Saturday, 24 August 2019

Archive for: June 19th, 2019

Bupati VAP Lantik 102 Pejabat Pemkab Minut

Airmadidi,KLABATNEWS-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menggelar rolling besar-besaran, 102 pejabat dilantik oleh Plt Asisten I dr Jeane Symons mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP) di aula Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Rabu (19/06).

Pelantikan ini berdasarkan SK Bupati Nomor 821 BKPP/23/VI/2019 untuk 68 pejabat administrator dan SK Nomor 82/BKPP/24/VI/2019 untuk 34 pejabat fungsional.

Dari 68 pejabat administrasi yang dilantik tujuh di antaranya adalah camat.  Ketujuh camat yang dirolling tersebut yaitu Alexander Warbung dari Camat Airmadidi menjadi Camat Kalawat. Sekretaris Bappelitbang Vandi Posumah menjadi Camat Likupang Timur, Adrian Walansendouw didefinifkan menjadi Camat Likupang Selatan, Vicky Luntungan Kabid Dinas P3A menjadi Camat Airmadidi, Donald Tintingon Perencanaan dan Pembinaan Aparatur di BKPP menjadi Camat Talawaan.

Sekcam Likupang Barat Sweingly Tankainginan naik menjadi Camat Likupang Barat. Kemudian Sekcam Dimembe Ansye Dengah diangkat menjadi Camat Dimembe menggantikan Marco Karongkong.

Mantan Camat Camat Likupang Barat Alfons Tintingon menjadi Kabid di Dinas Pemuda dan Olahraga. Johan Wewengkang mantan Camat Kalawat menjadi Sekretaris Pemuda dan Olahraga. Sedangkan Marco Karongkong menjadi Sekretaris Pol PP dan Damkar.

Dalam sambutannya Asisten I mengungkapkan mutasi jabatan atau perpindahan tempat kerja merupakan suatu hal yang sangat wajar.

“Hal ini utamanya dilakukan dalam rangka memberikan penyegaran yang sangat diperlukan guna menciptakan dan menjaga pola kerja yang lebih efisien, efektif dan tepat guna,” kata Symons.

Symons mengingatkan agar pejabat yang dilantik harus memahami tugas, fungsi dan tanggung jawab yang dipercayakan. Kedisplinan juga memiliki penting dalam kedudukan keberhasilan dalam kerja.

“Untuk itulah harapan saya kepada saudara yang dilantik pada hari ini dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya dab setiap saat mencermati perubahan sesuai tuntutan jaman. Di mana pejabat struktural merupakan bagian dari pelayanan dalam masyarakat. Top manager harus menyerap, mengayomi setiap masukan dan aspirasi bawahan,” jelasnya.

Sementara itu diungkap Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Styvi Watupongoh bahwa 102 pejabat yang dilantik terdiri dari 34 pejabat Administrator, 34 pengawas, 26 fungsional kepala sekolah, dan 8 fungsional pengawas.(*)

Share

Berpengaruh Pada Opini BPK dan Kinerja, Aset di Minahasa Segera Ditertibkan

Welly J S Pantouw SIP

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, berterima kasih kepada Jajaran Pemerintah Kabupaten atas diraihnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK-RI Perwakilan Sulut, yang diterima belum lama ini.

Dalam rapat Paripurna tentang pertanggungjawaban APBD 2018 yang juga digelar belum lama ini, Bupati ROR Menegaskan kepada Pihak SKPD Untuk dapat mempertahankan Opini tersebut, dan diusahakan untuk Opini WTP tanpa ada catatan.

Salah satu yang menjadi perhatian Bupati ROR dan Wabup RD adalah Tertib Pengelolaan Aset, dimana dalam penilaian BPK, Aset adalah salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan.

Kepala Bidang Barang Milik Daerah dan Pembinaan, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Welly J. S Pantouw SIP, saat ditemui diruang kerjanya membenarkan tentang himbauan Bupati ROR Terkait Tertib pengelolaan Aset yang berpengaruh pada beban pencatatan aset daerah.

