Saturday, 24 August 2019

Archive for: June 26th, 2019

Sejumlah Ormas di Kabupaten Minahasa Deklarasikan Komitmen Bersama

Tondano, Klabatnewsok.com – Sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) di Kabupaten Minahasa tegaskan sederet komitmen untuk negara, daerah dan tanah Minahasa. Sebuah deklarasi dinyatakan di ujung diskusi ‘Baku Dapa Ormas, Meminimalisir Konflik Sosial di Masyarakat’ yang digelar Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Wilayah Sulawesi Utara (Sulut) di Hotel Toudano Tondano, Rabu (26/6/19)

Sejumlah pimpinan ormas seperti, Manguni Indonesia, Makatana Minahasa, OKLBI, Layot, Manguni Muda Minaesa, LMI, Garda Manguni, BPAN Minahasa dan AMAN Sulut, menegaskan akan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945, menjunjung tinggi dan menjaga NKRI.

“Kami ormas di Kabupaten Minahasa, berkomitmen untuk menjaga keragaman, kerukunan, persatuan dan kesatuan. Berkomitmen mewujudkan dan meciptakan Kabupaten Minahasa yang aman, kondusif dan mencegah dari berbagai bentuk konflik sosial,” kata Kelly Korengkeng, Ketua Panitia kegiatan tersebut, yang dipercayakan ormas-ormas yang hadir untuk membacakan hasil deklarasi.

Ormas-ormas tersebut juga berkomitmen menolak segala bentuk upaya memecah belah bangsa. Berkomitmen mendukung dan mengawal kebijakan serta program-program pemerintah. Siap menerima/melindungi investasi pembangunan di bidang ekonomi di Kabupaten Minahasa.

“Kami berkomitmen menjaga dan melestarikan nilai-nilai keminahasaan sebagai modal penting untuk mengantisipasi konflik sosial. Kami ormas di Kabupaten Minahasa, dengan segenap hati bertekad merawat, menjaga dan mendoakan perdamaian di Minahasa dan Sulawesi Utara,” ucap Korengkeng yang diakhiri dengan teriakan ‘I Yayat U Santi’ dan disambut teriakan ‘uhuy’, tanda setuju dari semua yang hadir.

Deklarasi ini dinyatakan usai para peserta melaksanakan diskusi. Hadir sebagai pemateri, Matulandi P. L. Supit, S.H, budayawan, praktisi hukum, pendiri dan penggerak sejumlah ormas di Sulut, Rikson Karundeng, M.Teol, akademisi, jurnalis, peniliti yang juga penggerak sejumlah ormas dan pihak Badan Kesbangpol Minahasa.

Turut hadir dalam diskusi dan memberikan dukungan, para jurnalis yang biasa melakukan kerja liputan di wilayah Kabupaten Minahasa.

YVI

Share

Bawaslu Kabupaten Minahasa Gelar Sosialisasi Publikasi Hasil Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Tondano, Klabatnewsok.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa, melaksanakan Sosialisasi Publikasi Hasil Pengawasan Partisipatif Pemilu Tahun 2019, pada rabu 26 Juni bertempat disalah satu Resto Seputar Danau Tondano

Hadir dalam sosialisasi ini Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh, Anggota Donny Rumagit dan Erwien Sumampouw, Komisioner KPU Minahasa Rendy Suawa serta diikuti oleh Insan Pers liputan Minahasa.

Dalam penyampaiannya Bawaslu Minahasa mengatakan bahwa dalam hal ini Peran Bawaslu dan Pers adalah sama yaitu pengawasan, dan Pers merupakan Garda depan sebagai fungsi pengawasan.

“Secara umum pengawasan Partisipatif melibatkan berbagai elemen, seperti media massa yaitu Pers, juga pihak lainnya seperti mahasiswa, serta masyarakat umum lainnya, dengan harapan pengawasan Partisipatif semuanya berdampak positif bagi kemajuan demokrasi,” kata Umboh.

Umboh pun menjelaskan bahwa pihaknya lebih mengutamakan Upaya pencegahan pelanggaran, yang juga dapat berlanjut pada penindakan, dan sejauh ini Pemilu di Kabupaten Minahasa Aman, atau di Minahasa tidak ada masalah, dan berjalan baik dan normal.

” ini terjadi berkat Kesadaran masyarakat, termasuk peserta pemilu, yang imbasnya berjalannya Pemilu dengan baik, termasuk Sinergitas Pers dengan Bawaslu. ada pelanggaran tapi minim dan masih dikatakan normal.” Jelasnya.

Diakui Ketiga Anggota Bawaslu Kabupaten Minahasa, bahwa ada laporan mengenai dugaan pelanggaran Pemilu di Kabupaten Minahasa, namun semuanya tidak memenuhi Syarat Formil dan Materil.

” laporan harus Memenuhi ketentuan regulasi yang ada, sehingga dalam kacamata masyarakat kelihatannya harus ditindak, tapi tidak ditindak karna harus lewat pembuktian, termasuk saksi, dan ini adalah pidana khusus yang harus lewat Sentra Gakkumdu, dan Tidak semua pelanggaran dipidana,” jelas Bawaslu.

