Thursday, 19 September 2019

Archive for: July 1st, 2019

Pengurus Wilayah Rohani dan Stasi di Paroki Airmadidi Dilantik Pastor Aloysius Talangi Pr

Airmadidi,KLABATNEWS-Minggu (30/6) Setelah dirapatkan oleh umat di wilayah rohani dan stasi pada tanggal 13 dan 23 Juni lalu, akhirnya seluruh pengurus 18 Wilayah Rohani dan 1 Pengurus stasi di Paroki Airmadidi dilantik dan diambil janji oleh Pastor Aloysius Talangi Pr dalam rangkaian perayaan Misa kudus Minggu (30/6).

Perayaan Misa kudus dipimpin langsung Pastor Antonius Aloysius Talangi Pr, dengan mengambil bacaan Pertama Kitab Pertama Raja-raja 19 : 16b.19-21.
Bacaan kedua Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Galatia 5 : 1. 13-18. Dan bacaan Injil Lukas 9 : 51-62.

“Perayaan misa ini juga adalah rangkaian syukur peringatan pesta Pelindung,” kata Pastor.

Lanjutnya Santo paroki kita St Antonius De Padua yang kita rangkaikan dengan pelantikan dan syukuran pengurus wilayah rohani dan stasi yang baru.
Kendati kita pun telah merayakan misa pesta pindung pada tanggal 13 Juni lalu. “Dan bacaan-bacaan kitab suci menjadi penuntun bagi pengurus yang baru, kita bisa belajar dari kisah Elia dan Elisa, dan bacaan kedua pun punya pesan yang penting yaitu untuk saling kerja sama yang baik antar pengurus dengan jiwa melayani,” ungkap pastor Talangi dalam penggalan khotbahnya.

Dan tidak lupa juga pastor Talangi ingatkan kembali bagaimana teladan St Antonius De Padua yang menjadi pelindung paroki Airmadidi.

“Dia sangat terkenal dengan khotbah-khotbahnya yang ulung, juga menemukan barang yang hilang. Jadi pengurus yang terpilih juga bisa belajar darinya yaitu mencari jiwa-jiwa yang hilang dari wilayah rohani dan menjaga jiwa-jiwa yang ada,” imbuh pastor Talangi yang tidak lama lagi akan mengakhiri masa tugas di Airmadidi.

Terpisah, ketua Dewan Pastoral Paroki Dr.Cornelis Dj Massie SH, MH bersyukur karena dapat melayani mempersiapkan pemekaran wilayah rohani dan pelantikan seluruh pengurus periode 2019 sampai 2022.

Seluruh rangkaian pelantikan diakhiri dengan jamuan syukur seluruh umat dalam jamuan kasih dan penyerahan kenangan berupa piagam ucapan terima kasih pada seluruh pengurus wilayah rohani dan stasi yang lama atas pelayanan dan pengabdiannya.(*)

Share

Dana Desa Tahap II di Kabupaten Minahasa Segera Dikucurkan

Tondano, Klabatnewsok.com – Sebanyak 221 Desa di Kabupaten Minahasa Segera Menerima Dana Desa (DD), Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Jeffry Sajow SH, Pada 1 Juli 2019 diruang kerjanya.

Dijelaskannya bahwa saat ini sementara proses untuk dilakukan pencairan ke rekening masing-masing Desa, namun dari 227 Desa yang ada di Kabupaten Minahasa, terdapat 6 Desa yang masih perlu kelengkapan administrasi.

Selain DD, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Minahasa juga sementara menunggu kelengkapan administrasi untuk pencairan Alokasi Dana Desa (ADD), untuk 227 Desa di Kabupaten Minahasa.

“Untuk DD, harus ada laporan realisasi Pekerjaan (LRP), capaian output DD tahun anggaran 2018 disertai dokumentasi foto, kemudian laporan penyerapan realisasi capaian output DD tahap 1 tahun 2019 disertai foto, surat pengajuan DD tahap dua, disertai foto atau dokumentasi.” Jelas Sajow.

