Thursday, 19 September 2019

Archive for: July 2nd, 2019

Petani di Minahasa Dapat Bantuan 5 Unit Alat Panen Jagung Tipe Besar

Tondano, Klabatnewsok.com – Petani di Minahasa kembali menerima bantuan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, sebanyak 5 Unit alat panen jagung ukuran tipe besar, sudah berada di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa sejak pekan lalu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Ir Suhban Torar, saat dihubungi dikantornya membenarkan bahwa sudah menerima 5 alat panen jagung dengan ukuran Tipe besar, yang saat ini sudah ada dihalaman kantor.

Diakui oleh Torar bahwa memang pihaknya telah bermohon di Kementerian untuk mendapatkan alat panen jagung ini, namun yang diminta sebanyak 10 alat panen jagung tipe kecil.

“Kami bermohon mendapatkan bantuan alat panen jagung dengan tipe kecil sebanyak 10 Unit, tapi kami menerima sebanyak 5 unit dengan tipe yang besar,” ujarnya.

Diapun menjelaskan bahwa alat panen yang sudah ada dikantornya ini, merupakan alat panen multi fungsi, karna saat memanen jagung hasilnya langsung masuk karung dalam bentuk butiran jagung. Dan harga alat ini per unit diperkirakan sekitar 200 sampai 300 juta rupiah dengan menggunakan bahan bakar solar.

Sayangnya Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa masih menunggu petunjuk Kementerian Pertanian Republik Indonesia, terkait kepada siapa alat ini akan diberikan.

“Maunya kami segera diberikan kepada Petani, tapi kami harus tetap menunggu petunjuk dari Kementerian, apakah akan diberikan kepada Brigade atau kepada kelompok Tani agar tidak salah peruntukan,” jelasnya.

Ir Suhban Torar juga mengatakan bahwa Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa, bakal menerima bantuan lagi dari Kementerian,” kemungkinan akan ada bantuan lagi yang datang untuk tahun 2019, apa itu kita lihat saja nanti,” pungkasnya.

YVI

Share

Bupati ROR Sambut Kapolda di Mapolres Minahasa

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi Menghadiri Acara Kunjungan Kapolda Sulut Irjen Pol DR R. Sigid Tri Hardjanto SH MSi dan Ketua Bhayangkari Daerah Sulut Ny. Nunuk Sigid Tri Hardjanto di Polres Minahasa, pada Selasa, 2 Juli 2019.

Turut Hadir Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo SSos MSi, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK, Kajari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani SH MKn, Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tondano Djainuddin Karanggusi SH MH, Asisten Pemerintahan dan Kesra DR Denny Mangala MSi.

Bupati Minahasa menyampaikan Apresiasi dan terima kasih atas kunjungan kerja dari Bapak Kapolda di wilayah Kabupaten Minahasa, dan ini juga merupakan Perhatian kepada kita di kabupaten Minahasa yang memang selama ini pihak kepolisian dengan Pemerintah bersama Forkopimda bekerja sama dengan baik dalam rangka penjaminan Keamanan dan ketertiban di Kabupaten Minahasa.

Bupati Minahasa juga menyampaikan bersama pemerintah dan rakyat minahasa “Selamat hari ulang tahun Bhayangkara Ke-73 Dirgahayu Bhayangkara, Semoga Selalu Menjadi Pengayom Masyarakat.”

YVI

Share

ROR-RD Ucapkan Selamat Kepada Presiden Terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin

Minahasa, Klabatnewsok.com – Pasca Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) menetapkan pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 melalui rapat pleno, Minggu (30/6), maka momentum ini langsung disambut antusias publik Tanah Air.

Ucapan selamat bagi pasangan Jokowi-Ma’ruf berdatangan dari berbagai penjuru negeri, tak terkecuali dari pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Minahasa sebagaimana ungkapkan Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR) didampingi Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (RD).

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan selamat menjalankan tugas memimpin negara lima tahun kedepan,”

“Semoga Bapak Presiden dan Wakil Presiden selalu diberi kesehatan dan kemampuan dalam menjalankan tugas mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia serta membangun negeri ini semakin hebat kedepan,” harap Bupati.

Terkait penetapan dari pihak KPU-RI tersebut, Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Minahasa untuk menghormati dan mendukung keputusan itu. Selain itu, Bupati ROR juga mengapresiasi kinerja seluruh pihak yang telah menyelenggarakan Pemilu serentak 2019 secara aman dan damai terutama di Kabupaten Minahasa.

“Kembali saya menyampaikan apresiasi kepada pihak KPU dan Bawaslu yang telah menyelenggarakan pemilu dengan aman damai, dan tentunya terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah mengawal keseluruhan proses pemilu tahun ini,” ungkapnya.

Semua perbedaan yang ada selama pelaksanaan pemilu tahun ini diharapkan tidak terus berlanjut. “Sekarang saatnya kita melanjutkan pembangunan dan melupakan semua perbedaan, mari kita hidup berdampingan dan bergandengan tangan sebagai saudara se-bangsa dan se-tanah air,” pungkas Bupati ROR.

