Saturday, 24 August 2019

Archive for: July 2019

KEK Pariwisata Tanjung Pulisan Likupang Diseriusi Pemerintah Pusat

Airmadidi,KLABATNEWS-Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Pulisan Likupang terus diseriusi pemerintah pusat. Pasca ditinjau langsung Presiden Ir Joko Widodo waktu lalu, pemerintah pusat lewat Dewan Nasional (KEK) langsung melakukan rapat verifikasi percepatan usulan KEK Tanjung Pulisan dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Bertempat di kantor Dewan Nasional KEK di Jakarta, Selasa 30 Juli 2019, digelar rapat verifikasi dengan pimpinan dewan nasional KEK dan dihadiri Asisten Administrasi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Drs Allan Mingkid dan Plt Kadis PU dan Tata Ruang Minut. “Rapat tersebut sebagai tindaklanjut KEK Pariwisata Tanjung Pulisan. Banyak hal yang dibahas di antaranya lokasi, infrastruktur, SDM dan multi potensi serta multi manfaat bagi masyarakat dan pembangunan di Minahasa Utara,” kata Mingkid.(*)

Share

Wabup RD Hadiri Ibadah Pemakaman John Tamuntuan Mertua Gubernur OD

Tomohon, Klabatnewsok.com – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD), Menghadiri Ibadah Pemakaman Almarhum John Tamuntuan, Ayahanda Dari Ketua TP-PKK Sulawesi Utara Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan, Ayah Mertua dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, Bertempat di Rumah Duka Kelurahan Pinaras, Kota Tomohon, pad Rabu 31 Juli 2019.

Turut hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny Ch. M Roring Lumanauw SIP, Wakil Ketua TP-PKK Minahasa Ny Martina Dodokambey-Lengkong, Sekretaris Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Almarhum meninggal pada usia 84 tahun, meninggalkan Istri Ibu Netty Tamuntuan – Keles. Serta Anak-anak : Ir Rita Tamuntuan (Kel. Dondokambey – Tamuntuan), Dr Rini Tamuntuan (Kel. Egam – Tamuntuan) dan Sherly Tamuntuan (Kel. Silangen – Tamuntuan)

Ibadah Pemakaman Di Pimpin Langsung Oleh Sekretaris Sinode GMIM Pdt. Evert Tangel ST.h M.Pdk, yang mengabil pembacaan pada Mazmur 37 : 34-40.

Dalam Sambutan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O.E Kandouw, atas nama pemerintah provinsi sulawesi utara, pribadi serta keluarga menyampaikan turut berdukacita tang sedalam-dalamnya Kepada keluarga yang di tinggalkan.

“Kabut dukacita datang menyelimuti segenap Keluaraga Tamuntuan-Keles tatkala harus melepas kepergian Almarhum bapak John Tamuntuan kepangkuan Bapa di Sorga.” Katanya

“Tentunya peristiwa ini meningalkan duka yang mendalam bagi kita semua, terlebih bagi keluarga. Namun sebagai umat yang percaya tentunya kita menyadari bahwa kepergian Alamarhum Bapak John Tamuntuan merupakan salah satu dari sejuta iman ini, kiranya menjadi sumber kekuatan dan penghiburan bagi anak serta keluarga besar yang di tinggalkan, untuk berlapang dada dan mensyukuri peristiwa dukacita ini sebagai bagian dari rancangan Tuhan.”

“Mencermati Kehidupan Almarhum Bapak John Tamuntuan yang aktif dan memiliki sejuta pengalaman di bidang usaha, dimana kita ketahui dalam perjalanan karirnya, beliau pernah menjadi :Direktur CV. Maesa Trading Co, Ujung Pandang, Kepala Operation & Traffic NV. Djakarta Lloyd Ujung pandang, Kepala Operation & Traffic PT. Gesure Lloyd Manado-Bitung, Sekretaris merangkap anggota Dewan Pengurus Gabungan Perusahaan Expor Indonesia Cabang Sulawesi Utara, Anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Cabang Manado, Anggota Gabungan Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan laboratorium Indonesia Provensi Sulawesi Utara, Hingga Akhir hayatnya sebagai Direktur Utama PT. Matracom (PT. Manado Trade Commodities)
Maka tidaklah berlebihan apabila saya mengatakan bahwa kaum keluarga bahkan pemerinta provinsi sulawesi utara sangat bersyukur pernah memiliki sosok almarhum.” Katanya lagi