Lanjut Sajow bahwa untuk ADD, setiap Desa Harus mengajukan persyaratan administrasi, yang mengacu pada Perbup no 11 tahun 2019. dan untuk pencairan tahap 2, harus ada laporan realisasi ADD tahap 1, dan minimal penyerapan 50 persen, disertai dokumentasi foto penggunaan, kedua surat pengajuan ADD tahap 2, dan juga diserta foto atau dokumentasi.

Anggaran yang telah disediakan oleh Pemerintah untuk DD tahun anggaran 2019 untuk 227 Desa di Kabupaten Minahasa, Sebesar 170 Milyar 62 juta 89 ribu rupiah, yang diberikan sebanyak 3 Tahap dengan besaran 20 persen tahap I, 40 Persen Tahap II, dan 40 Persen Tahap III.

Sedangkan untuk ADD sebesar 72 Milyar 75 JUTA 133 Ribu rupiah yang diberikan 3 tahap, tahap pertama sebesar 40 Persen, tahap Kedua 40 Persen dan tahap tiga sebesar 20 Persen.

YVI

Share

Bupati ROR Dampingi Gubernur OD, Syukur HUT Ke-143 Jemaat GMIM Petra Poopoh

Poopoh, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring M.Si, Mendampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, dalam Acara Syukur Hari Ulang Tahun ke – 143 Jemaat GMIM “PETRA” Poopoh Wilayah Tanawangko Dua dan dirangkaikan Pentahbisan Pastori, pada Minggu (30/6) 2019.

Ibadah di Pimpin Pdt Evert Tangel STh MPd.K, Sekretaris Umum BPMS GMIM.

“Puji dan syukur patutlah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas berkat yang senantiasa dilimpahkan-Nya dalam kehidupan kita, sehingga Jemaat GMIM Petra Poopoh boleh memasuki gerbang pelayanan ke-143 tahun, serta atas tuntunan dan anugerah yang diberikan kepada Jemaat, sehingga dimampukan menyelesaikan proses pembangunan Pastori, sehingga hari lni boleh diresmikan.” Gubernur OD

“Sehubungan dengan Itu, saya atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, serta selaku pribadi dan keluarga, mengucapkan selamat atas rangkaian syukur saat ini. Kiranya, rangkaian momentum sukacita Ini akan melahirkan komitmen baru bagi segenap Jemaat untuk terus berkarya dalam pelayanan bagi Jemaat, masyarakat, daerah dan bangsa tercinta.”

“Dalam rangkaian momentum sukacita dan syukur saat ini, merupakan buah dari tuntunan dan penyertaan Tuhan kepada jemaat sekalian, sekaligus hasil dari sinegritas visi dan langkah serta kebersamaan yang senantiasa terjalin diantara segenap komponen Jemaat GMIM Petra Poopoh.”

“Ini merupakan wujud nyata dari komitmen Jemaat GMIM Petra Poopoh untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, karena itu patut untuk diapresiasikan dengan langkah kerja pelayanan yang semakin konstruktif kedepan. Yakni bagaimana segenap komponen Jemaat mampu terus melembagakan persatuan yang telah ditujukan selang perjalanan pelayanan termasuk selama proses pembangunan fisik Pastori yang diresmikan hari ini.”

“Untuk itu, saya mengajak Jemaat sekalian agar menjadikan momentum ini sebagai wahana peningkatan persatuan dan keutuhan jemaat sekaligus, rasa persaudaraan dan harmonisasi pelayanan serta senantiasa menggantungkan pengharapan kepada Tuhan.”

Gubernur Juga Menyampaikan beberapa hal Dalam konteks pelayanan berjemaat dimana kita dituntut untuk terus melebarkan sayap pelayanan sehingga dampak dari pelayanan itu sendiri dapat dirasakan oleh lingkungan sekitar bahkan dalam pembangunan daerah dan bangsa, jemaat di tempat ini di tantang untuk semakin responsif dan antisipatif terhadap dinamika tantangan serta peluang perkembangan zaman saat ini seperti, degradasi moral peradaban dan penyalahgunaan narkoba, miras, pergaulan bebas, tindak kekerasan dan kriminalitas dan lain sebagainya, oleh sebab itu jemaat di tantang untuk terus memberdayakan potensi, talenta dan sumberdaya yang dimiliki untuk ikut membantu Pemerintah dalam memerangi kemiskinan, mengurangi pengangguran, guna mewujudkan ketahanan pangan serta optimalisasi berbagai sektor, seperti pariwisata.

