa taksi danau, yang dapat menjadi satu kajian bersama untuk menjadi mode transportasi yang ada di wilayah tondano dan sekitarnya dengan kajian pengembangan sistem transportasi kawasan perkotaan BIMINDO.

“Semoga Transportasi yang ada di Minahasa kedepan bisa lebih baik dan bermanfaat juga bagi kabupaten/kota yang ada disekitar terlebih bagi Sulawesi Utara.” Ujarnya

Kegiatan dilanjutkan dengan Rapat dalam rangka Pelaksanaan hari ulang tahun perhubungan nasional tingkat propinsi sulut tahun 2019 yang akan dilaksanakan di kabupaten minahasa

Rapat yang dipimpin langsung oleh kepala dinas perhubungan provinsi sulut ibu DR Linda Watania, MM MSi menyampaikan ini adalah rapat perdana, Pelaksanaan kegiatan ini diadakan setiap tahun dan untuk tahun 2019 pelaksanaanya di kabupaten minahasa, Pelaksanaan ini sudah pernah dilaksanakan di kabupaten minahasa pada tahun 2003 dan untuk tahun 2019 pelaksanaannya kembali di kabupaten minahasa.

Dihadiri Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, MSi, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng, SH, MSi, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara Dr.Linda Watania, MM, MSi, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Sulut Reinhard Ronald, S,SIT, MT selaku narasumber, dan Tim dari Universitas Katolik De La Salle Jeffry Worang, Ramon Rumambi dan Ghyslain Le Bihan M. Eng selaku narasumber, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Ir. Hendrik Kaunang, Kasatlantas Polres Minahasa AKP Andre Kilapong, SE, ME, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Drs. Moudy Pangerapan, MAP serta para stakeholders terkait.

YVI

Share

Pemerintah Minahasa Gelar Jalan Sehat Peringati HUT RI Ke- 74

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan Jalan Sehat Dalam Rangka Pembukaan Rangkaian Kegiatan HUT ke 74 Proklamasi Republik Indonesia, pada jumat 19 Juli 2019, bertempat
di Lapangan Dr Sam Ratulangi Tondano.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, Memanjatkan Puji syukur atas perkenan Tuhan sehingga semua dapat hadir ditempat ini untuk mengikuti kegiatan jalan sehat dalam rangka pembukaan rangkaian kegiatan HUT ke-74 proklamasi kemerdekaan republik indonesia dengan mengambil Tema Menuju Indonesia Unggul.

“Marilah kita menghayati jiwa proklamasi untuk memotivasi kita untuk melanjutkan apa yang menjadi cita-cita bangsa. Mari kita berpatisipasi diseluruh acara kegiatan sampai pada acara puncak detik-detik proklamasi.”

Bupati Minahasa juga menyampaikan selamat merayakan hari pengucapan syukur pada hari minggu 21 juli 2019 kepada seluruh warga masyarakat di kabupaten Minahasa,” marilah kita merayakan hari pengucapan syukur ini dengan penuh hikmat dan mengucap syukur kepada Tuhan yang maha besar sambil menjalin kekeluargaan antar sesama.”ujarnya.

“Mari merayakan pengucapan syukur dengan tidak berlebih lebihan, dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol serta tidak melakukan hal hal yang melanggar hukum. Selamat berpengucapan Syukur Tuhan Yesus memberkati,” Pesan ROR.

Usai jalan sehat dan senam bersama, Bupati dan Wakil Bupati serta Forkopimda minahasa meninjau kerja bakti pengangkatan eceng gondok di DAS Tondano tepatnya di belakang Lapangan Dr Sam Ratulangi dan untuk diketahui bahwa kerja bakti dilaksanakan di lima titik sebagai berikut.

1. Sepanjang jembatan Tonsea Lama hingga Jembatan Kampung Jawa, di sisi kiri dan kanan sungai masing-masing satu kelompok.
2. Sepanjang Jembatan Kampung Jawa hingga Jembatan Ranowangko, di sisi kiri dan kanan sungai masing-masing satu kelompok.
3. Jembatan Ranowangko sampai Jembatan Pasar Bawah, di sisi kiri dan kanan sungai masing-masing satu kelompok.
4. Jembatan Pasar Bawah sampai lokasi Taman God Bless Minahasa, di sisi kiri dan kanan sungai masing-masing satu kelompok.
5. Samping GPdI sampai Kelurahan Tuutu, di sisi kiri dan kanan sungai masing-masing satu kelompok.

Hadir pada kegiatan jalan sehat Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK, Dandim 1302 Minahasa, Letkol Inf Slamet Raharjo S.Sos, MSi, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung SH, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tondano Djainuddin Karanggusi, SH, MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Jeffry Korengkeng SH, MSi, Ketua TP PKK Kab. Minahasa, Dra. Fenny CH Roring Lumanauw, SIP, Wakil Ketua TP PKK Kab. Minahasa, Martina Dondokambey Lengkong, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Minahasa, Seeve Korengkeng Warouw, Instansi Vertikal, Kepala Lapas Tondano, dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

YVI

Share