“Sebagai umat yang beriman kita menyadari dan mengimani, bahwa kepergian Almarhum Bapak John Tamuntuan bukanlah akhir dari segala pengharapan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Hal ini didasari pada keyakinan bahwa peristiwa yang terjadi di tengah-tengah keluarga yang berduka saat ini, merupakan peristiwa iman yang menyiratkan bahwa kecintaan dan kerinduan kita untuk senantiasa dapat berkumpul dengan almarhum tidaklah lebih besar dari kecintaan Tuhan kepada almarhum.”

“Sehingga menjadi suatu keyakinan bagi kita bersama, bahwa saat ini almarhum telah berada di tempat terindah yang telah di sediakan Tuhan baginya.” Pungkasnya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, atas nama Bupati Minahasa keluarga Roring Lumanauw, Wakil Bupati Minahasa Keluarga Dondokambey Lengkong dan Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Keluarga Korengkeng Warouw Mengucapkan turut berdukacita sedalam-dalamnya bagi keluarga besar Tamuntuan-Keles.” Kata Wabup RD

YVI

Share

Sekda Korengkeng Ikut Rapat Terkait Penerimaan CPNS dan PPPK

Jakarta, Klabatnewsok.com – Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi didampingi Kepala BPKSDM Ir Teddy Kamagi, hadir mewakili Bupati dalam kegiatan rapat koordinasi (Rakor) Perencanaan ASN tahun 2020-2024 dan Penerimaan CPNS tahun 2019 di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, pada selasa 30 Juli 2019.

Rakor dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin. Kegiatan ini membahas tentang jadwal pelaksanaan rekruitmen serta meminta peran aktif Pemerintah Daerah untuk mengusulkan berapa jumlah ASN/CPNS yang dibutuhkan.

Selain itu, dibahas pula sinkronisasi besaran anggaran pelaksanaan rekruitmen hingga gaji ASN/CPNS.
“Pemerintah akan kembali membuka lowongan CPNS di tahun 2019 ini, ada sebanyak 100 ribu lowongan CPNS. Itu untuk mengimbangi sekitar 200 ribu ASN yang pensiun tahun ini,” kata Menteri.

Selain CPNS, pemerintah juga akan kembali membuka lowongan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). “Untuk PPPK ada sebanyak 75 ribu lowongan, jadi totalnya 175 ribu,” beber Syafruddin.

Sekda Korengkeng menyambut baik terkait rencana pemerintah pusat, melalui KemenPAN-RB tersebut.
“Tentu ini adalah kabar baik bagi masyarakat dan kita di daerah menyambut baik rencana ini,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk kegiatan hari pertama Selasa 30 Juli, seluruh perwakilan kabupaten dan kota mendengarkan berbagai materi dari MenPAN-RB, BKN, Mendikbud, dan Mendagri, yang berkaitan dengan berbagai kondisi dan keberadaan ASN, baik dari pusat maupun daerah, termasuk diskusi bersama narasumber dan peserta Rakor.

“Dari hasil diskusi ini, pihak pemerintah pusat akan mengelola berbagai isu dan keluhan daerah khususnya ASN dan PPPK,” tandas Sekda.

Adapun pembahasan rekruitmen ASN di Pemerintah Kabupaten Minahasa sesuai jadwal berlangsung Kamis 1 Agustus 2019. “Jadi sesuai jadwal ini saya dan Kepala BKSDM akan ikut pembahasan teknis terkait rencana penerimaan ASN 2020-2024, termasuk rencana pengadaan CPNS tahun 2019 untuk Kabupaten Minahasa,” jelas Sekda.

