Saturday, 24 August 2019

Archive for: July 16th, 2019

ROR Instruksikan Dinas Lingkungan Hidup Buat Toga Program Atasi Eceng Gondok

Tondano, Klabatnewsok.com – Perhatian yang ditunjukan Bupati dan Wakil Bupati Ir. Royke Octavian Roring M.Si – Robby Dondokambey S.Si (ROR-RD) untuk mengembangkan Danau Tondano, patut diberikan apresiasi. Pekan ini, Pemkab Minahasa, bersama sembilan instansi dari Pemprov Sulut serta Pemerintah Pusat, akan menindaklanjuti hasil pertemuan Bupati ROR dengan Presiden RI Ir. Joko Widodo beberapa waktu lalu.

“Masalah enceng gondok adalah salah satu masalah yang perlu di bahas bersama dalam rapat nanti. Karena belum lama ini sungai tondano menjadi viral di pemberitaan dan media sosail karena tertutup eceng gondok, sehingga para nelayan tidak bisa melakukan aktifitasnya,” kata Bupati ROR melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Minahasa, Dr. Wilford Siagian MA saat memimpin rapat kegiatan bersih-bersih sungai, menuju Danau Tondano, didampingi Kadis LH Ir. Wenny Talumewo dan Kabid Persampahan Marthen Weku S.Sos, bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, pada Selasa 16 Juli 2019.

Siagian mengatakan bahwa Bupati telah menginstruksikan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH), untuk mencari solusi jangka pendek, menengah dan panjang dalam penanganan eceng gondok.

“Jangka pendeknya, cepat membersihkan melalui kerja bakti di beberapa spot yang harus dibersihkan. Untuk jangka menengah yakni mana yang sudah terkumpul, dan jangka panjang yaitu dipelihara supaya tetap bersih,” ungkap Siagian.

Selain itu, dimintakan bagi Camat, Hukum Tua, Lurah yang berdomisili di seputar Danau Tondano, agar menjaga wilayahnya masing-masing untuk tetap bersih. “Disamping ada upaya-upaya dari Bupati dan Wakil Bupati, untuk pengembangan Danau,” tutur Siagian.

Dikatakan juga, terkait Danau Tondano, sudah ada perhatian khusus dari Presiden. Dimana Gubernur Sulut telah di undang Presiden dalam rapat terbatas, salah satunya membahas terkait pengembangan danau tondano. “Karna itu pemerintah dan masyarakat harus bersama menjaga, melestarikan dan membersihkan sungai dan danau tondano,” kata Siagian.

YVI

Share

Wabup RD Hadiri HUT Jemaat GMIM Petra Sawangan Ke- 151

Sawangan, Klabatnewsok.com – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, SSi, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Martina Dondokambey – lengkong menghadiri Ibadah Syukur HUT GMIM Petra Sawangan ke-151, pada Selasa 16 Juli 2019

Hadir juga Ketua BPMW Kembes Pdt. Gustaf Walangitan, Ketua BPMJ GMIM Petra Sawangan Pdt. Mariana Potu-Matalehemual, Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Farly Kotambunan, SE, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Camat Tombulu Soni Saina, SH, Kapolsek Tombulu Rudhan Kasenda, Hukum Tua Desa Sawangan Like Singal-Kapoh, Panitia Pelaksana, Tamu undangan dan Jemaat yang bersyukur.

Selaku Khadim Pdt. Anthonius Dan Sompe, MTh, MPdK selaku Wakil Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM Bidang Ajaran, Pembinaan dan Penggembalaan

Dalam Sambutan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, mengatakan, Perjalanan Pelayanan Jemaat Petra Sawangan sebagai Gereja yang senantiasa bersaksi, bersekutu dan melayani dalam persekutuan Gereja Masehi Injili di Minahasa hingga boleh menapaki usia pelayanan ke-151 adalah berkat anugerah Tuhan.

“Tantangan dan pergumulan yang dilalui selama 151 tahun perjalanan pelayanan jemaat menjadikan jemaat semakin dewasa dalam iman.
Momentum ibadah syukur HUT ini kiranya memberi motivasi dan semangat baru kepada seluruh pelayan dan jemaat untuk semakin meningkatkan komitmen melayani Tuhan dan menjadi berkat bagi sesama agar pelayanan penginjilan yang kita lakukan benar-benar memberi buah.” Katanya.