“Disamping itu jemaat harus senantiasa tampil sebagai pelopor pemersatu bangsa dengan senantiasa menjaga dan meningkatkan kerukunan serta kedamaian sebagaimana yang telah terangkai indah selama ini.”

“Selamat atas rangkaian syukur dan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menuntun dan menyertai setiap karya dan kerja kita dalam membangun daerah dan bangsa tercinta.”

Bupati ROR Juga Menyampaikan Atas Nama Pemerintah Pribadi dan Keluarga Roring Lumanauw juga Wakil Bupati Keluarga Dondokambey Lengkong, Selamat Ulang Tahun Ke 143 Jemaat GMIM “PETRA” Poopoh Wilayah Tanahwangko II.

Sebelumnya di dahului dengan Penandatanganan Prasati dan Peresmian Pastori Jemaat GMIM “Petra” Poopoh Tanawangko II.

Dihadiri Ketua TP PKK Prov. Sulut Ir. Ny. Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, Jajaran pemerintah provinsi Sulut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Minahasa Dr Denny Mangala, M.Si, Kadis Pertanian Kabupaten. Minahasa Ir. Suhban Torar, Ketua Wilayah Tanawangko 2, Ibu Pdt Aldrina Ratu. MTh, Ketua Jemaat GMIM Petra Poopoh Pdt Dhani Mawuntu STh, Para Pendeta Se wilayah Tanawangko II.

YVI

Share

Panitia HUT Ke-57 Pria/Kaum Bapa Sinode GMIM Ditetapkan

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi Menghadiri Ibadah Hari Minggu Bentuk 5 dan Penetapan Panitia Hari Ulang Tahun Ke-57 Pria/Kaum Bapa Sinode GMIM Tahun 2019, pada Minggu, 30 Juni 2019 di GMIM Marturia Roong

Turut Hadir Ketua Sinode GMIM Pdt DR Hein Arina MTh, Bendahara Umum PKB Pnt Hanny Joost Pajouw SE Ak ME, Ketua Wilayah Tondano II Pdt. Richard Mengko M.Teol, Penatua PKB Wilayah Tondano II DR. Denny Ferly Makisanti MSi, Ketua Jemaat GMIM Marturia Roong Pdt. Rudy V Pakasi STh, Jajaran Pemkab Minahasa

Khadim Pdt DR Hein Arina MTh, mengambil Pembacaan Alkitab dalam Matius 6:5-15, “Mari membaca alkitab dengan cara pandang yang baru, Bagaimana memahami setiap doa yang kita naikkan kepada Tuhan, bahwa kita harus mempunyai dasar yang kuat dan belajar dari alkitab. Dan Jika kira berdoa meminta Pengampunan kira harus bisa mengampuni,” jelasnya.

Dalam Penetapan Panitia ini Bupati Minahasa dilantik Sebagai Ketua Umum, Dan Wakil Bupati Minahasa Sebagai Wakil Ketua Umum Panitia Hari Ulang Tahun Ke-57 Pria/Kaum Bapa Sinode GMIM Tahun 2019.

Dalam Sambutannya Bupati Minahasa Menyampaikan “Kiranya kita semua yang dipercayakan betul-betul bekerja dengan sebaik-baiknya, kiranya apa yang diharapkan boleh kita wujudkan dan Saya yakin dan percaya Tuhan akan Selalu Memberkati kita dalam tugas dan tanggung jawab yang di berikan,”

YVI

Share

Bupati ROR Hadiri Syukuran Pesta Pelindung Paroki dan Pemberkatan Gereja Katolik Stasi ST Kaayuran

Teep, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Toring M.Si, menghadiri Acara Syukuran Pesta Pelindung Paroki dan Pemberkatan Gereja Katolik stasi ST. Yohanes Kaayuran serta Perayaan Penerimaan Sakramen Krisma oleh Uskup di Gereja Katolik Stasi STA. Maria Goretty Teep dirangkaikan dengan Penandatanganan Parasti, pada Minggu (30/6)2019.