YVI

Share

Bupati VAP Lantik 309 BPD se-Minut

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan STh melantik 309 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2019-2025 dari 119 desa di pendopo kantor pemkab, Senin (29/07).

Pelantikan ditandai dengan pembacaan SK bupati dan pengambilan sumpah/janji. Dalam sambutannya, bupati mengharapkan para anggota BPD yang dilantik agar bekerja maksimal sebagai perwakilan dari setiap jaga yang ada di desa. “Sebagai umat percaya, kita semua bersyukur karena pelantikan BPD dapat dilakukan hari ini (kemarin, red). Saya berharap para anggota BPD dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik,” kata bupati.

Ia menganalogikan BPD dengan “DPRD tingkat III” di mana orang-orang yang masuk jajaran BPD adalah figur-figur terbaik dan dihormati di desa masing-masing. “BPD ini sama dengan DPRD tingkat tiga. Jadi tentunya memiliki kemampuan menjalankan fungsinya bersinergi dengan hukumtua dan perangkat desa. Termasuk melakukan tugas pengawasan demi kemajuan desa masing-masing dan kabupaten Minahasa Utara,” imbuh Panambunan.

Terpisah, Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD) Bobby Nayoan SH mengungkapkan ada beberapa BPD yang belum dilantik kemarin dan rencananya dilantik September 2019 mendatang. Alasannya karena periode BPD-nya belum habis dan ada juga karena masih ada permasalahan di desa.

“Yang belum dilantik sekarang akan dilantik September nanti. Termasuk tiga desa di Kecamatan Airmadidi yakni Tanggari, Sawangan dan Sampiri. Sedangkan Desa Watudambo II baru habis tahun 2020. Tapi ada juga desa yang masih bermasalah seperti Kima Bajo namun akan didorong untuk juga dilantik bulan September,” beber Nayoan.

Turut hadir dalam pelantikan ini Wakil ketua DPRD Drs Denny Wowiling Msi, Asisten I dr. Jane Symons MKes, Asisten II Drs Allan Mingkid, dan Asisten III Drs Rivino Dondokambey.(*)

Share

Bupati Vonnie Panambunan Lepas Jama’ah Calon Haji Minut 2019

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan, Senin 29 Juli 2019, melepas 41 Jemaah Calon Haji Kabupaten Minahasa Utara, di Atrium Kantor Bupati.

Acara pelepasan 26 wanita dan 15 pria Jemaah Calon Haji tersebut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Minahasa Utara Pdt Anneke Purukan SPAk, Wakil Ketua DPRD Drs Denny R. Wowiling dan Ketua MUI Minahasa Utara Ir H Baydowi Ibnu Fajar, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, dr Jane Symons MKes dan ASN.

Panambunan salut dan bangga dengan Jemaah Calon Haji Minut dan berpesan, Jemaah Calon Haji Minut tetap menjaga kesehatan serta kekompakan sesama Jemaah Calon Haji Minut. Tunaikan ibadah haji dengan baik serta jaga kebersamaan sesama Jemaah Calon Haji Minut. “Selamat menjalankan dan menunaikan ibadah haji, biarlah Tuhan Yang Maha Esa menyertai ibadah haji tahun ini,” kata bupati.

Bupati juga ikut memberikan bantuan uang untuk Jemaah Calon Haji sebagai bentuk empati dan simpati kepada Jemaah Calon Haji.(*)

Share

Pemerintah Gunung Kidul Kunjungi Minahasa Terkait Pilkada dan Pariwisata

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul kunjungi Kabupaten Minahasa terkait Studi Orientasi Penganggaran dan Pelaksanaan Pilkada, pada Kamis, 25 Juli 2019. Bertempat Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Minahasa Dr Denny Mangala MSi, Asisten Pemerintah dan Kesra Sekda Kabupaten Gunung Kidul Drs. Sudodo, MM bersama jajaran, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Ir. Hendrik Kaunang, Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Minahasa Meike Wowiling SE, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Minahasa Jemmy Tuwo SH, Kepala Bagian TUP dan Keuangan Setda Kabupaten Minahasa Lona Wattie, S.STP, bersama dinas terkait lainnya.