Sesuai penetapan pihak KPU-RI sebelumnya, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dinyatakan menang di Pilpres 2019 dengan jumlah suara 85.607.362 suara atau 55,50 persen serta mengungguli perolehan suara atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan jumlah suara 68.650.239 suara atau 44,50 persen.

YVI

Share

Hari Keluarga, Hari Kita Semua” dengan slogan “Cinta Keluarga, Cinta Terencana

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar Apel Kerja Awal Bulan Juli Dirangkaikan dengan Peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXVI Tahun 2019, pada Senin 1 Juli 2019 Di Halaman Kantor Bupati Minahasa.

Dihadiri Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring MSi. Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey,SSi. Sekda Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH,MSi. Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa serta ASN dan THL Kabupaten Minahasa.

Dalam Sambutan Kepala BKKBN yang dibacakan oleh Bupati Minahasa, bahwa program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang disingkat KKBPK di indonesia secara kwantitas dan kualitas cukup menggembirakan. Rata-rata wanita usia subur melahirkan (TFR) dari 6,7 pada tahun 1970 menjadi 2,4 pada tahun 2018.

Ini Rata-rata jumlah anak setiap wanita usia subur 2-3 orang anak. Secara kualitas penggunaan alat kontrasepsi sudah banyak yang menyukai metode jangka panjang untuk mengatur jarak kelahiran, keberhasilan tersebut tentu berkat komitmen yang kuat para pemangku kepentingan dengan para mitra kerja BKKBN.

Sesuai amanat dari keputusan presiden Nomer 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional tidak lain karena pemerintah menyadari pentingnya lembaga keluarga dalam membangun suatu bangsa, keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara.

Setiap negara memiliki fungsi yang disebut 8 fungsi keluarga, fungsi-fungsi tersebut yaitu, 1.) Fungsi Agama 2.) Fungsi Cinta Kasih, 3.) Fungsi Perlindungan, 4.) Fungsi Ekonomi, 5.) Fungsi Pendidikan, 6.) Fungsi Reproduksi, 7.) Fungsi Sosial Budaya, Serta ke 8.) Adalah fungsi lingkungan. Melalui 8 fungsi keluarga itulah diharapkan setiap keluarga mengetahui, memahami dan melaksanakan, mengingat setiap fungsi tersebut merupakan satu kesatuan yang tak terpisahakan.

Saat ini perubahan lingkungan strategis terjadi dengan cepat, dimana suatu hal yang dipandang baik bagi kehidupan pada beberapa dekade yang lalu, belum tentu saat ini dapat diterima. Terlebih dengan gaya hidup yng semakin modern dan kesibukan orang tua yang semakin meningkat, akan berdampak pada tatanan kehidupan keluarga, misalnya waktu berkumpul dengan keluarga secara kulitas mulai terasa terabaikan, terjadi kesenjangan komunikasi antara orang tua dan anak karena terbatasnya waktu untuk mendengarkan keluh kesah atau problematika terutama pada anak remaja, keluarga sering tidak tanggap atau kurang peduli pada kejadian-kejadian di lingkungan, budaya gotong royong antar warga, antar masyarakat bisa dikatakan hampir luntur.

Peringatan Harganas XXVI tahun ini mengambil Tema “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” dengan slogan “Cinta Keluarga, Cinta Terencana” dengan tema dan slogan tersebut, maka peringatan Harganas Diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum dan pemacu bagi keluarga indonesia untuk terus-menerus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas.

Beliau menambahkan,mengucapkan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih,selamat HUT Bhayangkara yang ke 73 tahun yang tepatnya pada hari ini 1 juli 2019, selamat juga kepada ASN yang sudah menerima SK Pensiun, penerima SK kenaikan pangkat, penerima piagam penghargaan 50 tahun perkawinan kepada keluarga Tumimomor Tielung dan kepada penerima bantuan alat teknologi tepat guna kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera secara simbolis kepada kelompok UPPKS mawar desa timu kecamatan remboken dan kelompok UPPKS pakuweni kelurahan makalonsow kecamatan tondano timur, serta Pelepasan peserta lomba duta genre tingkat provinsi sulut tahun 2019 utusan kabupaten minahasa yang ditandai dengan pemasangan selempang.

Bupati ROR menginstrusikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk menyelesaikan anggaran karna saat ini kita sudah memasuki triwulan ke 3, dan juga kepada seluruh organsasi perangkat daerah untuk dapat menindaklanjuti apa yang telah saya perjuangkan dikementerian.

YVI

Share

Bupati ROR : Kuasa Doa Sangat Luar Biasa

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar ibadah Oikumene Awal Bulan Juli 2019, pada hari Senin 1 Juli 2019 dilaksanakan di KGBI Imanuel Tondano, dan Bupati Ir Royke O Roring MSi menyampaikan beberapa hal Penting ini.