Dalam hal ini Bawaslu Kabupaten Minahasa juga menjelaskan bahwa ada informasi yang dikecualikan untuk tidak di Publish, atau diberitakan dan menjadi konsumsi publik, namun dijelaskan bahwa Bawaslu Minahasa telah melaksanakan tugas sesuai ketentuan yang berlaku.

Bawaslu Minahasa juga menjelaskan bahwa adanya beredar isu sogok, terkait kasus pelanggaran Pemilu tidak benar adanya, melainkan pihaknya telah berupaya maksimal dalam penanganan pelanggaran Pemilu.

YVI

Share

Bupati ROR Hadiri Festival Lomba Musik Kolintang di Batam

Batam, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, menghadiri Festival Lomba Musik Kolintang Piala Presiden 2, yang diselenggarakan oleh DPP Generasi Penerus Perjuangan Merah Putih 14 Februari 1946 (GPPMP), bertempat di Hotel Pasific Palace Batam, (26/6)2019.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa mengapresiasi kegiatan lomba kolintang piala presiden 2 ini, dan meminta untuk terus melestarikan serta mengembangkan seni Musik Tradisional asli Minahasa ini.

Hingga kini tercatat puluhan grup kolintang dari berbagai kota, dari Manado, Minahasa, Minut, Bitung, Surabaya, Semarang, hingga Jakarta ikut dalam perlobaan ini, Mereka bertarung memperebutkan Piala Presiden 2 ini.

Ajang festival ini untuk kedua kalinya digelar, setelah yang pertama berlangsung di Surabaya, Jawa Timur.

Turut hadir dalam acara ini Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, bersama sejumlah anggota DPRD Minahasa, Ketua Panitia yang juga Wakil Ketua Dewan Penasihat Generasi Penerus Perjuangan Merah Putih 14 Februari 1946, Max Ruland Boseke, Ketua DPP GPPMP Jefrey Rawis, Sekretaris Panitia yang juga Sekjen DPP GPPMP, Teddy Matheos, Sekretaris Utama Badan Nasional Pencarian dan pertolongan (BASARNAS), Wakil walikota batam Amsakar Achmad SSos, Direktur Kesenian Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Dr Restu, Ketua Umum PINKAN (Persatuan Insan Kolintang Nasional) Ibu Penny Marsetio, Ibu Ketua Daerah Armada I,Danlantamal Batam, Ibu Danlantamal IV, Kepala Dinas Pariwisata Riau Bpk Burali Mar, Polresta Balerang, Danrem Brigjen TNI Gabriel Lema, Wakapolda Kepri Kombespol Bambang.

YVI

Share

Bupati ROR Kembali Lobi Kementerian Untuk Pembangunan Minahasa

Jakarta, Klabatnewsok.com – Guna memacu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Minahasa, Bupati Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR), kembali melakukan lobi-lobi di tingkat kementerian pada pekan ini.

Bupati ROR mengunjungi kantor Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Sekretariat Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Saat tiba di kantor BAPPENAS, Selasa (25/6), Bupati disambut langsung oleh Kepala BAPPENAS Prof Bambang PS. Brodjonegoro SE, MUP, Ph.D bersama Deputi Sarana dan Prasarana Ir Kennedy Simanjuntak MA. “Jadi ada banyak hal yang dikonsultasikan, utamanya menyangkut sasaran pembangunan dan perencanaan daerah Minahasa yang tentunya harus disinergikan dengan arah kebijakan pemerintah pusat,” kata Bupati ROR.

Usai berkonsultasi di kantor BAPPENAS, kunjungan Bupati berlanjut di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI dan disambut Kepala bidang Penataan Ruang Marcia bersama sejumlah staf. Bupati juga menyempatkan diri untuk bertemu dengan Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Geospasial Iyan Supriyana ST. MTI.

Pada kesempatan ini dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Geoportal Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta. Bupati kemudian diajak melihat ruangan server penyimpanan data Badan Informasi Geospasial di Jalan Raya Bogor KM 46 Cibinong.

Masih di hari yang sama, Bupati bersama rombongan melanjutkan konsultasi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Sekretariat Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Bupati disambut Edi Muslim Selaku Tenaga Ahli Kebijakan Strategis dan Kewilayahan.

“Pertemuan ini juga membahas banyak hal termasuk tata ruang, dimana pemerintah terus berupaya menggenjot percepatan pembangunan infrastruktur khususnya di Kabupaten Minahasa,” paparnya.

Menurut Bupati, hal ini harus dilakukan dengan segera. Salah satunya menyelesaikan persoalan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

“Salah satu langkah yang diambil pemerintah dalam menyelesaikan persoalan RTRW ini yakni melalui percepatan revisi Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah Nasional,” tandasnya.

Turut mendampingi Bupati dalam kunjungan ini yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Dr Wilford Siagian, MA, Kabag Pembangunan Philip Siwi SE, Sekretaris BPBD Lieke Pangou ST dan Staf Khusus Adi Palit.

YVI

Share