Dalam Prakata oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Gunung Kidul Drs. Sudodo, MM memperkenalkan tim yang ikut hadir, kemudian menyampaikan maksud dan tujuan berkunjung ke minahasa yaitu untuk belajar tentang orientasi penganggaran dan pelaksanaan pilkada mengingat pada bulan oktober tahun 2020 Kabupaten Gunung Kidul akan melaksanakan pilkada serentak, juga ingin belajar pariwisata di Kabupaten Minahasa.

Kemudian menjelaskan gambaran umum Gunung Kidul yang merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekaligus Berterima Kasih Karena sudah di terima dengan baik di Kabupaten Minahasa.

Sementara dalam Sambutan pemerintah Kabupaten Minahasa dalam hal ini oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Minahasa Dr. Denny Mangala, M.Si. menjelaskan gambaran umum kabupaten Minahasa dan sejarah lahirnya Kabupaten Minahasa.

Kemudian menjelaskan mengenai pariwisata di Kabupaten Minahasa, dimana Kabupaten Minahasa mengembangkan objek-objek dan potensi-potensi pariwisata yang ada, dan yang menjadi ikon di Kabupaten Minahasa adalah Danau Tondano.

Kabupaten Minahasa merupakan salah satu daerah yang melaksanakan pilkada serentak pada tahun 2018, sembari menjelaskan tentang gambaran pada saat pilkada tahun 2018, daftar DPT serta alokasi anggaran kurang lebih 62 Milyard dan perincian penggunaan anggaran tersebut.

Diakhir sambutannya Mangala berterima kasih karena sudah memilih Kabupaten Minahasa sebagai tempat pelaksanaan studi orientasi penganggaran dan pelaksanaan pilkada.

YVI

Share

Wabup RD Ikut Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2019

Jakarta, Klabatnewsok.com – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2019, yang mengusung Tema Sinergi dan Inovasi Pengendalian Inflasi untuk Penguatan Ekonomi yang Inklusif bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, pada kamis 25 Juli 2019.

Wabup Dondokambey didampingi Assisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Minahasa Dr Sihar Wilford Siagian MA, Kabag Perekonomian dan SDA SetdaKab Minahasa Anneke Maindoka, S.Sos, M.Si

Rakornas Pengendalian Inflasi 2019 merupakan rakornas ke-10 yang dilakukan tim pengendali inflasi secara berturut-turut. Rakornas ini sebagai bentuk sinergi dan inovasi dalam pengendalian inflasi untuk penguatan ekonomi yang inklusif.

Rakornas ini dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla sekaligus memberikan penghargaan kepada kabupaten, kota, dan provinsi yang Tim Pengendalian Inflasi Daerah-nya (TPID) mampu menjaga inflasi. Penghargaan ini diberikan guna memotivasi pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi.

“Kalau inflasi tinggi, daya beli turun, dan kemiskinan naik. Begitu juga dengan pengangguran akan naik kalau ada masalah inflasi,” ujar Jusuf Kalla

Menurutnya, Rakornas TPID tersebut sangat penting untuk mengatur strategi agar angka inflasi bisa terjaga di level rendah. Sehingga, target inflasi pada tahun ini yakni 3,5% plus minus 1% bisa kembali tercapai.

“Pemberian penghargaan pada Daerah yang berhasil menjaga Inflasi, menjadi motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk kedepannya bisa lebih berinovasi dalam adaptasi teknologi dan dengan meningkatkan kerja sama perdagangan dengan daerah lain Pemerintah Kabupaten Minahasa Optimis dapat turut berkontribusi untuk mengendalikan inflasi skala nasional.” Ujar Robby Dondokambey

Rakornas turut dihadiri sejumlah menteri diantaranya Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso dan Gubernur BI Perry Warjiyo, dan para Kepala Daerah dari seluruh Indonesia.

YVI

Share