“Untuk itu sukacita yang dirasakan jemaat saat ini hendaklah dikembalikan kepada Dia sumber berkat dalam bentuk ucapan syukur yang berkenan kepada Tuhan.”

“Banyak tantangan yang dihadapi gereja masa kini namun kita yakin dan percaya Tuhan sanggup mengalahkan berbagai bentuk persoalan. Gereja harus menjadi pengikat persaudaraan antar sesama warga gereja dan masyarakat dan gereja diajak untuk terus maju bersama Tuhan sebagai wadah spiritual dalam pembentukan karakter, harus konsisten dengan tugas gereja itu sendiri untuk maju dalam pelayanan bersama Tuhan Yesus sebagai kepala gereja.”

“Terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Minahasa yang senantiasa menopang dan mendukung Pemerintah dalam penyelenggaraan Pemerintahan daerah lewat partisipatif aktif dalam setiap program dan kegiatan pemerintah dan telah menjadi mitra Pemerintah dalam menjalankan fungsi pengawasan, kiranya sinergitas dan kerjasama ini akan senantiasa terjadi demi tanah minahasa yang semakin hebat kedepannya.”

Pada Kesempatan ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan sumbangan untuk Gereja GMIM Petra Sawangan sebesar 200 Juta Rupiah.

YVI

Share

Rapat Dengan Forkopimda, Bupati ROR Bahas Perayaan Pengucapan Syukur dan Masalah Eceng Gondok

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi menggelar rapat bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), di Restoran MOI Tondano, pada Selasa 16 Juli 2019.

Pertemuan itu pada intinya membahas dua agenda penting yang akan dilakukan pekan berjalan ini.

Pertama, terkait strategi pengamanan perayaan Pengucapan Syukur Minahasa dalam membendung potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta upaya mengurai kemacetan.

Menurut Bupati, Pemkab Minahasa dalam hal ini petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) akan ikut dilibatkan untuk membantu aparat kepolisian dan TNI.

“Begitu juga untuk seluruh camat, lurah dan hukum tua sudah diinstruksikan untuk mengingatkan masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan, salah satunya dengan tidak mengkonsumsi minuman keras,” papar Bupati.

Begitu juga untuk jalan-jalan sempit yang berpotensi mengakibatkan kemacetan, aparat kepolisian bersama pemerintah akan mengupayakan adanya penjagaan dan pengaturan lalu lintas.

“Intinya sebagai tuan rumah yang baik semua lapisan masyarakat punya tanggung jawab dalam menjaga keamanan dan kenyamanan tamu,” kata Bupati sambil menghimbau warga untuk memaknai dan merayakan pengucapan syukur dengan tidak berlebihan.

Sementara agenda kedua yang dibahas pemerintah bersama Forkopimda yaitu terkait penanganan eceng gondok di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano. Itu menyusul terjadinya penumpukan eceng gondok di Sungai Tondano akibat terbawa tiupan angin kencang beberapa hari terakhir ini.

“Kondisi ini terjadi akibat faktor alam yang tentunya tidak bisa dibendung, tapi pemerintah dan forkopimda akan melakukan upaya-upaya pengangkatan eceng gondok di sepanjang DAS Tondano,” ujarnya.

Menurut Bupati, Pemkab Minahasa sudah membuat jadwal untuk lokasi yang jadi sasaran pembersihan, dimana ada 5 titik sepanjang DAS Tondano dan masing-masing kelompok membersihan sisi kiri dan kanan sungai.

“Untuk pelaksanaanya akan dilakukan Jumat 19 Juli nanti dengan melibatkan perangkat di kecamatan dan kelurahan sekitar serta SKPD terkait,” pungkas Bupati.

Diketahui, ada lima lokasi jalur sungai yang jadi sasaran pembersihan eceng gondok (lihat grafis). Sementara turut hadir dalam rapat ini Sekretaris Daerah Minahasa, Jeffry Korengkeng SH MSi, Kajari Minahasa Rakhmat Budiman SH MH, Dandim Minahasa, Dandim Manado, Kapolres Minahasa, Kapolres Tomohon dan Kepala Badan kesbangpol Minahasa.

YVI

Share