Dalam Sambutannya Bupati ROR menyampaikan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yesus Kristus, oleh tuntunan dan kasihNya semua boleh di pertemukan, pada acara pengtahbisan 2 gereja berturut-turut oleh yang mulia bapak uskup, dari Gereja Katolik Stasi ST. Maria Goretty Teep kemudian pindah ke Gereja Katolik Stasi Santo Yohanes Pembaptis.

“Kami selaku pemerintah kabupaten minahasa dan pribadi saya beserta Keluarga Roring Lumanauw Juga wakil bupati keluarga Dondokambey Lengkong, dan seluruh perangkat menyampaikan banyak selamat, kepada umat katolik di wilayah Teep dan Kaayuran, Atas pengtahbisan paroki,”

Lanjutnya, Selaku pemerintah, baik Pemerintah Provinsi maupun kabupaten minahasa kami tetap berkomitmen untuk membantu dan menopang pembangunan” rumah ibadah, di kabupaten minahasa ada 924 rumah ibadah yang termasuk didalamnya ada 33 mesjid, 7 musolah 1 vihara dan 1 tempat ibadah umat hindu.

“Jadi sisanya Gereja – gereja GMIM umat Kristiani baik KGPM maupun Protestan, dan tahun yang lalu oleh pak Gubernur Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten Minahasa, sudah berusaha menopang lebih dari 30% yang sudah bantu,”

“begitu juga Pemerintah Kabupaten Minahasa, kalo tidak salah sudah 165 Rumah ibadah yang sudah di bantu, tapi untuk tahun ini ada sedikit menurun sedikit tapi mudah-mudahan tahun depan akan di tingkatkan lagi, termasuk stasi – stasi dan paroko-paroki umat katolik yang ada di minahasa,”

“tapi kedepan nanti dalam penyusunan APBD kami sementara menyusun APBD untuk tahun 2020, dan kami mohon arahan dari Pak Uskup, kira kira kegiatan apa saja yang bisa di topang oleh pemerintah kabupaten minahasa, dan kami berkomitmen bersama pak Gubernur akan akan meminta usulan usulan dari pimpinan pimpinan umat ketika penyusunan APBD, demikian pula kabupaten minahasa dalam waktu dekat ini akan mengfinalisasi penyusunan APBD Perubahan untuk APBD 2020,”

“jadi atas nama pemerintah kabupaten minahasa mengucapkan selamat kepada masyarakat dengan di tahbiskannya stasi dan paroki di wilayah teep dan kaayuran Kiranya Tuhan Memberkati Kita Sekalian, dan marilah kita tetap bersama sama mendoakan dan menopang pemerintah kabupaten minahasa untuk tetap betul betul memberi diri melayani umat dan bisa menjadikan saluran berkat untuk rakyat minahasa.

Kegiatan Dilanjutkan dengan Penandatangana Prasasti Gereja Katolik Stasi STA. Maria Goretty Teep, Paroki ST Petrus Langowan, dan Gereja Katolik Stasi ST Yohanes Kaayuran Atas, Paroki ST Petrus Langowan, dalam kesempatan ini bupati juga diajak untuk melihat lihat gedung Gereja yang baru di resmikan itu.

Turut Hadir Yang Mulia Bapa Uskup Manado Uskup Benediktus Estephanus Roly Untu, M.Sc, Pastor Vikep Tondano Mitra, Pastor Leksi Nangoy,PR, Pastor Noldy Karamoy, DPP Paroki ST Petrus Langowan dan ST Lukas Ratahan, Peter Vion OCD (Biara Kiawa), Pembimas Katolik Kanwil Sulut Dra Joula Makataung, MM, Para Biarawan-Biarawati, Kadis Perhubungan, Ir Hengky Kaunang, Mewakili Komandan Lantamal VIII Manado Kolonel Arnold (Asisten Intel), Camat Langowan Selatan Dolfie Tumangkeng,SE, Kapolsek Rural Langowan Raya, Iptu Ferdi Suluh, Hukum Tua Desa Kaayuran Atas Ibu Cherly Kembuan, beserta Perangkat desa dan Tamu Undangan.

YVI

Share