Ibadah yang dipimpin oleh Pdt Jolly Sondakh MTh mengambil bagian Firman Tuhan dalam Matius 6:5-15 tentang Hal Berdoa.

“Kita boleh bersama-sama ada di Hari pertama minggu yang baru bulan yang baru di bulan juli, kita percaya semuanya hanya oleh perkenanan Tuhan”

“Tentu kita selalu bersyukur atas berkat-berkat Tuhan yang boleh kita rasakan selama setengah tahun berjalan ini. Gaji 13 Diperuntukan pemerintah untuk pegawai dalam rangka tahun ajaran baru anak sekolah,” kata Bupati ROR.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Minahasa telah Menyanggupi lewat APBD untuk seragam sekolah sepatu dan tas untuk siswa-siswi yang baru akan masuk SD kelas 1 dan SMP kelas 7.

“Seperti khotbah yang sudah disampaikan tadi mengenai Hal berdoa, kita semua pasti sering mendoakan hal yang kita harapkan kepada Tuhan
Menjadi kesaksian pribadi yaitu menjadi bagian dari doa sejak tahun 2007, jika diperkenankan untuk menjadi Bupati dan melayani masyarakat Minahasa, tetapi tak dapat diduga Manusia, diluar kendali kita, Tuhan boleh menjawab doa ditahun 2018,”

“Artinya kuasa Doa sangat luar biasa dalam kehidupan kita.” katanya.

“Mari kita bekerja dengan penuh ketekunan, dan Tuhan yang akan menilai kinerja kita, dan melalui siapa saja pasti akan sampai pada Pimpinan,” jelasnya.

“Kita bersyukur Pemerintah Kabupaten Minahasa 5 tahun berturut boleh mendapatkan Opini WTP,
Diharapkan kepada para kepala OPD dan pengelola keuangan bahwa rekon aset /mutasi aset sangat penting, mari memperhatikan hal-hal yang penting agar kita dapat terus mempertahankan opini WTP.” Pungkasnya.

Dihadiri Pdt Jolly Sondakh MTh selaku sekretaris departemen ajaran BPMS GMIM sebagai Khadim, Gembala jemaat KGBI Imanuel Tondano Pdt DR Joubert Warouw, Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Sekda Kab Minahasa Jefrry R Korengkeng SH MSi, Ketua TP PKK Minahasa Dra Fenny Ch M Roring Lumanauw SIP, Wakil Ketua TP PKK Martina Dondokambey Lengkong, Kepala Kantor Kementrian Agama Minahasa Sonya Mongkau SE, mewakili Kajari Minahasa Felix Palit SH, FKUB, Khadim OPD, rohaniwan serta seluruh ASN Minahasa.

YVI

Share

Pemerintah Minahasa Gelar Assessment Test Untuk Mengisi Jabatan Kosong dan Menempatkan Pejabat Yang Tepat

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si Bersama Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si menghadiri pelaksanaan Assessment Test di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tahun 2019, pada senin 1 Juli 2019, bertempat Aula Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Minahasa.

Dasar dari Pelaksanaan Assessment Test ini tertuang dalam UU nomor 5 Tahun 2019 tentang aparatur sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, tentang manejement PNS serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014,  tentang Tata cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara Terbuka di Lingkungan Instansi pemerintah.

Salah satu kebijakan pemerintah dalam menata sumber daya manusianya khususnya yang akan menduduki jabatan struktural di tiap eselon adalah dengan cara assessment test. Hal ini bertujuan agar jabatan tersebut bisa diisi oleh orang yang tepat (right man on the right place). Perlu diketahui pula bahwa yang dapat diusulkan mengikuti assessment test adalah seorang yang sudah lolos persyaratan administrasi, seperti kepangkatan, riwayat pekerjaan dan pendidikan.

Pelaksanaan Assessment Test di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa ini bertujuan untuk menjaring pemimpin atau pejabat yang memiliki Integritas, Kompetensi dan mampu mengelola setiap tugas kerja dalam satu posisi jabatan yang sesuai dengan bidangnya.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring M.Si menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam persiapan mengisi jabatan – jabatan yang kosong, bupati juga mengatakan kepada para peserta untuk bersyukur karena sudah diberi kesempatan untuk mengikuti assessment test ini.

Bupati mengatakan hasil Assesment test ini bukan hanya mempersiapkan ke esselon II tetapi juga meninjau keberadaan dijabatan saat ini, jika di tinjau dari keberadaan jabatan tidak memadai akan menjadi pertimbangan untuk mutasi kedepan.

Selanjutnya Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si secara resmi membuka pelaksanaan assessment test Pemerintah Kabupaten Minahasa Tahun 2019.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng, SH, MSi,
Inspektur Kabupaten Minahasa Frits Muntu, S.Sos, Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Minahasa Ir. Teddy Kamagi.

YVI

Share