“Kalau ada aset yang sudah rusak, atau barang yang tidak digunakan lagi atau dialihkan, alangkah baiknya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengusulkan penghapusan, dan bentuk Tim untuk melakukan penghapusan agar tidak jadi beban pencatatan aset,” katanya.

Pantouw juga menjelaskan bahwa, jika barang sudah rusak dan tidak digunakan lagi, namun tidak pernah melakukan usulan penghapusan, maka data aset tersebut masih tercatat atau dianggap masih digunakan.

Lanjutnya, bahwa penghapusan yang dilakukan harus sesuai dengan aturan, selain ada Tim dari OPD, juga akan diverifikasi oleh pihaknya untuk dilakukan penilaian untuk dijual maupun pemusnahan.

Dijual dalam hal ini, dihitung harga jualnya misalkan kulkas, jika dijual jadi besi tua maka ada harganya, demikian juga misalkan obat-obatan kadaluarsa, atau alat medis yang sudah tidak digunakan dengan alasan tertentu, maka harus dilakukan pemusnahan.

“Usulan penghapusan sangatlah baik dilakukan, karna fungsi aset adalah Menunjang pelaksanaan pemerintahan, kalau tidak digunakan lagi tapi tidak dilaporkan bisa menghambat pelaksanaan pemerintahan,” jelasnya.

Jadi dicontohkannya pula, bahwa kalau misalkan kendaraan operasional rusak berat, tapi tidak dilaporkan atau diusulkan penghapusan, maka tidak bisa minta aset yang sama, karna masih tercatat atau dianggap digunakan, dan ini tentulah berpengaruh pada kinerja Pemerintahan.

“Untuk itu Tertib pengelolaan aset, atau barang harus dihapus yang tidak terpakai lagi, jadi perlu adanya Perhatian terhadap pengelolaan aset, karna dapat berpengaruh terhadap kinerja, dan juga berpengaruh pada peningkatan pengelolaan aset yang baik dan benar,” jelasnya.

Diakuinya saat ini ada juga aset yang pinjam pakai sebanyak delapan (8) Roda Empat dan 8 Roda Dua yang tersebar di beberapa Mitra Kerja Pemerintah Minahasa, seperti Polres, Kodim, Panwas, KPU, Pertanahan, Pengadilan, Kejaksaan dan FKUB, yang penggunaannya bisa diperpanjang, diganti atau ditarik oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa.

YVI

Share

Sekda Korengkeng Hadiri Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tondano

Tondano, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi menghadiri Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tondano Djainuddin Karanggusi SH MH, pada rabu 19 Juni 2019 di Ruang sidang Chandra Pengadilan Negeri Tondano

Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, mengatasnamakan Pemerintah Kabupaten Minahasa mengucapkan Selamat atas dilantiknya Djainuddin Karanggusi, SH, MH sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tondano.

“Selamat menjalankan Tugas dan Tanggung jawab yang dipercayakan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia.” Katanya.

Turut Hadir Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST. Iko Sutjadmiko, SH, MH, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung, SH, Kapolres Tomohon AKBP Raswin B. Sirait, SIK, SH, MSi, Ketua Pengadilan Agama Tondano Rukijah Madjid, S.Ag, mewakili Kajari Tondano, mewakili Kajari Tomohon, mewakili Dandim 1302 Minahasa, mewakili Kapolres Minahasa, Asisten Administrasi Umum Kota Tomohon Dra Lilly Solang, MM, Kepala Dinas Tenaga Kerja kabupaten Minahasa Dr. Arody Tangkere selaku saksi dalam Pelantikan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Drs Vicky Kaloh selaku Saksi dalam Pelantikan, Dan seluruh Jajaran Pengadilan Negeri Tondano.

YVI

Share